Metal Gear Solid: Peace Walker, Jadi Seri MGS Terbaik?

Jadi salah satu franchise paling sukses selama lebih dari satu dekade, Metal Gear Solid (MGS) menjadi game yang punya cukup banyak fanbase penggemar di seluruh dunia. Walau sudah banyak game-game dari seri MGS, Hideo Kojima sebagai salah satu perancang game terkemuka selalu berhasil membuat kejutan. Salah satunya adalah Metal Gear Solid: Peace Walker. Meski game ini dirilis secara eksklusif untuk PlayStation Pocket (PSP), Kojima berhasil memaksimalkan game-nya dengan baik.

Metal Gear Solid: Peace Walker adalah game video action-adventure stealth yang dikembangkan oleh Kojima Productions dan diterbitkan oleh Konami untuk PlayStation Portable (PSP) tahun 2010. Merupakan game Metal Gear ketujuh yang ditulis, diproduseri, dan dirancang oleh Hideo Kojima. Kemudian, merupakan game Metal Gear kedua yang dibuat khusus untuk PSP, mengikuti Metal Gear Solid: Portable Ops. Namun, pada akhirnya game ini juga dirilis untuk PlayStation 3 dan Xbox 360 sebagai bagian dari Metal Gear Solid HD Collection di Amerika Utara dan Eropa serta sebagai rilis ritel yang berdiri sendiri di Jepang.

metal gear solid peace walker game

Alur Cerita Metal Gear Solid: Peace Walker

Metal Gear Solid: Peace Walker mengambil latar belakang cerita dari Naked Snake (AKA Big Boss) setelah kejadian dalam Metal Gear Solid 3: Snake Eater dan Metal Gear Solid: Portable Ops. Mengambil latar waktu tahun 1974, yang terdapat kejadian karena Snake tidak lama membunuh gurunya sendiri, the Boss di Metal Gear Solid 3. Setelah kejadian itu, Snake pun meninggalkan Amerika dan mendirikan sebuah organisasi yang diberi nama ‘Militaires Sans Frontieres’ (MSF). Organisasi ini merupakan jenis organisasi yang akan menjalankan misi bagi mereka yang membutuhkan bantuan mereka.

Tak lama, seorang profesor dan muridnya muncul memohon bantuan dari prajurit ini. CIA ternyata menyerang Costa Rica dan karena Costa Rica tidak memiliki pasukan khusus, maka kedua orang tersebut butuh bantuan MSF untuk membereskan semuanya. Meski awalnya Snake menolak, tapi karena profesor menjalankan sebuah tape yang membuktikan bahwa the Boss ternyata masih hidup, MSF pun langsung menerima pekerjaan ini.

metal gear solid peace walker 2019

Jika dibandingkan dengan seri Metal Gear Solid sebelumnya yang memiliki jalinan cerita yang cukup rumit. Nah, untungnya kamu tidak akan merasa terlalu membingungkan dalam seri yang MGS: Peace Walker. Menggunakan sudut pandang orang ketiga, kamu akan mengendalikan Snake melalui berbagai jalan mulai dari menembus hutan, sungai sembari menghabisi musuh dengan menggunakan panah bius atau peluru. Layaknya ciri khas MGS, game ini bergenre stealth yang mengharuskan kamu mengalahkan musuh dengan segala cara tapi tanpa diketahui oleh musuh tersebut.

Permainan yang Unik dan Lebih Leluasa

Uniknya, dalam game ini meski sama-sama masih menggunakan tipe stealth, Snake bisa bergerak dengan lebih leluasa. Kamu bisa mengeluarkan ilmu pertarungan jarak dekat dengan mudahnya. Saat sedang menahan musuh, kamu punya beberapa pilihan secara cepat untuk dikeluarkan. Tak beda jauh ketika kamu menghadapi banyak musuh, kamu juga punya banyak pilihan untuk melancarkan serangan dengan lebih mudah.

