7 Tips Memilih Mouse Gaming Bagus Sesuai Game

Tips Memilih Mouse Gaming – Buat gamer, mouse adalah salah satu senjata penting. Selain berfungsi mengarahkan kursor dan input perintah, mouse gaming juga bisa membantu gamer menang lebih cepat. Apalagi buat para PC enthusiasts atau gamer profesional, memilih mouse gaming tidak boleh sembarangan. Mouse gaming harus disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis game yang dimainkan. Berikut ini tips memilih mouse gaming yang bagus sesuai jenis game yang dimainkan.

Perbedaan Mouse Gaming dan Mouse Biasa

Sebenarnya sah-sah saja kalau mau pakai mouse biasa untuk main game. Tapi perlu kamu tahu, bahwa mouse biasa kebanyakan hanya didesain untuk penggunaan sehari-hari dengan jumlah klik wajar. Sedangkan saat main game jumlah klik pada tombol jauh lebih banyak. Menggunakan mouse biasa untuk main game bisa bikin mouse cepat rusak. Oleh karena itu, kalau kamu mau mouse yang awet dan responnya cepat, lebih baik main pakai mouse gaming.

Mouse gaming punya daya tahan lebih tinggi dibanding mouse biasa. Selain itu, respon mouse juga lebih cepat sehingga ketika kamu menekan tombol atau menggerakan kursor, perintah tersebut bisa langsung dieksekusi lebih cepat oleh komputer. Kelebihan ini membuat harga mouse gaming lebih mahal dibanding mouse biasa.

Cara Memilih Mouse Gaming Sesuai Kebutuhan

Sebelum membeli mouse gaming, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Silakan ikuti tips berikut ini untuk membantumu memilih mouse gaming yang sesuai dengan kebutuhan.

1. Bentuk dan Ukuran Mouse

Desain mouse gaming sangat beragam. Memilih mouse dari segi desain sangat penting karena akan berpengaruh ke tingkat kenyamanan kamu selama bermain. Kalau punya mouse gaming bagus tapi tidak pas di tangan tentu akan bikin pegal. Oleh karena itu, pilih ukuran mouse sesuai besar telapak tangan kamu. Ukuran mouse yang pas dapat membantu meningkatkan refleks dan kecepatan tangan saat bergerak. Selain itu, mouse juga akan lebih mudah dicengkeram dan digerakan ke berbagai arah.

tips memilih mouse gaming mmorpg moba

Buat kamu yang kidal, lebih baik pilih desain atau bentuk mouse yang nyaman untuk digunakan di tangan kiri. Sebenarnya lebih enak pilih mouse dengan desain bodi simetris atau ambidextrous karena nyaman digunakan di tangan kanan atau kiri.

2. Perhatikan Sensitivitas (DPI) Mouse Gaming

Sensitivitas mouse dinilai dengan satuan DPI (dots per inch). Semakin tinggi angka sensitivitas mouse maka makin bagus. Rata-rata mouse gaming punya tombol khusus untuk mengubah nilai sensitivitas DPI. Biasanya, mouse gaming punya nilai sensitivitas minimal 1000 DPI. Semakin tinggi nilai DPI, semakin mudah main game di layar besar. Cukup gerakan mouse sedikit saja, kursor dapat bergerak lebih jauh dan cepat dari biasanya.

tips memilih mouse gaming yang benar

3. Jenis Sensor (Optik vs Laser)

Harga mouse gaming dengan sensor optik lebih murah dibanding mouse laser. Ini karena mouse laser jauh lebih canggih dibanding mouse optik. Selain itu, mouse laser juga memiliki tingkat DPI lebih tinggi dibanding mouse optik. Sebagai perbandingan, rata-rata mouse optik punya sensitivitas maksimal 8000 DPI, sedangkan mouse laser bisa mencapai 16000 DPI. Jadi kalau kamu biasa main di layar monitor besar, lebih baik pilih mouse gaming dengan sensor laser.

Alasan lain kenapa mouse laser lebih baik dibanding optik adalah karena sensor laser bisa digunakan di hampir semua jenis permukaan. Teknologi laser bisa memetakan posisi mouse secara akurat di atas permukaan licin atau mengkilat. Sedangkan, mouse optik hanya bisa dipakai di permukaan tertentu saja. Baca: Mouse Gaming Logitech Terbaik 2019.

4. Tombol yang Bisa Diprogram Ulang

Fitur satu ini wajib ada di semua mouse gaming. Sama seperti keyboard gaming, mouse gaming juga punya tombol tambahan yang bisa diprogram ulang untuk jadi shortcut ke menu tertentu. Tombol-tombol tersebut juga bisa kamu atur ulang fungsinya untuk mengeluarkan perintah tertentu saat bermain game. Dengan begini, kamu tidak perlu lagi menekan tombol keyboard atau keystroke yang justru akan memakan waktu lama.

tips memilih mouse gaming yang tepat

Tips Memilih Mouse Gaming Sesuai Game

Setelah mengetahui 4 tips dasar dalam memilih mouse gaming yang bagus sesuai kebutuhan, berikutnya adalah cara bagaimana memilih mouse gaming yang tepat sesuai jenis atau genre game. Setiap genre game punya ciri khasnya masing-masing. Ada game yang membutuhkan kecepatan tinggi, ada juga yang membutuhkan keakuratan. Berikut ini jenis mouse gaming yang tepat sesuai genre game.

1. Mouse Gaming untuk Game FPS

Game genre FPS (First Person Shooter) mengutamakan kecepatan dan akurasi. Oleh karena itu, untuk jenis game ini dibutuhkan mouse yang punya tingkat sensitivitas DPI tinggi supaya mouse bisa bergerak cepat dan DPI rendah supaya membidik musuh jadi lebih mudah dan presisi. Untuk itu, kamu butuh mouse yang setingan DPI-nya bisa diubah-ubah secara instan. Mouse dengan bobot ringan hingga sedang juga dibutuhkan karena supaya tangan tidak terlalu berat saat menggerakan mouse.

tips memilih mouse gaming fps

2. Mouse Gaming untuk MOBA dan MMORPG

MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) dan MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game) adalah dua genre game berbeda. Namun untuk urusan mouse, jenis yang digunakan adalah sama. Untuk memainkan game ini, disarankan untuk memilih mouse dengan bodi besar dan tombol tambahan yang banyak.

Jumlah tombol yang banyak bisa dimanfaatkan untuk shorcut mengeluarkan jurus andalan, spell, atau serangan berbeda ke musuh. Kemudian, bobot mouse yang berat berfungsi memberi kontrol yang baik dan mantap.

3. Mouse Gaming untuk Game Universal

Untuk memainkan game yang sifatnya universal tidak membutuhkan spesifikasi mouse khusus. Kamu bisa pakai mouse gaming standar asalkan nyaman di tangan. Game seperti RTS (Real Time Strategy), Racing, atau lain sebagainya masih tetap nyaman dimainkan dengan mouse standar. Jika ada yang perlu diperhatikan, mungkin hanya fitur DPI saja. Pastikan DPI mouse bisa diubah-ubah.

Nah itu dia tips memilih mouse gaming yang benar sesuai kebutuhan dan genre game yang dimainkan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment