Merancang PC Gaming Rakitan Murah dan Kuat Beserta Harga

Semakin berkembangnya industri game, perkembangan PC gaming pun semakin pesat. Para produsen pun berlomba-lomba menawarkan produk-produk dengan label gaming supaya gamers terpengaruh bahwa produk-produknya tersebut memang untuk gaming.

PC Gaming

Biasanya produk-produk yang diberi label gaming memiliki ciri-ciri yang paling mencolok, yakni fitur LED RGB. Padahal LED RGB nggak terlalu memiliki pengaruh secara performa.

Akan tetapi, sekarang sudah menjadi semacam kewajiban bahwa komponen atau perangkat gaming harus disertakan fitur tersebut.

Setelah kejayaan Alienware milik Dell beberapa tahun lalu, ASUS kini menempati kursi kejayaan tersebut dengan produk lini gamingnya, ROG.

PC Gaming

Nggak hanya itu, beberapa brand seperti MSI, EVGA, Gigabyte, dan masih banyak yang lainnya juga nggak mau ketinggalan dalam pertarungan perangkat gaming untuk PC gaming.

Nggak hanya laptop, mereka juga membuat VGA card, motherboard, dan masih banyak lagi. Produsen juga berlomba-lomba untuk membuat perangkat gaming dengan fitur yang bejibun.

Bagi kamu yang sedang ingin merakit PC gaming, redaksi Sobat Game kali ini akan membahas artikel tentang bagaimana merakit PC gaming yang pas di kantong tapi tanpa harus menurunkan performanya.

Merancang PC Gaming yang Sempurna dengan Budget yang Sesuai

Banyak yang menyangka bahwa untuk bermain game PC, kita membutuhkan kocek lebih. Maka dari itu, banyak gamers yang berpendapat bahwa lebih mending main game di konsol dibandingkan di PC.

Sebenarnya nggak ada salahnya dengan pendapat itu. Akan tetapi, bagaimana untuk gamers yang doyan main game-game yang cuma nyaman main di PC? Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika merakit PC gaming, yang pertama adalah motherboard

Motherboard Gaming dan Processor

Ada banyak motherboard yang berbeda di pasaran. Selain itu, banyak produsen atau brand yang berlomba-lomba menawarkan motherboard gamingnya dengan fitur-fitur yang menarik.

Biasanya motherboard gaming dilengkapi dengan fitur LED RGB, dan sepertinya ini sudah menjadi kewajiban untuk produk-produk dengan label gaming. Apalagi untuk kelas high-end. Umumnya motherboard gaming kelas high-end memiliki fitur LED dengan efek yang lebih variatif.

PC Gaming

Kamu juga harus memperhatikan processor PC apa yang harus kamu gunakan. Sebelum keluarnya Ryzen, AMD sempat diremehkan karena performanya nggak sebanding dengan konsumsi dayanya.

Kini kamu bisa memilih antara processor Ryzen atau Intel karena keduanya memiliki keunggulannya masing-masing. Selain itu, AMD Ryzen juga memiliki performa yang nggak kalah menarik.

Bagi kamu yang ingin merakit PC dengan platform Intel ada dua soket yang bisa kamu pilih diantaranya soket 1151 dan 2066. Untuk kamu yang ingin membangun rig high-end, kamu bisa memilih mengambil soket 2066.

Sebenarnya kamu juga bisa membangun rig high-end dengan soket 1151 akan tetapi, motherboard ndegan soket 1151 hanya memiliki slot memori 4 buah. Sedangkan 2066 memiliki 8 buah slot.

Untuk AMD, kamu bisa memillih motherboard soket AM4+ untuk processor Ryzen 7 kebawah. Bagi kamu yang ingin performa lebih, kamu bisa memilih motherboard degan soket TR4 atau khusus processor high-end AMD (Threadripper). Berikut list motherboard gaming terbaik beserta dengan harganya.

No.MotherboardHarga
1.ASUS Rampage VI Extreme OmegaRp 12,000,000
2.MSI MEG Z390 GodlikeRp 11,500,000
3.Gigabyte X399 Aorus Gaming 7Rp 6,089,460
4.ASRock Fatality X470 Gaming K4Rp 2,960,000
5.EVGA X99 FTW KRp 2,700,000

Casing PC Gaming

Hal lain yang harus kamu perhatikan ketika membangun PC adalah casingnya. Casing adalah tempat dimana segala komponen yang kamu punya diletakkan. Sebenarnya, bisa saja nggak menggunakan casing.

PC Gaming

Tapi dengan menggunakan casing, komponen-komponen PC kamu bisa lebih aman. Ada tiga jenis casing yang ada di antaranya adalah mini tower, middle tower, dan full tower.

Jenis tersebut dibagi menurut ukurannya. Mini tower: untuk ukuran kecil, middle tower: untuk ukuran sedang, full tower: untuk ukuran besar.

PC Gaming

Casing Mini Tower

No.CasingHarga
1.Thermaltake Level 20 XTRp 2,870,000
2.Corsair Obsidian 250DRp 1,615,000

Casing Middle Tower

No.CasingHarga
1.Corsair Crystal 570X RGBRp 2,845,000
2.Cooler Master MasterBox MB530PRp 1,660,000

Casing Full Tower

No.CasingHarga
1.Cooler Master Cosmos C700PRp 4,880,000
2.Thermaltake View 91 RGBRp 7,441,000

Yang harus kamu perhatikan ketika memilih casing adalah bahan dan juga ventilasinya. Berikut list casing PC gaming terbaik.

PSU PC Gaming

Ada komponen yang paling penting ketika kamu membangun PC, yakni PSU atau Power Supply Unit. Fungsi PSU adalah memberikan daya ke setiap komponen pada PC kamu.

PSU yang baik adalah yang mampu memberikan daya yang sesuai dan memberikan efisiensi tinggi. Untuk mengetahuinya kamu bisa memilih PSU dengan label 80 Plus (biasa, Bronze, Silver, Gold, Platinum, dan Titanium), walaupun terkadang ada PSU kaleng-kaleng menyertakan logo ini.

PC Gaming

Hal lain yang menjadi indikator PSU bagus adalah brandnya sendiri. Pilih brand-brand terkenal seperti Corsair, Cooler Master, dan masih banyak yang lain.

PSU / Power Supply Unit

   

Leave a Comment