Metal Gear Solid 3 Snake Eater: Seri Penutup yang Memukau

Setelah merilis Metal Gear Solid 2 Sons of Liberty, beberapa tahun kemudian Metal Gear Solid 3 Snake Eater lahir. Seperti biasanya Kojima selalu mendatangkan hal-hal baru yang revolusioner di dunia gaming, termasuk seri ketiga Metal Gear Solid ini.

Metal Gear Solid 3

Game yang dirilis oleh Konami Computer Entertainment Japan ini dirilis pada akhir 2004 untuk versi Jepang dan Amerika Utara, kemudian awal tahun 2005 untuk versi Eropa dan Australia. Walaupun judulnya terdapat angka tiga, Snake Eater sebenarnya game kelima yang ditulis dan didireksi oleh Hideo Kojima, sang maestro.

Metal Gear Solid 3

MGS 3 Snake Eater membawa mundur ke tahun 1964 (30 tahun sebelum kejadian game Metal Gear pertama yang dirilis di NES atau Famicom). Protagonis game ini adalah Big Boss yang dikenal juga sebagai Naked Snake. Kini Big Boss mencoba untuk menolong ilmuwan rocket asal Rusia benama Nikolai Stepanovich Sokolov. Berbeda dengan game sebelumnya, alih-alih mengambil latar belakang di lingkungan perkotaan atau urban, Snake Eater akan membawamu ke hutan di daerah Soviet di tahun 1960an.

Metal Gear Solid 3

Sekali lagi Hideo Kojima telah sukses mengeksekusi seri MGS ketiga ini dengan sangat baik. Ya, walaupun Hideo Kojima dikenal sebagai creator yang sangat perfeksionis yang bahkan bisa merilis gamenya dengan waktu lama. Pada artikel kali ini, Sobatgame akan membahas game Metal Gear Solid 3 Snake Eater yang mana salah satu game action-adventure stealth terbaik. Ikuti sampai selesai ya.

Plot Cerita Metal Gear Solid 3: Membawa Kembali Ke Beberapa Tahun Sebelumnya

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, MGS 3 mengambil setting waktu dan tempat sebelum kejadian Metal Gear pertama di waktu Perang Dingin di tahun 1964, di mana agen CIA, bernama Big Boss dengan nama samaran Naked Snake, dikirim ke sebuah hutan di Uni Soviet bernama Tselinoyarsk. Pada misinya kali ini Snake akan ditugaskan untuk menolong ilmuwan asal Soviet bernama Sokolov yang secara bersembunyi mengembangkan tank canggih dengan senjata nuklir bernama Shagohod.

Walaupun misi berjalan dengan mulus, Snake dan Sokolov menghadapi kesialan. Sokolov ditangkap oleh Cobra Unit dan Snake terluka parah akibat dilempar oleh The Boss ke dalam jurang. Seminggu setelah terbangun dari lukanya setelah ditoloh oleh the region, Snake dikirim kembali ke hutan di daerah Soviet tersebut sebagai bagian Operation: Snake Eater untuk memenuhi janji Amerika Serikat.

MGS 3 Snake Eater tetap meneruskan gameplay yang dimiliki oleh seri sebelumnya. Snake bukanlah superhero yang memiliki kekuatan super yang untuk mengalahkan musuhnya kamu harus mendatanginya secara frontal, maka dari itu, untuk memenangkan misi kalian harus melumpuhkan musuh kalian dengan cara bersembunyi walaupun Snake dibekali dengan banyak senjata.

Beberapa Fitur Baru

Meski memiliki gameplay yang nggak berbeda jauh dengan pendahulunya, MGS 3 mengenalkan fitur-fitur baru yang belum pernah ada. Yang pertama adalah kamuflase. Mungkin karena tema yang diambil adalah hutan, berkamuflase adalah hal yang tepat. Terdapat beberapa corak kamuflase yang bisa kamu pakai sesuai dengan tempat persembunyian.

Metal Gear Solid 3

Kemudian ada sistem pertarungan baru bernama close quarter combat atau CQC yang mana merupakan konsep taktis yang melibatkan konfrontasi fisik antara beberapa petarung. Selain itu fitur lainnya yang belum pernah ada di seri sebelumnya adalah pengukur stamina dan sistem luka dan penyembuhan. Game ini juga menawarkan kesan realistis yakni Snake bisa mengambil sumber-sumber makanan dari alam seperti binatang dan tumbungan untuk bertahan hidup.

Aspek lain yang menjadi paling menarik dari seri MGS adalah grafisnya. Game ini memiliki grafis yang keren banget di masanya. Sebenarnya, MGS 3 Snake Eater direncanakan dirilis untuk PS3. Berhubung PS3 dirilisnya masih lama, mereka akhirnya menggunakan seluruh kemampuan PS2 secara maksimal. Seperti seri sebelumnya yang muncul dengan versi tambahan seperti Metal Gear Solid: Integral dan Metal Gear Solid 2 Substance, MGS 3 hadir juga dengan seri Subsistence.

Kesimpulan: Penutup PS2 yang Brilian

Nggak percuma MGS 3 mendapatkan penghargaan tinggi, Kojima memang selalu membuat gamenya dengan sesempurna mungkin. Skor yang di dapatkan dari beberapa media pun juga tinggi. Namun sayangnya game ini cuma dirilis di PS2. Tapi, jangan khawatir, kamu bisa memainkan MGS 3 di emulator PS2 seperti PCSX2.

Leave a Comment