Adu Kuat Playstation 4 dan Xbox One, Siapa Lebih Hebat ?

Buat kamu yang mau beli konsol game di tahun 2019, ada 2 konsol game paling populer saat ini yaitu Playstation 4 dan Xbox One. PC dan Nintendo Switch tidak termasuk konsol game favorit karena kedua adalah jenis platform game yang berbeda. PC lebih mengedepankan konfigurasi sehingga tidak bisa dibandingkan dengan PS4 dan Xbox One yang tidak bisa dikonfigurasi sesuka hati. Sementara itu, Nintendo Switch lebih cocok jadi secondary console dibanding konsol game utama.

playstation 4 dan xbox one

Nah, buat kamu yang udah siapin bujet buat beli konsol game, silakan baca kelebihan dan kekurangan Playstation 4 dan Xbox One berikut sebelum memilih mana konsol yang mau kamu beli.

Harga Playstation 4 vs Xbox One

Playstation 4 dan Xbox One sama-sama punya varian pro dan standar. Playstation 4 punya varian slim atau model standar dan model Pro. Playstation slim dengan kapasitas storage 500 GB dijual dengan harga Rp 4.200.000 dan untuk storage 1 TB dijual dengan harga Rp 4.700.000. Sementara itu, untuk model Pro dengan storage 1 TB dan kemampuan main game di resolusi 4K dijual dengan harga Rp 5.500.000. Baca: Harga PS4 Terbaru 2019.

playstation 4 dan xbox one harga
Harga Playstation 4 lebih murah dari Xbox One

Di sisi lain, Xbox One versi standar dijual dengan harga Rp 5.500.000. Sedangkan untuk varian Xbox One X yang punya spesifikasi lebih tinggi dijual dengan harga Rp 6.500.000. Jika dibandingkan, harga Xbox One lebih mahal dibanding harga Playstation 4. Kenapa ? Karena Xbox One punya spesifikasi lebih tinggi dibanding PS4. Xbox One X alias versi pro bisa mainin game di resolusi 4K 60fps, sedangkan di PS4 Pro kamu hanya bisa mainin game di resolusi 4K atau 60fps, tidak bisa keduanya.

Harga Playstation 4 masih lebih murah dibanding Xbox One. Bahkan harga Xbox One versi standar aja harganya sama kaya Playstation 4. Jadi untuk masalah harga, Playstation 4 masih lebih unggul dibanding Xbox One.

Game Ekslusif untuk PS4 dan Xbox

Setiap konsol pasti punya game eksklusif yang hanya bisa dimainkan di konsol tersebut. Playstation 4 punya game eksklusif yang sangat hits, seperti: Marvel’s Spiderman, God of War 4, Detroit: Become Human, Uncharted 4, dan lain sebagainya. Berbeda dengan PS4 yang sukses dengan banyak game eksklusifnya, game eksklusif Xbox One nampak tidak terlalu memuaskan. Game paling ditunggu seperti Scalebound pun akhirnya gagal dirilis.

playstation 4 dan xbox one game
Marvel’s Spiderman: Game eksklusif untuk Playstation 4

Jika masih ingin berharap, sebenarnya ada cukup banyak game eksklusif Xbox yang potensial seperti Halo: Infinite dan Gears of War 5. Namun kedua game ini sebenarnya tidak cukup populer untuk kalangan gamers dunia. Selain itu ada game Crackdown 3 yang masih ditunggu namun tidak banyak diharapkan. Kenapa ? Karena pengembangan game ini masih terkendala masalah dan dikhawatirkan meleset dari ekspektasi banyak orang.

Berbicara tentang game eksklusif, Playstation 4 lebih unggul dibanding Xbox One. PS4 jarang gagal dengan game eksklusifnya. Ditambah lagi, game Xbox One bisa dimainkan di PC Windows 10, jadi tanpa perlu beli Xbox One, kamu udah bisa mainin gamenya di komputer Windows 10.

Online Multiplayer & Backward Compatibility

Harga berlangganan layanan main game secara online di Playstation 4 dan Xbox One kurang lebih sama. Kedua layanan online konsol game ini sama-sama memberi diskon game khusus bagi member dan game gratis yang bisa dimainkan secara online. Namun Xbox One punya kelebihan dibanding PS4. Membership online Xbox One bisa memainkan game-game dari konsol Xbox 360. Fitur backward compatibility inilah yang sampai sekarang masih susah dilawan oleh PS4.

playstation 4 dan xbox one 360 backward
Ratusan game Xbox 360 bisa dimainkan di Xbox One

Backward compatibility memungkinkan kamu bisa mainin game jadul dari seri konsol terdahulu. Ditambah lagi, karena game Xbox One bisa dimainin di PC Windows 10, kamu bisa main bareng temen-temen di platform yang berbeda. Namun yang perlu diperhatikan adalah ada berapa banyak temen kamu yang punya membership online konsol game. Kalau yang punya sedikit, tentu akan percuma kalau kamu membayar lebih untuk berlangganan.

Xbox One lebih unggul dari Playstation 4 mengenai urusan multiplayer. Karena game Xbox One bisa dimainin di Windows 10, kamu bisa main online bareng temen-temen walau berbeda platform. Kemudian, dukungan backward compatibility memungkinkinkan kamu bisa mainin game jadul Xbox 360 di Xbox One.

Dukungan Multimedia

Berbeda dengan Playstation 4, Xbox One fokus menggarap konsol gaming yang tidak hanya bisa untuk main game tapi juga bisa dipakai sebagai pusat hiburan digital di rumah. Xbox One bisa dipasangi aplikasi streaming seperti Netflix. Selain itu, aspek pendukung multimedia seperti audio dan visual 4K hingga opsi HDR juga dihadirkan dalam konsol game ini. Berbeda dengan Xbox One, PS4 hanya fokus sebagai konsol game yang bersifat plug and play.

playstation 4 dan xbox one multimedia
Xbox One bisa diinstal aplikasi Netflix

Dari sektor multimedia, Xbox One terlihat lebih unggul karena selain berfungsi sebagai konsol game, kamu juga bisa nikmati konten video streaming menarik di internet.

Mana yang Lebih Baik…Playstation 4 atau Xbox One ?

Pilihannya ada di kamu. Kalau kamu mau konsol game dengan game eksklusif yang bagus dan banyak silakan pilih Playstation 4. Namun kalau kamu mau konsol game yang bisa jadi pusat hiburan digital di rumah, silakan beli Xbox One. Selain itu, negara juga jadi pertimbangan untuk memilih konsol game terbaik. Xbox One paling banyak dipakai di pasar Amerika dan Eropa dan PS4 sangat kuat di pasar Asia.

playstation 4 dan xbox one spesifikasi

Besarnya jumlah pengguna konsol mempengaruhi kemudahan kamu mencari komunitas untuk main bareng dan mencari informasi tentang game terbaru. Selain itu, jumlah pengguna juga menentukan banyak tidaknya game yang bisa dimainkan. Menurut data dari Metacritic, jumlah game untuk Playstation 4 lebih banyak dibanding Xbox One. Dari sini, bisa disimpulkan dengan jelas bahwa perbedaan Playstation 4 dan Xbox One ada di jumlah game yang bisa dimainkan, dukungan spesifikasi, dan kemampuan multimedia. Jadi konsol mana yang kamu pilih ?

Leave a Comment