Kelebihan Kartu Grafis NVIDIA GeForce RTX Dibanding GTX

NVIDIA GeForce RTX adalah kartu grafis NVIDIA terbaru penerus seri GTX. Kartu grafis ini diluncurkan pertama kali pada 20 September 2018. Apa yang baru di NVIDIA RTX ? Kartu grafis terbaru ini dibuat dengan arsitektur Turing terbaru yang membuat grafis lebih hidup. NVIDIA mengklaim bahwa kartu grafis RTX punya kinerja yang efisien dan efektif dibanding kartu grafis terdahulu dengan arsitektur Pascal.

Mau tahu apa saja kelebihan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX terbaru ? Silakan simak pembahasannya berikut ini:

1. Menggunakan Teknologi Arsitektur Turing

Teknologi arsitektur Turing adalah teknologi GPU tercanggih yang pernah dibuat. Teknologi ini cocok untuk memanjakan visual bagi para gamer dan content creator. Selain itu, NVIDIA juga membenamkan teknologi AI dan pelacakan sinar untuk membuat efek gradasi bayangan lebih realistis di game. Menurut NVIDIA, pengembangan teknologi RTX adalah yang paling besar sejak mengembangkan teknologi CUDA.

kelebihan vga nvidia rtx

Menurut CEO NVIDIA Jensen Huang, kartu grafis Turing dapat melakukan rendering efek cahaya yang lebih cepat dibanding superkomputer DGX dengan 4 kartu grafis Volta. Prosesor Deep Learning yang terintegrasi di dalam NVIDIA RTX memungkinkan pengembang game dapat mengontrol efek Ray Tracing.

2. Punya Teknologi Ray Tracing

Sebelum pengembangan teknologi Ray Tracing, proses rendering cahaya dan bayangan pada objek grafis di game menggunakan proses rasterisasi. Teknologi rendering 3D konvensional ini menggunakan objek yang dibuat dari mesh segitiga antara piksel dalam bidang gambar dan mensimulasikan efek pertemuannya dengan objek virtual di dekatnya.

Read More  Rekomendasi 11 Toko Game Terbaik Di Indonesia (Online dan Offline)

kelebihan kartu grafis nvidia rtx

Berbeda dengan rasterisasi, Ray Tracing pada NVIDIA mampu menghasilkan gambar yang jauh lebih realistis. Ini dikarenakan proses simulasi perilaku fisik cahaya. Cahaya dapat memantul dari satu objek ke objek lainnya dan bisa melewati objek transparan atau semi transparan. Semua interaksi dari cahaya tersebut menghasilkan warna akhir yang membuat gambar jadi jauh lebih realistis.

Teknologi ray tracing awalnya banyak digunakan di industri film animasi saja. Namun kali ini, NVIDIA berani membawa teknologi tersebut ke dalam industri gaming. Kehadiran teknologi Ray Tracing jadi kunci kesuksesan NVIDIA dalam mendominasi pasar kartu grafis untuk gaming.

3. Kualitas Grafis NVIDIA GeForce RTX vs GTX

Sejak diluncurkan tahun 2018, banyak developer game yang mengembangkan game yang mendukung RTX. Tren teknologi ray tracing kelak akan menjadi standar baru dalam industri gaming. Teknologi ini membuat gambar visual di game lebih dramatis dan sempurna, seperti apa yang ada di dunia nyata. Nah, buat kamu yang belum tahu apa bedanya grafis ray tracing vs konvensional. Kamu bisa lihat hasilnya di video ini:

Pada video di atas, kamu bisa lihat kualitas grafis yang dihasilkan sangat bagus. Bahkan pantulan objek di benda seperti kaca, bodi mobil, dan air terlihat sama seperti aslinya di dunia nyata. Teknologi rendering cahaya secara real time inilah yang jadi standar baru grafis game di masa depan.

4. Performa NVIDIA GeForce RTX vs GTX

Kemampuan pelacakan cahaya atau rendering gambar pada NVIDIA RTX jauh lebih baik dibanding seri GTX. Klaim yang dirilis oleh NVIDIA secara mandiri menjelaskan bahwa kemampuan kartu grafis RTX terkuat yaitu RTX 2080 Ti 5 kali lebih baik dibanding NVIDIA GTX 1080 Ti. Dengan begini, kamu bisa memainkan game PC terbaru 2020 di setingan grafis terbaik dan super realistis kapanpun diinginkan.

Read More  Game MMORPG Terbaik dan Terpopuler 2020 Untuk PC dan Android

kelebihan nvidia rtx

5. Fitur Terbaru di NVIDIA GeForce RTX

Arsitektur Turing di NVIDIA GeForce RTX punya beberapa fitur baru, seperti:

  • RT Cores, komponen hardware dengan ray tracing khusus yang dapat melakukan pelacakan cahaya secara real time. RT Cores dengan cepat melacak cahaya dan menampilkan bayangan, refleksim dan iluminasi cahaya secara akurat
  • Tensor Cores, menghadirkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan ray tracing ke dalam grafis komputer. Kamu bisa nikmati pemrosesan AI untuk mempercepat performa game
  • Shading generasi terbaru, dengan VRS (Variable Rate Shading) yang fokus ke pemrosesan berkinerja tinggi dan kaya detail. Shading terbaru berikan pemrosesan objek yang lebih kompleks dalam satu adegan
  • Multitasking lebih baik, memungkinkan GPU Turing memproses komputasi beban tugas berat pada game terbaru dengan lebih efisien.

Nah itu dia 5 kelebihan NVIDIA GeForce RTX dibanding NVIDIA GTX. Berkat teknologi Ray Tracing, kartu grafis ini bisa melakukan rendering cahaya yang lebih sempurna secara real time. Pantulan cahaya, bayangan, dan iluminasi objek pada bidang objek 3D terlihat sama seperti di dunia nyata.

Leave a Comment