Tips Menghadapi Pemain Toxic saat Main Game Online

Saat main game multiplayer online, kamu pasti pernah alamin kejadian ketemu sama pemain toxic. Apa itu pemain toxic ? Pemain toxic adalah julukan yang diberikan kepada pemain dalam tim kalian yang suka mengejek dan mengeluarkan kata kasar ke rekan satu tim. Keberadaan si toxic emang ganggu banget. Perbuatan yang dilakuin sama pemain ini bisa bikin semangat tim kendor, suasana permainan jadi gak kondusif, dan akhirnya bisa mengacaukan jalannya permainan.

Namun sebelum mengetahui tips menghadapi pemain toxic, ada baiknya kamu ketahui dulu ciri-ciri pemain toxic.

Ciri-Ciri Pemain Toxic di Game Online

ciri pemain toxic

1. Suka Menyalahkan Pemain Lain

Salah satu ciri khas dari pemain toxic adalah suka menyalahkan orang lain. Contohnya adalah mengolok-olok rekan setim dengan sebutan “noob”, “payah”, “bloon”, dan lainnya. Padahal belum tentu dia punya skill atau performa yang lebih baik dari pemain lain. Pemain kayak gini pasti bikin kesel kan ?! Hobi orang ini adalah menyalahkan pemain lain. Giliran dia melakukan kesalahan dia tidak mau disalahkan. Mereka selalu mencari 1001 alasan untuk menghindari kesalahan.

2. Asal-Asalan Pilih Hero

Dalam game bergenre online multiplayer kamu bisa memilih beberapa role saat bermain. Setiap karakter punya role masing-masing. Memilih karakter juga perlu dibahas terlebih dulu dengan rekan setim lainnya. Oleh karena itu, saat memilih karakter, kita harus mempertimbangkan hero apa yang diambil oleh teman satu tim. Salah satu ciri-ciri toxic adalah suka memilih hero sembarangan.

Tanpa memikirkan strategi dan konsultasi ke rekan sesama tim, ia lebih suka memilih karakter yang memang jadi andalannya. Misalnya dalam satu tim sudah ada karakter tipe Tank tapi alih-alih memilih tipe lain, ia malah memilih tipe Tank lagi sehingga kerjasama tim jadi kurang maksimal.

Read More  7 Tips Memilih Mouse Gaming Bagus Sesuai Game

3. Gak Paham Role Karakter

Saat main game online, kesempatan ketemu sama pemain yang gak paham role karakter bisa saja terjadi. Entah apa karena dia pemain baru atau sok tahu. Ciri Toxic ini ada di zona abu-abu alias masih bias. Karena bisa jadi dia tidak mengerti cara main makanya main asal-asalan. Tapi ada kalanya pemain seperti ini memang tidak berniat untuk bermain. Misalnya, ada pemain yang memilih karakter tipe Support, bukannya melindungi tim sendiri malah pergi berusaha mendapat kill sebanyaknya.

4. Berisik dan Terus-Terusan Merengek

Main game perlu konsentasi dan koordinasi. Kalau tidak permainan akan kacau dan berujung pada kekalahan tim. Salah satu ciri pemain toxic lainnya adalah suka merengek. Saking berisiknya, rengekan orang ini bisa memecah konsentrasi para pemain. Main game jadi kurang nikmat dan pengen cepet-cepet disudahi. Contohnya, ia sering melakukan spamming chat tidak jelas.

Tips Menghadapi Pemain Toxic

Sudah tahu ciri-ciri pemain toxic ? Nah berikut ini tips untuk menghadapinya.

tips menghadapi pemain toxic

1. Ingatkan Secara Baik-Baik

Kebanyakan pemain toxic adalah pemain di bawah umur atau orang yang belum punya pemikiran dewasa. Cobalah untuk mengingatkannya dengan bahasa yang halus dan tegas. Gunakan bahasa yang pantas dan dewasa supaya mereka lebih tahu diri. Jika dilawan dengan makian atau kata-kata kasar, perilaku toxic-nya akan semakin menjadi-jadi.

2. Jangan Hiraukan Pemain Toxic

Pemain toxic paling senang kalau diperhatiin. Makanya cara menghadapi si toxic yang paling efektif adalah cuekin aja. Jangan sekalipun menghiraukan ejekan, chat, atau apapun yang dilakukannya. Pemain ini emang paling senang mencari perhatian. Kalau gak ada yang peduli sama dia, cepat lambat dia akan meninggalkan permainan atau AFK.

Read More  7 Tips Memilih Hp Gaming Terbaik untuk Tahun 2019

3. Fokus dan Maksimalkan Tim yang Ada

Tips menghadapi player toxic selanjutnya adalah fokus saja ke permainan. Tidak usah peduliin mereka dan jangan sekalipun berusaha membuat si toxic untuk diam. Yang harus kita lakukan adalah perlihatkan saja skill permainan kita. Setelah itu, fokus ke tim yang tersisa. Sebisa mungkin jangan libatkan si toxic ke dalam strategi permainan tim kamu. Cukup bermain dengan baik untuk menutupi kekurangan dari tim kamu sendiri.

4. Mengalah Memilih Karakter Lain

Untuk menghadapi player toxic yang suka asal-asalan dalam memilih karakter. Cara yang paling tepat adalah dengan cara mengalah. Pilih karakter lain yang seharusnya dipilih oleh si toxic. Bagaimanapun kemenangan tim adalah tujuan utamanya. Oleh karena itu, terkadang kita harus kesampingkan ego dan utamakan kepentingan banyak orang.

5. Report !!

Jangan sampai kejadian tidak mengenakan kamu dialami juga oleh orang lain. Langkah terakhir setelah ketemu player toxic adalah report atau melaporkan user tersebut. Jangan biarkan dia membuat kegaduhan di tim lain. Dengan mereport-nya kamu bakal nyelamatin ribuan player di luar sana yang bisa jadi korban selanjutnya dari pemain toxic tersebut.

Leave a Comment