14 Game Final Fantasy PC Dari Awal hingga Terbaru 2019

Game Final Fantasy PC bisa menjadi kabar baik bagi para PC gamers yang juga fans Final Fantasy. Ada beberapa game Final Fantasy yang bisa kamu dapatkan di Steam atau memainkannya tanpa harus menggunakan emulator. Seperti yang kita tahu bahwa Final Fantasy merupakan tolok ukur game RPG Jepang. Game ini memiliki ciri khas dari segi karakter-karakternya yang kuat dan ceritanya yang bagus.

Hal yang paling identik dari Final Fantasy adalah dari segi musiknya. Bagi para penggemarnya, pasti tahu dengan Nobue Uematsu, sang maestro yang telah membuat komposisi musik terindah di sejarah video game. Begitu juga dengan Hironobu Sakaguchi sang kreator yang telah membuat game ini begitu ikonik.

Final Fantasy

Hingga kini Final Fantasy sudah mencapai seri kelima belas. Akan tetapi, masing-masing game nggak memiliki kesinambungan cerita satu sama lain. Dunia masing-masing game pun berbeda. Itu yang unik dari seri Final Fantasy. Masing-masing game Final Fantasy juga memiliki karakter-karakter yang ikonik. Dari karakter cowok dan ceweknya memiliki peran penting. Selain itu yang menjadi keunikan seri Final Fantasy (FF) adalah pertarungan dengan party atau rombongan.

Yang mengherankannya, setiap seri Final Fantasy, walaupun menuai kritikan, pasti sukses di pasaran, sebagai contoh adalah seri terakhir, FF XV. Game ini hadir dengan mekanisme battle yang jauh berbeda dari versi trailernya. Karakter yang digunakan pun cenderung jauh lebih sedikit, Ceritanya pun juga pendek. Akan tetapi game ini tetap laku di pasaran. Dan versi Final Fantasy PC-nya juga cukup laris.

Nah bagi kalian para PC Gamers yang juga fans Final Fantasy, kalian nggak usah khawatir karena Square Enix juga merilis game ini di PC atau Steam. Sobatgame akan memberikan daftar game Final Fantasy PC yang bisa kamu beli di Steam.

1. Final Fantasy III

Game Final Fantasy PC pertama yang bisa kamu beli di Steam adalah Final Fantasy III. Yang versi PC juga merupakan versi remake, maka grafis yang tampil juga dibuat ulang yakni dengan gaya 3D chibi. Selain grafis 3D, Final Fantasy PC ketiga ini juga dilengkapi dengan FMV (Full Motion Video) yang pertama kali muncul di Final Fantasy VII. Kamu masih tetap memainkan empat orang yatim piatu dari desa terpencil; Luneth, Arc, Refia, dan Ingus. Secara gameplay nggak ada yang berbeda. Kamu tetap melawan monster dengan cara bergantian ala turn-base.

Final Fantasy PC

2. Final Fantasy IV

Game Final Fantasy PC lainnya adalah FF IV. Game ini juga tampil dengan grafis 3D seperti FF III. Dalam game ini kamu akan bermain sebagai Cecil seorang dark knight yang ingin mencegah penyihir bernama Golbez yang ingin menguasai kristal yang kuat demi menghancurkan dunia. Final Fantasy IV menyuguhkan 12 karakter yang bisa kamu mainkan, di antaranya: Cecil Harvey, Kain Highwind, Rosa Farrell, Cid Pollendina, Rydia, Tellah, Edward Chris von Muir, Yang Fang Leiden, Palom, Porom, Fusoya, dan juga Edward Geraldine.

Final Fantasy PC

3. Final Fantasy V

Berbeda dengan kedua Final Fantasy PC sebelumnya, FF V nggak tampil dengan grafis 3D. Mungkin bagi kami, FF V adalah versi remaster. Bisa dilihat dari resolusi yang lebih besar, gambar yang lebih tajam, dan juga desain yang lebih terkini. Berbeda dengan FF IV yang memiliki banyak karakter, FF V hanya menghadirkan 4 playable character.

Final Fantasy PC

4. Final Fantasy VI

Sebelum Yuna, dan Lightning menjadi protagonist utama, Terra Branford bisa dibilang karakter utama dengan jenis kelamin perempuan pertama dalam sejarah Final Fantasy. Game ini memiliki antagonis yang sangat ikonik bernama Kefka Palazzo. Sama seperti seri ketiga, Final Fantasy PC seri ini nggak hadir dengan grafis 3D. Game ini hanya versi remaster versi terdahulu. Akan tetapi, walaupun begitu bukan berarti game ini nggak layak dimainkan lho.