Kamu sebagai Snake bisa membangun MSF sedemikian rupa dengan orang-orang yang berhasil kamu buat pingsan, setelah itu kamu harus menggantungnya ke sebuah Fulton Balloon dan akan langsung disambar oleh helikopter. Kamu bisa melanjutkan permainan dan setelah misinya selesai, kamu sudah bisa menggunakan orang yang telah kamu tangkap itu sebagai salah satu serdadu dalam tim kamu. Nah, fungsi dari orang-orang yang telah kamu culik tersebut akan kamu bawa ke divisi-divisi di dalam pasukan kamu.

metal gear solid peace walker paling baru

Kamu bisa menggolongkan hasil rekrutanmu tersebut tergantung pada status dari setiap karakter yang ada. Prajurit yang kamu tempatkan di divisi combat bisa kamu gunakan untuk menggantikan Snake dalam misinya. Sedangkan mereka yang berada di divisi R&D bertugas untuk mengembangkan senjata dan barang baru.

Jalan Cerita Lebih Singkat

Sayangnya, jalan cerita yang disediakan oleh MGS: Peace Walker tidak terlalu panjang. Dalam setiap misi yang diberikan, kamu akan mendapatkan tugas tertentu untuk dikerjakan. Kamu pun bisa memilih misinya dengan kompensasi nilai yang sesuai dengan kesulitan misi yang dipilih. Sayangnya lagi, kamu tidak dapat menyimpan misi jika belum selesai dan hal tersebut cukup menyulitkan kalau kamu tidak bisa menyelesaikan misi dalam sekali main.

Banyak Pilihan Item dan Fitur Tambahan

Item yang terdapat dalam Metal Gear Solid: Peace Walker cukup lengkap dan bervariasi. Bahkan untuk pakaian yang dikenakan Snake pun bisa diubah dan memiliki fungsinya tersendiri. Artinya, setiap kamu berganti pakaian maka kemampuan antara satu pakaian dengan yang lainnya pun akan berbeda. Contoh, saat kamu mengenakan sneaking suit, kamu bisa bergerak sesuka dan secepat yang kamu mau tanpa perlu takut ketahuan oleh musuh.

metal gear solid peace walker terbaik

Fitur Co-op yang Seru

Dalam MGS: Peace Walker kamu akan disajikan dengan fitur baru yakni co-op (cooperative) di mana kamu dan tiga orang lain akan berusaha menyelesaikan misi sambil menggabungkannya dengan elemen stealth, taktik infiltrasi, mengumpulkan material, serta mekanika survival seperti membuat barikade dan objek pertahanan lainnya. Bagaimana? Seru banget kan! Untuk bisa bermain fitur co-op, sayangnya kamu hanya memiliki pilihan untuk menggunakan koneksi ad-hoc saja dan tidak ada koneksi online. Apabila kamu sedang berhadapan dengan bos yang menyebalkan, kamu bisa langsung masuk ke dalam misi bersama dengan teman dan langsung menjalankan misi bersama-sama.

Namun, kamu harus tahu beberapa hal ketika menggunakan mode ini. Ada beberapa masalah yang sering dikeluhkan, pertama, misi yang terlampau sulit ketika dilakukan sendiri oleh karenanya mode co-op ini bisa dimanfaatkan tapi koneksi sambungannya yang butuh waktu karena tidak bisa online. Kedua, yakni mekanisme permainan yang rumit. Memang ada tutorialnya, tapi tidak menjelaskan game ini secara rinci dan membahas secara keseluruhan.

metal gear solid peace walker terbaru

[Kesimpulan] Metal Gear Solid: Peace Walker, Seru Banget?

Bagi kamu yang merupakan penggemar berat dari franchise MGS, maka game ini jadi salah satu game yang wajib kamu coba. Mengapa? Karena dalam Peace Walker kamu akan menemukan salah satu game Metal Gear Solid terbaik dari seluruh serinya selama ini.

Leave a Comment