5 Kelebihan Processor AMD Ryzen untuk Laptop Gaming

Kelebihan AMD Ryzen – Selain processor Intel Core, AMD Ryzen adalah salah satu merk processor terbaik untuk gaming. Bagi sebagian orang nama AMD mungkin masih terasa asing. Bahkan AMD sering diremehkan dan dipandang sebelah mata. Namun jangan salah, setelah mengeluarkan processor seri Ryzen, processor AMD layak jadi pilihan utama saat kamu membeli laptop gaming. Apa saja kelebihan processor AMD Ryzen untuk gaming ?

kelebihan amd ryzen

1. AMD Ryzen Terintegrasi Langsung Radeon Vega

Salah satu kelebihan AMD Ryzen adalah karena sudah teintegrasi langsung dengan kartu grafis Radeon Vega Series. Dengan bekal grafis tersebut, laptop gaming dengan AMD Ryzen tentunya bisa melahap game terbaru dengan lancar. Tidak hanya itu, buat kamu yang lagi cari laptop untuk desain grafis, laptop dengan AMD Ryzen juga sangat cukup untuk memenuhi kebutuhanmu.

kelebihan amd ryzen laptop gaming

AMD Ryzen dengan Radeon Vega tersedia pada varian atau model kelas atas. Selain handal untuk gaming, Radeon Vega juga membuat performa multimedia laptop makin lancar. Radeon Vega sudah mendukung DirectX 12 jadi memang pas untuk dioptimalkan di laptop gaming, desain grafis, atau para PC enthusiast. Selain itu, Radeon Vega juga cocok memainkan game kelas AAA atau game populer seperti Dota 2, Overwatch, atau Apex Legends.

2. Processor AMD Ryzen Tersedia dalam 3 Varian

AMD Ryzen tersedia dalam 3 varian model, yaitu AMD Ryzen 3, Ryzen 5, dan Ryzen 7. AMD Ryzen 3 dirancang untuk pengguna kelas entri (pemula). Processor ini cukup untuk menangani kebutuhan dasar seperti browsing, streaming, atau mengetik. Processor AMD Ryzen 5 punya performa di atas Ryzen 3 dan disasarkan untuk segmen laptop kelas menengah. Sementara itu, untuk kelas gaming, profesional, dan PC enthusiast ada AMD Ryzen 7.

Kalau kamu mau cari laptop yang cocok untuk gaming, lebih baik pilih laptop gaming dengan AMD Ryzen 5 atau Ryzen 7. Kedua varian ini punya jumlah core lebih banyak dan clock speed  lebih tinggi sehingga cocok untuk main game berat.

3. Kualitas Grafis Lebih Baik

Sudah sejak lama nama AMD selalu disandingkan dengan kualitas grafis yang lebih baik. Processor AMD memang terkenal akan kualitas grafisnya. Bahkan saat disandingkan dengan processor Intel sekalipun, mayoritas pemain game lebih suka grafis yang disajikan AMD. Kemampuan grafis AMD Ryzen semakin ditingkatkan berkat Radeon Vega di dalamnya.

Radeon Vega sudah mendukung fitur FreeSync 2.0 dan HDR sehingga tampilan grafis di layar laptop akan lebih menarik dan hidup. Selain itu, buat para kreator konten processor AMD Ryzen juga sudah mendukung video 4K. Jadi kamu bisa olah video beresolusi tinggi dengan mudah, termasuk bekerja secara multitasking.

4. Performa Multitasking Lebih Stabil

Dibanding processor Intel Core i7, AMD Ryzen 7 masih lebih baik untuk kebutuhan multitasking. Misalnya saat kamu main game sambil menjalankan aplikasi OBS (Open Broadcaster Software). Laptop dengan AMD Ryzen 7 hanya mengalami penurunan performa dan kecepatan hingga 1% saja. Berbeda dengan Intel Core i7 yang bisa turun hingga 18%.

kelebihan amd ryzen performa gaming

5. Harga Processor AMD Ryzen Lebih Murah

Kelebihan terakhir dari AMD Ryzen adalah harganya lebih murah. Harga AMD lebih murah dibanding pesaing beratnya yaitu Intel. Sebagai perbandingan, AMD Ryzen 7 1800X dengan spesifikasi: 8 Core/16 Thread, Clock 3.6 GHz – 4.0 GHz, cache 20MB, dan TDP 95W dijual dengan harga $499. Sementara itu, processor Intel sekelasnya yaitu Intel Core i7 6900K dengan spesifikasi 8 Core/16 Thread, Clock 3.2 GHz – 3.7 GHz, cache 20MB, dan TDP 140W dijual dengan harga $1089.

kelebihan amd ryzen gaming

Perbedaan harganya cukup besar, bisa sampai 2 kali lipat lebih murah dibanding processor Intel. Inilah yang membuat harga laptop gaming dengan processor AMD Ryzen rata-rata harganya lebih murah. Namun begitu, kualitas gamingnya tetap tidak kalah dibanding laptop gaming dengan processor Intel.

Alasan Memilih AMD Ryzen Ketimbang Intel Core

Kenapa harus beli laptop gaming dengan AMD Ryzen ? Alasan paling masuk akal adalah dengan harga yang lebih murah kamu bisa dapetin performa gaming yang sama baiknya dengan laptop dengan processor Intel Core. Laptop gaming dengan AMD Ryzen jadi pilihan tepat buat kamu yang pengen punya laptop keren buat main game atau editing tapi terkendal bujet yang serba terbatas. Kelebihan AMD Ryzen dari segi grafis juga jadi beberapa alasan lain yang masuk akal. Baca: Processor PC Gaming Terbaik 2019.

Leave a Comment