Final Fantasy PC

5. Final Fantasy VII

Final Fantasy VII bisa dibilang merupakan salah satu seri FF terlaris sepanjang masa. Seri ini juga merupakan seri pertama FF dengan grafis 3D. Nggak cuma protagonis utamanya yang ikonik, karakter-karakter lainnya juga diingat oleh para gamers. Sebenaranya game ini sudah lama dirilis di PC di bawah nama Eidos Interactive. Karena larisnya, seri ketujuh ini juga dibuat versi remake dengan grafis yang keren banget dan juga gameplay sistem terbaru. Ya kami berharap FF VII Remake juga dibuat di PC.

Final Fantasy PC

6. Final Fantasy VIII

Seri ini juga termasuk seri lama yang masuk PC, bahkan masih di era PS1 berjaya. Yang paling identik dari Final Fantasy VIII adalah kisah cinta antara Squall dan Rinoa. FF VIII menawarkan fitur yang menarik yakni Junction. Dalam fitur tersebut kamu bisa mengatur karakter kamu mulai dari magic apa yang dipakai GF/Guardian Force (Summon) apa yang akan digunakan, atau meningkatkan stats karakter kamu. Oiya, Square Enix baru saja mengumumkan bahwa FF 8 bakalan dirilis versi remasternya.

Final Fantasy PC

7. FF IX

Setelah Final Fantasy VIII dirilis di PC, Squaresoft (sekarang Square Enix), nggak melanjutkan merilis seri kesembilan di PC. Square Enix baru mengkonversi game ini ke PC pada tahun 2016 silam. Secara penjualan, FF IX nggak selaku FF VIII dan juga FF VII. Mungkin karena model karakter yang berbeda dengan dua seri sebelumnya. Walaupun begitu, FF IX adalah seri yang harus kamu coba.

Final Fantasy PC

8. FF X/X-2

Sama seperti FF XI, FF X nggak langsung dirilis di PC pada awal peluncurannya. Square Enix baru meluncurkan versi PC-nya ketika me-remaster FF X yang juga dirilis di PS4, PS3, PS Vita, Xbox One. FF X merupakan seri pertama yang menggunakan voice actor di mana karakter-karakter pada seri sebelumnya masih bisu. Begitu juga sekuel FF X, Square juga menyertakannya ketika membeli FF X di Steam. Ada banyak peningkatan di versi PC-nya ini salah satunya di grafisnya yang semakin diperhalus dan juga resolusinya yang lebih tinggi.

Final Fantasy PC

9. FF XI

Final Fantasy XI merupakan seri Final Fantasy PC pertama dengan genre MMORPG. Sepertinya Square ingin mencoba peruntungan di pasar game online pada waktu itu. Dan untungnya berhasil. Game ini juga game FF yang langsung dirilis di PC setelah seri kedelapan. Walaupun game in itermasuk game jadul, FF 11 masih ada kok pemainnya.

Final Fantasy PC

10. FF XII

Seri ini seperti seri kesembilan dan kesepuluh yang setelah 1 dekade dirilis di PC. Final Fantasy XII menawarkan battle system baru dan kamu nggak akan lagi menemukan random battle di sini. Di samping itu, kamu nggak akan menemukan summon-summon ikonik yang pernah ada sebelumnya seperti Ifrit, Shiva, Bahamut, dan yang lainnya. Semua summon yang ada di FF XII baru.

Final Fantasy PC

11. FF XIII

Setelah Terra dan Yuna, akhirnya Square Enix menghadirkan protagonis cewek di Final Fantasy. Kali ini kamu akan memainkan Lightning, seorang cewek dingin yang sangat powerful. Dalam petualangannya Lighting akan ditemani beberapa teman-temannya. Game ini mencoba menggabungkan sistem lama dengan yang baru. Kamu nggak akan lagi menemukan random battle, namun gaya battle area yang terpisah dengan area utama tetap dipertahankan.

Final Fantasy PC

12. Final Fantasy XIV

Seri online kedua FF yang sampai sekarang masih banyak yang main. Square Enix baru saja merilis expansion pack FF XIV. Game yang dirilis tahun 2010 ini memiliki grafis yang bagus sehingga membuat kamu betah di depan layar.

Final Fantasy PC

13. Final Fantasy XV

Salah satu game FF yang menuai banyak kritikan adalah Final Fantasy XV. Hal ini karena cerita yang sangat pendek dan playable character yang jumlahnya sedikit. Walaupun dihujani banyak cacian, Final Fantasy PC satu ini masih banyak yang mencintai, bahkan laris di pasaran. Seri PC-nya dirilis dua tahun setelah perilisan versi konsolnya. Karena grafisnya bagus banget, FF XV PC membutuhkan spesifikasi yang tinggi.

Final Fantasy PC

14. Final Fantasy Type-0

Awalnya game ini dirilis di PSP, dan akhirnya Square Enix juga merilis game ini di PC. Mungkin karena pasar PC gaming meningkat drastis beberapa tahun belakangan ini. Game ini memiliki tema yang unik yakni sekolah. Secara gameplay game ini mirip dengan gameplay game-game RPG seperti Tales series yang bisa men-switch karakter.

Final Fantasy PC

Leave a Comment