7 Tips Memilih Hp Gaming Terbaik untuk Tahun 2019

Butuh tips memilih hp gaming yang bagus di tahun 2019 ? Tahun sudah berganti, tips memilih hp untuk gaming beberapa tahun lalu mungkin sudah tidak valid lagi. Di tahun 2019, banyak game bagus bermunculan dengan kualitas grafis yang jauh lebih kompleks. Semakin kompleks game yang dimainkan, semakin tinggi pula spesifikasi hp yang dibutuhkan. Semakin sering game di-update, konten dan fitur di dalam game akan semakin banyak. Oleh karena itu, hp jadul mungkin akan kesulitan untuk memainkannya.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum beli hp untuk gaming atau upgrade hp lama ke hp baru yang spesifikasinya lebih tinggi. Jangan sembarangan beli hp, karena harga bukan faktor utama untuk menentukan sebagus apa performa hp saat memainkan game. Bisa saja hp yang murah punya performa lebih baik dibanding hp yang mahal. Untuk itu, silakan ikuti tips memilih hp gaming berikut ini:

1. Cari Hp dengan Chipset Kelas Gaming

Processor atau chipset adalah salah satu poin penting saat memilih hp gaming. Untuk menjalankan game yang berat tentunya membutuhkan dukungan chipset yang kencang dan stabil. Pilihan processor terbaik saat ini ada 5, yaitu: Snapdragon yang umum digunakan di semua hp gaming, Mediatek hanya seri tertentu, Exynos andalan Samsung, Kirin chipset besutan Huawei, dan Apple Chip yang hanya ada di iPhone.

tips memilih hp gaming

Memilih processor atau chipset untuk gaming juga tidak boleh sembarangan. Setiap processor punya kecepatan dan konfigurasi Core CPU berbeda. Kecepatan clock dan jumlah core tidak bisa dijadikan patokan. Misalnya, processor Mediatek Helio P22 yang punya kecepatan 2.0 GHz, saat dites malah masih kalah dengan Snapdragon 636 yang punya kecepatan 1.8 GHz.

Daftar Chipset Terbaik untuk Hp Gaming

Kombinasi antara CPU performance berbasis Cortex A7x, CPU efisiensi tinggi berbasis Cortex A5x, GPU, dan fabrikasi jadi acuan untuk menentukan processor yang bagus untuk gaming. Berikut ini daftar processor hp untuk gaming di tahun 2019:

  1. Snapdragon Seri 6: Snapdragon 660 dan 675
  2. Snapdragon Seri 7: Snapdragon 710, 712, dan 730
  3. Snapdragon Seri 8: Snapdragon 845 dan 855
  4. Mediatek Helio P: Helio P90, Helio P70, Helio P65, dan Helio P60
  5. Samsung Exynos: Exynos 7904, Exynos 9610, Exynos 9820, dan Exynos 9825
  6. HiSilicon Kirin: Kirin 710, Kirin 970, dan Kirin 980
  7. Apple Chip: Fusion A10, Apple A11 Bionic, Apple A12 Bionic.

2. Pahami RAM yang Tepat untuk Gaming

Semakin besar kapasitas RAM, semakin besar pula kemampuan hp untuk mengelola informasi. Kapasitas RAM yang besar bisa mempengaruhi performa gaming hp kamu. Untuk tahun 2019, Sobat Game sarankan beli hp gaming dengan kapasitas RAM minimal 4GB untuk Android dan 3GB untuk iOS. RAM yang digunakan di hp berbeda dengan yang dipakai di PC. Hp menggunakan RAM jenis LPDDR yang dirancang agar lebih hemat energi. Kebanyakan hp keluaran 2019 sudah menggunakan RAM LPDDR3 atau LPDDR4 yang cocok untuk gaming.

