Review Game Digimon Story Cyber Sleuth Hacker’s Memory

Digimon Story Cyber Sleuth: Hacker’s Memory adalah versi lanjutan dari game Digimon Story Cyber Sleuth yang dirilis pada tahun 2015. Sejak edisi pertamanya, game ini mempertahankan gameplay dengan format RPG klasik turn-based. Game yang dikembangkan oleh Media.Vision ini jadi salah satu game terbaik dari Bandai Namco. Game ini bisa dimainkan di konsol Playstation 4 dan Nintendo Switch. Seperti apa review game ini ?

review digimon cyber sleuth hackers memory

Plot Cerita Digimon Story Cyber Sleuth: Hacker’s Memory

Game Digimon Story Cyber Sleuth versi Hacker’s Memory mengambil setting tempat di Shibuya, Jepang. Di masa depan, teknologi digital melekat ke kehidupan manusia. Kemajuan teknologi memungkinkan setiap orang bisa bersosialisasi melalui situs bernama EDEN. Di game ini, kamu akan berperan sebagai seorang remaja bernama Keisuke. Melalui EDEN, semua orang bisa memindahkan kesadarannya ke dalam dunia digital.

review game digimon cyber sleuth hackers memory

Keisuke adalah korban pencurian akun yang dilakukan oleh hacker. Keisuke tidak bisa membuat akun ID EDEN lagi karena apabila ada orang yang mengubah avatar dan sering berganti-ganti akun akan dianggap sebagai hacker. Keisuke pun akhirnya bergabung dalam sebuah grup hacker bernama The Huddie. Grup ini terdiri dari Erika Mishima, Ryuji Mishima, dan Imai Chitose.

game digimon hackers memory

Misi utama Keisuke adalah mencari hacker yang bertanggung jawab mencuri akun EDEN-nya. Akan tetapi, proses penyidikan di dunia maya bukan hal yang mudah. Ini karena para hacker memiliki senjata saat meretas dan melindungi diri mereka sendiri, yaitu Digimon. Di game ini, Digimon digunakan sebagai senjata hacker untuk melakukan aksi peretasan akun EDEN.

review digimon hackers memory

Saat menguak misteri, mereka dihadapkan kenyataan bahwa The Hudie akan berhadapan dengan Eaters. Eaters adalah entitas misterius yang bukan manusia dan bukan Digimon. Selain menghadapai Eaters, Keisuke juga merasa tertantang untuk menguak identitas sosok hacker bernama “K” yang konsisten membantunya untuk memberikan informasi pada Keisuke tentang kejahatan yang terjadi.

Gameplay Digimon Story: Hacker’s Memory

Sama seperti game RPG ala Jepang lainnya, Digimon Story Hacker’s Memory menyampaikan pesan dan cerita melalui dialog. Kamu akan dihadapi beberapa opsi pada dialog. Meskipun kamu asal-asalan memilih jalan cerita namun pada akhirnya ending cerita akan berakhir ke satu cerita.

review game digimon hackers memory

Jika Anda pernah mencicipi seri Digimon di era platform gaming masa lampau dan berharap menemuka sebuah game Digimon yang benar-benar meminta untuk memelihara dan memperkuat setiap Digimon yang Anda dapatkan layaknya binatang peliharaan, maka game yang satu ini bukan untuk Anda. Secara sederhana, kita bisa mengklasifikasikan Cyber Sleuth: Hacker’s Memory ini sebagai game JRPG klasik yang menjadikan Digimon-Digimon yang berhasil Anda dapatkan, sebagai pejuang di garis depan. Semua hal yang melekat pada JRPG klasik, dari sistem turn-based hingga skill yang mengandalkan SP misalnya, ditawarkan di sini.

game digimon cyber sleuth hackers memory

Gameplay game Digimon Hacker’s Memory mungkin terasa sedikit asing saat dimainkan. Turn Based RPG klasik ini membuatmu harus memanfaatkan Digimon yang berhasil didapat untuk jadi petarung di garis depan. Setiap Digimon terbagi ke dalam beberapa varian, yaitu Data, Vaccine, dan Virus. Vaccine bisa mengalahkan Virus, Virus mengalahkan Data, dan Data mengalahkan Vaccine. Semakin tinggi kelas Digimon semakin hebat juga skill Digimon yang kamu mainkan. Untuk lebih aman, disarankan untuk bawah 3 varian Digimon sekaligus.

digimon hackers memory

Ada 11 slot yang bisa diisi Digimon dan 3 sebagai party utama. Jumlah slot dibatasi oleh jumlah Memory yang dimiliki karakter. Selain 3 Digimon sebagai party utama, kamu bisa membawa Digimon cadangan di slot Reserve hingga 8 buah. Masing-masing Digimon tersebut akan mendapatkan experience points walaupun tidak ikut bertarung. Sistem Turn Based sepertinya tidak perlu dijelaskan lebih jauh. Kamu bisa melihat giliran bertempur di layar. Selain menyerang, menggunakan skill, dan bertahan, kamu bisa tukar tempat 3 party utama dengan Digimon di slot cadangan jika dibutuhkan. Namun ini akan mengobarbankan satu turn serangan.

Video Gameplay Digimon Hacker’s Memory

Kesimpulan Digimon Story Cyber Sleuth: Hacker’s Memory

Game Digimon Story Cyber Sleuth: Hacker’s Memory cukup jadi pengobat rindu para pecinta anime Digimon. Game ini memungkinkanmu bisa bermain bersama ratusan karakter Digimon populer. Proses Digivolve yang sederhana dan sistem pengembangan skill Digimon tidak terlalu ribet, relatif mudah dimainkan oleh siapa saja. Selain itu, detail karakter Digimon juga digambarkan mirip seperti aslinya di Anime. Cukup memuaskan dari segi gameplay dan visual.

Hanya saja, ada kekurangan game Digimon Story Cyber Sleuth: Hacker’s Memory yang masih begitu kerasa.  Yang membuat game ini terasa membosankan adalah misi game tidak terlalu menantang. Cerita game juga tidak solid dan terkesan bertele-tele. Kekurangan lain dari game ini adalah kamu tidak bisa fokus mengembangkan Digimon kesukaanmu, karena banyaknya karakter Digimon yang bisa dimainkan jadi memecah fokus. Baca: Game Nintendo Switch Terbaik 2019.

Leave a Comment