Adu Kuat VGA AMD vs NVIDIA, Siapa Lebih Hebat ?

Berbicara tentang kartu grafis untuk PC, ada 2 merk VGA card yang paling populer yaitu AMD dan NVIDIA. Pada artikel ini, kami ingin membahas tentang performa VGA AMD vs NVIDIA, siapa yang lebih hebat ? Apa saja kelebihan dan kekurangan masing-masing kartu grafis ? Sebelum memutuskan apa merk kartu grafis yang mau kamu beli, silakan simak dulu perbandingan kinerja kartu grafis NVIDIA dan AMD berikut ini.

1. Harga VGA AMD vs NVIDIA

Dibanding NVIDIA, harga kartu grafis AMD lebih murah. Karena murah, kebanyakan PC dan laptop yang dijual dengan VGA AMD Radeon harganya relatif lebih terjangkau. Namun sayangnya, meskipun lebih murah namun PC dan laptop gaming dengan AMD Radeon kurang diminati karena kurang handal untuk dipake main game.

amd vs nvidia

Di sisi lain, harga kartu grafis NVIDIA lebih mahal dibanding AMD. Hal ini membuat PC dan laptop gaming dengan VGA NVIDIA harganya lebih mahal. Coba saja tengok harga laptop gaming saat ini yang harga rata-ratanya di atas 15 juta ke atas.

2. VGA NVIDIA Cocok untuk Gaming

Kartu grafis NVIDIA adalah VGA card yang paling cocok untuk gaming. Kartu grafis ini paling direkomendasikan untuk dipakai di laptop dan PC gaming. Selama ini NVIDIA lebih fokus menggarap produk untuk segmen gaming. Fitur-fitur yang ada di dalam kartu grafis NVIDIA juga lebih difokuskan untuk meningkatkan kualitas grafis, video, dan kemampuan dalam menampilkan konten 3D secara efektif dan efisien.

Read More  10 Game Online Terbaru Untuk PC dan Android (Terbaik 2020)

perbedaan vga amd vs nvidia

Di samping itu, banyak developer game dunia membuat dan mengembangkan game-nya dengan bantuan kartu grafis NVIDIA. Sehingga ketika kamu memainkan game dengan VGA NVIDIA, kualitas dan performa game akan mirip seperti apa yang dirancang oleh developer. Baru-baru ini, NVIDIA meluncurkan teknologi real time Ray Tracing yang bisa membuat visual, efek bayangan, dan pencahayaan pada objek 3D terlihat seperti aslinya di dunia nyata (silakan baca artikel Kelebihan VGA NVIDIA GeForce RTX).

3. VGA AMD Cocok untuk Multimedia

Berbeda dengan NVIDIA, kartu grafis AMD lebih cocok untuk dipakai oleh konten multimedia. Kalau kamu suka nonton film beresolusi Full HD atau 4K UHD, grafis ini cocok banget buat kamu. VGA AMD terbukti lebih handal dalam memutar video beresolusi tinggi. Fitur CUDA di dalamnya membuat VGA bisa memantau kinerja CPU saat memutar video high definition.

nvidia vs amd

Kebanyakan laptop atau PC desktop Apple seperti MacBook dan iMac menggunakan kartu grafis AMD Radeon. Ini karena PC besutan Apple tersebut biasanya digunakan untuk mengolah foto dan video. Kemampuan rendering 3D yang cepat membuat kamu bisa menyelesaikan tugas grafis lebih cepat.

4. Kelebihan & Kekurangan VGA AMD Radeon

Berikut ini SobatGame rangkum apa saja kelebihan dan kekurangan VGA AMD Radeon:

Kelebihan AMD Radeon

  • Lebih cocok untuk multimedia dan oleh konten digital
  • Dibekali Unified Video Decoder, putar video HD lebih mulus
  • Fitur Eyefinity, gabung 6 monitor untuk dapat gambar lebih luas
  • Konsumsi listrik lebih efisien
  • Harga lebih murah.

vga nvidia vs amd

Kekurangan AMD Radeon

  • Tidak cocok untuk gaming
  • Tidak mendukung Physx, sehingga grafis 3D tidak detail
  • Kualitas grafis game lebih rendah dibanding NVIDIA.
Read More  6 Game Anime Terbaik di 2020 untuk PC dan Hp Android

5. Kelebihan & Kekurangan VGA NVIDIA GeForce

Kelebihan NVIDIA GeForce

  • Lebih cocok untuk gaming
  • Banyak dipakai developer game dunia
  • Kualitas grafis di game lebih halus dan hidup
  • Didukung teknologi Ray Tracing secara real time (khusus RTX).

vga amd vs nvidia

Kekurangan NVIDIA GeForce

  • Harga lebih mahal
  • Kurang handal saat memutar video resolusi tinggi
  • Tidak mendukung teknologi UVD
  • Proses decoding video masih melibatkan prosesor
  • Konsumsi listrik boros.

Kesimpulan

Dalam menentukan siapa lebih hebat antara VGA AMD vs NVIDIA, terlebih dulu harus tentukan apa kebutuhannya. Jika kamu butuh VGA yang bagus untuk gaming, silakan pilih NVIDIA. Namun jika butuh PC yang handal untuk olah foto dan video, silakan pasang kartu grafis AMD. Hebat atau tidaknya kartu grafis tergantung dari kebutuhan kamu sendiri. Dan yang terpenting, sesuaikan dengan bujet supaya tidak terlalu memaksa membeli kartu grafis di luar kemampuan diri sendiri.

Leave a Comment