7 Cara Ampuh Mengatasi Hp Android Lemot saat Main Game

Sebagian dari kamu pasti sangat stress kalo hp lemot saat main game. Saat ini memang banyak hp yang dibekali processor octa core dan RAM besar. Tapi itu gak bisa dijadiin patokan kenceng atau gaknya performa hp untuk gaming. Bisa jadi walaupun RAMnya gede, tapi tetep lemot pas diajak main game. Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan hp lemot. Berikut ini cara mengatasi hp lemot saat main game:

cara mengatasi hp lemot saat gaming

1. Kebanyakan Aplikasi Bikin Hp Lemot

Terlalu banyak aplikasi yang dipasang akan memakan memori ROM dan RAM. Hal ini tentunya membuat hp kamu lebih lemot saat main game. Beberapa aplikasi dirancang agar terus bisa berjalan di latar belakang. Nah, aplikasi yang berjalan di latar belakang inilah yang bisa mengambil banyak space RAM. Jika hpmu punya RAM dan ROM terbatas, ada baiknya uninstal beberapa aplikasi yang kurang penting.

cara mengatasi hp lemot

Cara mengatasi hp lemot yang paling utama adalah uninstal beberapa aplikasi tidak penting. Jika kamu hanya memainkan satu atau dua game, lebih baik instal dua game itu saja. Jangan instal aplikasi lain yang kurang penting seperti game booster, cache cleaner, antivirus, dan lain sebagainya.

2. Uninstal Aplikasi Antivirus

Buat kamu pengguna iPhone, tidak perlu khawatir virus karena sistem operasi iOS tergolong aman dan bebas dari virus. Oleh karena itu, aplikasi antivirus relatif tidak dibutuhkan lagi. Ini karena dari segi sistem operasi, aplikasi tersebut tidak dibutuhkan lagi. Begitu juga buat pengguna hp Android. Semenjak Android mengeluarkan layanan Play Protect di Google Play, semua aplikasi yang tersedia di toko aplikasi tersebut dijamin aman.

Fitur Play Protect di Play Store rutin diperbaharui setiap saat. Jadi aplikasi ini bisa mencegah dan mengatasi virus dan malware jenis baru di kemudian hari. Aplikasi antivirus akan terus berjalan di latar belakang dan memakan RAM. Oleh karena itu, kalau kamu uninstal antivirus di hp bisa memperluas kapasitas RAM sehingga hp tidak lemot.

3. Mengatasi Hp Lemot dengan Rutin Update

Cara mengatasi hp lemot selanjutnya adalah rutin update aplikasi dan sistem operasi. Update aplikasi tidak hanya membuat aplikasi lebih canggih, namun juga lebih aman dan ringan. Bug atau eror pada aplikasi memang sering terjadi, oleh karena developer rutin memperbaiki bug dengan merilis update. Update ini juga akan memperbaiki performa aplikasi saat digunakan.

mengatasi hp lemot untuk gaming

Buat kamu yang suka main game, ada baiknya game kamu selalu diupdate. Update game akan memberi banyak fitur baru, tampilan baru, dan performa lebih lancar. Jika ada aplikasi sering force closed, jangan keburu salahin hpnya, bisa jadi aplikasinya yang bermasalah. Baca: Tips Memilih Hp Gaming Terbaik.

4. Jangan Pakai Lebih dari Satu Aplikasi

Buat kamu yang punya hp dengan spesifikasi pas-pasan, lebih baik jangan pakai lebih dari satu aplikasi saat main game. Cara mengatasi hp lemot yang paling efektif adalah gunakan hanya satu aplikasi saja. Dalam kondisi default, memori RAM akan dihabisi aplikasi game dan aplikasi lain yang berjalan di latar belakang. Menambah satu lagi aplikasi untuk berjalan di latar belakang membuat kapasitas RAM kamu semakin ludes.

mengatasi hp gaming lemot

Biasanya saat main game, ada beberapa orang yang juga menggunakan aplikasi pemutar lagu atau streaming lagu. Menjalankan lebih dari satu aplikasi bersamaan bisa membuat hp lemot dan baterai cepat habis. Selain itu, sinyal internet akan terbagi 3, yaitu untuk sinkronisasi hp, game, dan streaming konten. Hal ini juga membuat koneksi internet tidak stabil dan membuat hp lemot.

5. Pakai Provider Internet Kencang dan Stabil

Koneksi internet yang gak stabil dan lemot membuat performa hp gaming terasa lambat. Saat main game, apalagi yang bersifat online, aplikasi akan terus menerus berkomunikasi dengan server untuk sinkronisasi. Jika proses sinkronisasi terhambat maka akan terasa jeda atau lag saat memainkan game. Waktu ping yang sangat lama juga mempengaruhi performa hp gaming. Untuk itu, lebih baik pilih provider internet yang memang terbukti cepat dan stabil.

6. Matikan Mode Hemat Daya

Mode hemat daya akan mematikan beberapa aplikasi kurang penting yang berjalan di latar belakang. Mode ini biasanya ada di aplikasi Game booster atau cache cleaner di hp. Beberapa produsen hp juga menyematkan fitur penghemat daya secara otomatis. Jika mode hemat daya dinonaktifkan, hp akan menggunakan seluruh resource yang ada untuk gaming. Nah hal ini yang membuat hp kamu gak bakalan lemot.

mengatasi hp lemot

Namun kebalikannya, kalau mode hemat daya diaktifin kemampuan gaming akan sedikit menurun. Konsekuensi dari penonaktifan mode hemat daya ini adalah baterai cepat habis. Maka dari itu, sebelum beli hp lebih baik beli hp yang baterainya besar.

7. Mengatasi Hp Lemot dengan Instal Aplikasi Lite

Aplikasi Lite adalah aplikasi yang ukurannya lebih kecil dan performanya lebih ringan dibanding aplikasi versi originalnya. Saat ini ada beberapa game besar yang merilis aplikasi versi Lite supaya bisa dimainin di hp dengan spek kentang.

cara atasi hp lemot

Beberapa game versi Lite yang cukup populer adalah Cyber Hunter Lite dan PUBG Lite. Kelebihan dari instal aplikasi versi Lite adalah lebih ringan dan tidak makan banyak memori saat diinstal di hp. Buat kamu yang suka main game di hp, cara mengatasi hp lemot satu ini terbilang cukup ampuh lho. Baca: Hp Gaming Terbaik 2019.

 

Leave a Comment