tips memilih hp gaming memori

3. Perhatikan Kapasitas Baterai

Saat memilih hp gaming, disarankan untuk beli hp yang kapasitas baterainya besar. Kenapa ? Karena gaming akan menguras banyak energi. Kalau kapasitas baterainya kecil, kamu cuma bisa main game sebentar. Tentu tidak akan memuaskan bukan ? Untuk ukuran hp gaming tahun 2019, direkomendasikan yang punya kapasitas baterai minimal 4000 mAh.

tips memilih hp gaming baterai

Selain itu, kapasitas baterai besar tidak berarti apa-apa kalau konsumsi dayanya boros. Untungnya kebanyakan processor terbaru keluaran 2019 dibuat di fabrikasi kecil (dibawah 14nm) sehingga cukup hemat baterai. Kemudian kalau bisa usahakan cari hp yang sudah dibekali Fast Charging, supaya baterai yang besar tersebut bisa diisi dengan cepat.

4. Kapasitas Penyimpanan Internal Harus Besar

Kapasitas penyimpanan internal jadi salah satu faktor penting saat memilih hp gaming. Kapasitas yang disarankan untuk hp gaming di tahun 2019 adalah minimal 64 GB. Kapasitas sebesar itu sudah cukup untuk instal beberapa game dengan grafis terbaik dan rakus memori. Jika bisa beli hp dengan memori internal lebih besar maka lebih baik. Peran memori eksternal (MicroSD) untuk hp gaming tidak terlalu berpengaruh karena toh data-data aplikasi hanya bisa disimpan di memori internal, bukan eksternal.

5. Cari Ukuran dan Resolusi yang Tepat

Ukuran dan resolusi layar sebenarnya tidak punya pengaruh besar terhadap performa gaming. Hanya saja ukuran dan resolusi layar akan memberi kepuasan sendiri saat main game. Resolusi tinggi membuatmu bisa mencari musuh lebih mudah saat main game Battle Royale. Sementara itu, layar yang besar membuat gaming terasa memuaskan. Kamu bisa lihat tampilan grafis yang lebih penuh. Untungnya kebanyakan hp gaming saat ini sudah mengadopsi layar Full Screen dengan aspek rasio di atas 18:9, tentunya nyaman untuk diajak main game.

tips memilih hp gaming layar

6. Perhatikan Bobot dan Dimensi Hp Gaming

Ukuran dimensi dan berat hp menentukan kenyamanan saat main game. Hp yang bongsor akan membuat tangan cepat pegal. Apalagi setelah dipakai main berjam-jam. Di sisi lain, hp yang terlalu tipis membuat tangan kehilangan daya genggam. Kebanyakan hp yang ditujukan khusus untuk gaming justru punya tebal yang standar, tidak terlalu tebal atau terlalu tipis, contohnya: Asus ROG Phone, Xiaomi BlackShark, Pocophone F1, atau ZTE Nubia Red Magic 3.

tips memilih hp gaming ukuran

7. Cek Skor AnTuTu

Cara paling mudah untuk memilih hp gaming yang bagus adalah dengan lihat skor AnTuTu-nya. Skor AnTuTu memang tidak bisa dijadikan standar untuk menilai bagus tidaknya hp. Namun ini bisa menjadi penilaian standar dan paling mudah untuk orang awam. Untuk ukuran hp gaming tahun 2019, lebih baik pilih hp gaming dengan skor AnTuTu di atas 100,000.

tips memilih hp gaming antutu

Skor AnTuTu di bawah 1oo ribu sudah cukup kesulitan untuk memainkan game-game berat seperti: PUBG, Honkai Impact 3rd, atau Modern Combat 5: Blackout. 7 merk dan seri processor di atas sudah sangat ideal untuk diajak main game di tahun 2019. Namun perlu diingat, Processor tidak menentukan sebesar apa performa gaming. Bisa saja 2 hp dengan processor yang sama punya skor AnTuTu yang jauh berbeda. Baca: Tips Mengatasi Hp Lemot.

Leave a Comment