Game MMORPG Terbaik dan Terpopuler 2019 Untuk PC dan Android

Game MMORPG bisa menjadi salah satu jalan untuk memulihkan mood kamu setelah kamu letih dan lelah selama sekitar 8 jam lebih di kantor. Seperti game RPG umumnya, game MMORPG menuntut kamu untuk meningkatkan status karakter kamu seperti strength, agility, defense, dan segalanya demi mempersiapkan kamu melawan monster dan musuh yang lebih kuat.

Akan tetapi, yang membedakan MMORPG dengan game RPG biasa adalah kamu bisa bermain secara real-time dengan orang-orang yang sama-sama terhubung dengan internet. Sejak beberapa tahun lalu, perkembangan mobile gaming semakin pesat, maka beberapa pengembang membuat game-game MMORPG untuk platform baru ini.

Banyak orang yang mungkin nggak menyangka bahwa perkembangan mobile gaming sepesat dan secepat ini. Beberapa tahun lalu mungkin banyak orang yang nggak menyangka sepesat ini perkembangannya. Nah, bagi kamu yang sedang mencari game-game MMORPG terbaru, kami akan memberikan beberapa rekomendasi game MMORPG terbaru dan terpopuler untuk PC dan juga Android. Berikut list-listnya:

Game MMORPG Terbaik dan Terbaru Untuk PC

PC merupakan platform yang cukup banyak disasar oleh pengembang game MMORPG. Walaupun ada beberapa MMORPG yang dirilis untuk konsol, masih saja para pengembang yang lebih tertarik merilis gamenya untuk PC. Memang, platform game PC menyuguhkan kemudahan para pemainnya dibandingkan dengan konsol. Salah satu alasannya adalah kontrol yang biasanya sangat bersahabat dengan keyboard dan juga mouse.

1. Game MMORPG : World of Warcraft

Warcraft merupakan salah satu franchise game terbaik garapan Blizzard yang saat kini masih menarik untuk diikuti. Salah satu gamenya adalah World of Warcraft yang lebih dari satu dekade masih populer. Pada masa awal perilisannya pada tahun 2004, game ini mendapatkan animo yang sangat baik di kalangan para gamers. Pada trailernya, selain menyuguhkan gameplay yang menarik, Blizzard juga menampakkan sebuah MMORPG dengan latar belakang dunia Warcraft dengan grafis yang keren di masanya.

Game MMORPG

Game ini terbagi dalam dua fraksi, di antaranya adalah Alliance yang diisi oleh beberapa ras seperti: Human, Dwarf, Night Elf, Gnome, Draenei, Worgen, dan Pandaren. Sedangkan untuk fraksi yang menjadi rivalnya, Horde, diisi oleh Orc, Undead, Tauren, Troll, Blood Elf, Goblin, dan juga Pandaren. Di samping itu, ada beberapa kelas yang bisa kamu mainkan sesuai dengan keahlian kamu kelas tersebut di antaranya: Warrior, Paladin, Hunter, Rogue, Priest, Death Knight, Shaman, Mage dan masih banyak lagi. Penasaran dengan gamenya? Kamu bisa membelinya melalui Steam.

2. Game MMORPG : Final Fantasy XIV

Bagi kamu penggemar game RPG, siapa yang nggak kenal dengan nama Final Fantasy? Final Fantasy dikenal dengan battle system turn based dan battle arena yang terpisah dengan dunia aslinya. Demi meramaikan pasar MMORPG, Square Enix merilis game MMORPG pertamanya yakni Final Fantasy XI. Game ini cukup laris di pasaran dan hingga kini masih cukup banyak pemainnya. Beberapa tahun kemudian, Square Enix ingin melanjutkan kesuksesan MMORPG pertamanya, dengan merilis Final Fantasy XIV.

Final Fantasy keempat belas ini memiliki grafis yang keren, dan juga gameplay yang menarik. Untuk memainkan game ini, kamu bisa men-downloadnya dengan gratis, namun untuk meneruskan gamenya, kamu harus berlangganan.

Game MMORPG

3. Game MMORPG : The Elder Scrolls Online

Selain kedua franchise game yang kami sebutkan sebelumnya, The Elder Scrolls merupakan franchise terbesar di dunia hingga saat kini. Pada tahun 2011, Bethesda selaku developer merilis sekuel kelima dari The Elder Scrolls yakni Skyrim. Game ini mendapatkan animo yang sangat baik di masyarakat. Bahkan beberapa tahun lalu, game ini di-remastered dengan menambahkan detil pada visualnya. Bethesda mencoba peruntungan bertarung di industri game MMORPG dengan merilis The Elder Scrolls Online.

Game MMORPG

Game ini mengusung model pay-to-play yang menuntut kamu untuk membelinya demi memainkan selama-lamanya. Selain itu, Bethesda memberikan akses DLC, XP boost, dan yang lainnya dengan model bisnis bernama ESO Plus.

4. Game MMORPG : Guild Wars 2

Menurut kami Guild Wars 2 merupakan MMORPG keren yang bisa kamu mainkan. Selain gameplay, grafis, dan beberapa fiturnya menarik, kamu bisa memainkan game ini dengan gratis. NCSOFT dengan berani menawarkan trial yang cukup panjang yaitu dengan batasan berakhirnya cerita game basisnya.

Game MMORPG

Untuk melanjutkannya, kamu harus membeli ekspansinya. Secara gameplaynya, Guild Wars 2 memiliki gameplay yang nggak berbeda dengan MMORPG lainnya. Akan tetapi, untuk meningkatkan level karakter kamu, kamu nggak hanya bisa melakukan grinding, namun juga mengeksplorasi dunia yang ada pada Guild Wars.

5. Game MMORPG : Star Wars The Old Republic

Bagi kamu penggemar seri film garapan Lucas Art, kamu harus mencoba game satu ini yang bernama Star Wars The Old Republic. Seperti pada franchise Star Wars lainnya, The Old Republic masih bercerita tentang peperangan antara Jedi dengan Sith.

Game MMORPG

Game ini digarap oleh salah satu developer RPG game kawakan BioWare. BioWare dikenal dengan game-game seperti Neverwinter Nights, Dragon Age, Mass Effect, dan masih banyak yang lainnya. Yang membuat game ini menarik adalah nuansa MMORPG yang seperti game RPG offline single player. Kamu akan menemukan cutscene dengan aktor atau aktris suara yang keren, dan penuturan cerita yang apik.

Game MMORPG Android Terbaik dan Terbaru 2019

Nggak hanya untuk platform PC dan konsol, beberapa pengembang mulai berani merilis game MMORPG di Android. Ini bisa dibilang menjadi mimpi para gamers yang dulu bermimpi bisa bermain game dengan kualitas yang hampir setara dengan game konsol pada genggaman tangan. Nah berikut list game MMORPG Android terbaik dan terbaru 2019.

1. Ragnarok M: Eternal Love

Untuk kamu para veteran MMORPG, pasti nggak asing lagi dengan Ragnarok Online. Pada masa kejayaan warnet, banyak para gamers yang meramaikan warnet-warnet tersebut dengan memainkan Ragnarok Online. Game ini memiliki gameplay yang sederhana, namun tetap asyik untuk dimainkan. Kini kamu bisa main Ragnarok Online atau yang sering disebut RO, di atas telapak tangan kamu. Game RO untuk mobile ini memiliki tampilan yang lebih segar.

Game MMORPG

2. Dragon Nest M

Dragon Nest bisa dikatakan game MMORPG yang juga pernah sempat laris pada masa kejayaan warnet. Game ini dilengkapi dengan fitur auto attack yang memungkinkan kamu bermain dengan satu jari. Selain itu, game ini memiliki quest yang sangat banyak yang membuat kamu akan lama menatap layar ponsel pintar kamu. Seperti pada versi PC-nya, Dragon Quest M hadir dengan 6 kelas yang dapat kamu gunakan, di antaranya: Assasins, Warrior, Cleric, Archer, Academic, dan Sorcerer.

Game MMORPG

3. Lineage II Revolution

Beberapa developer sepertinya ingin melanjutkan kesuksesan game MMORPG yang sempat jaya di platform PC ke platform mobile. Salah satunya adalah Lineage. Lineage merupakan MMORPG asal Korea Selatan yang awal kemunculannya di Indonesia mendapatkan kesuksesan. Kini, kamu akan diajak ke dunia Lineage II melalui layar smartphone kamu. Ada beberapa ras yang dapat kamu mainkan di dalam Lineage II Revolution, di antaranya: Human, Elf, Dark Elf, dan Dwarf.

Game MMORPG

4. Order and Chaos Online 2

Gameloft merupakan salah satu developer game mobile yang cukup senior. Mereka sudah menciptakan game-game mobile yang menarik. Salah satunya adalah Order and Chaos. Gameloft mengembangkan sekuelnya yang hadir dengan beberapa pengembangan dan fitur-fitur yang belum ada pada pendahulunya. Dalam game ini kamu bisa memilih lima ras yang di antaranya Mage, Ranger, Warrior, Blood Knight, dan Monk. Game ini menyajikan map yang besar yang bisa kamu eksplor.

Game MMORPG

5. Sword Art Online: Integral Factor

Game MMORPG terbaik Android satu ini diangkat dari serial anime bernama Sword Art Online. Kamu ini wajib dicoba apalagi bagi kamu penggemar serial anime ini. Sword Art Online Integral Factor hadir dengan fitur auto quest yang memungkinkan karakter kamu untuk mencari quest hanya dengan menekan satu tombol.

Game MMORPG

Sebagai game MMORPG Android, Sword Art Online memiliki grafis yang cukup oke, bahkan jika dibandingkan dengan MMORPG PC yang pernah dirilis beberapa tahun lalu, game ini memiliki visual yang hampir serupa.

Leave a Comment