5 Tips Memilih Monitor Gaming yang Bagus Sesuai Kebutuhan

Buat para PC enthusiast atau PC gamer, kamu harus tahu nih tips memilih monitor gaming yang tepat biar main game makin nyaman, seru, dan bebas gangguan. Monitor gaming berbeda dari monitor pada umumnya. Semua fitur dan spesifikasi monitor gaming disesuaikan agar bisa menayangkan adegan berkecepatan tinggi dengan mulus.

tips memilih monitor gaming yang benar

Bagi gamer, monitor bukan hanya alat untuk menampilkan gambar doang. Monitor juga bisa membantu kamu menang lebih cepat. Misalnya, buat kamu yang hobi main game FPS (First Person Shooter), kalau pakai monitor biasa kamu bakal susah nyari musuh yang sembunyi di dalam gelap atau membidik musuh dari jauh. Nah, sebelum salah pilih monitor, lebih baik kamu perhatiin tips memilih monitor yang benar berikut ini:

1. Memilih Monitor Gaming Beresolusi Tinggi

Resolusi adalah hal yang penting buat monitor gaming. Rata-rata monitor gaming sudah dibekali resolusi paling rendah Full HD atau 1080p. Ada juga monitor gaming yang punya resolusi UHD 4K. Untuk menentukan resolusi mana yang tepat, kamu harus sesuain sama game yang dimainin.

tips memilih monitor gaming sesuai resolusi

Misalnya kamu suka main game FPS, monitor dengan resolusi Full HD atau 1080p sudah sangat cukup. Monitor 1080p punya response time lebih cepat dan input lag lebih rendah sehingga cocok buat game yang butuh gerak refleks cepat dan ketelitian tinggi. Sedangkan, kalo kamu lebih suka main game RPG, monitor beresolusi Quad HD atau 1440p, atau bahkan UHD 4K adalah pilihan yang tepat. Resolusi yang lebih besar kasih kamu detail gambar lebih akurat. Namun perlu diingat, semakin tinggi resolusi, semakin besar ukuran layar monitornya.

2. Beli Monitor Gaming dengan Refresh Rate Tinggi

Refresh rate adalah salah satu fitur monitor yang harus diperhatikan sebelum membeli monitor gaming. Refresh rate adalah jumlah berapa kali layar melakukan refresh frame per detik. Pada umumnya, monitor PC biasa hanya dibekali refresh rate standar 60Hz. Ini artinya setiap detik monitor melakukan refresh frame sebanyak 60 kali.

tips memilih monitor gaming sesuai refresh rate

Kalau mau beli monitor gaming, disarankan cari monitor gaming yang punya refresh rate di atas 60Hz. Kenapa ? Karena kebanyakan game diisi oleh adegan berkecepatan tinggi. Dengan begini, dibutuhkan monitor yang mampu me-refresh gambar dengan cepat setiap detiknya. Disarankan untuk beli monitor dengan refresh rate 90Hz, 120Hz, 144Hz, atau 240Hz. Semakin tinggi refresh rate semakin bagus.

3. Cari Monitor Gaming dengan Response Time Rendah

Response time bisa dibilang sebagai waktu tanggap. Pengertian response time adalah waktu yang diberikan oleh layar untuk merespon dan menampilkan perintah yang diminta user ke komputer. Semakin singkat waktu response time semakin baik. Selain itu, semakin cepat response time dapat menghilangkan efek ghosting atau jejak pergerakan objek di layar yang dapat mengganggumu saat bermain.

Untuk ukuran monitor gaming, disarankan cari yang punya response time di bawah 5 ms. Saat ini juga sudah banyak monitor gaming yang punya response time super cepat, yaitu hanya 1 ms saja.

4. Pilih Jenis Panel Sesuai Kebutuhan

Ada dua jenis panel layar yang sering digunakan di monitor gaming. Pertama adalah TN Panel atau Twisted Nematic Panel dan yang kedua adalah IPS Panel atau In Plane Switching Panel. Monitor dengan panel TN harganya relatif lebih murah dibanding monitor berlayar IPS. Selain itu, monitor TN juga punya response time lebih cepat dan refresh rate lebih tinggi. Namun sayangnya, jenis panel ini kurang nyaman digunakan karena gambarnya tidak memiliki sudut pandang lebar. Artinya, jika kamu lihat monitor dari pinggir gambar akan terlihat buram, tidak jelas, dan warna kabur.

tips memilih monitor gaming dari jenis panel

Kebalikan dari layar TN, layar IPS punya sudut pandang lebar sehingga gambar akan terlihat sama baiknya meski dilihat dari berbagai arah. Lalu untuk response time dan refresh rate tidak beda jauh dengan monitor TN. Bahkan sekarang banyak ditemukan monitor IPS dengan refresh rate di atas 60Hz dan response time di bawah 5 ms. Namun sayangnya, kekurangan monitor IPS adalah harganya lebih mahal.

5. Tentukan Ukuran Monitor yang Tepat

Ukuran monitor menentukan prestasi. Tips memilih monitor gaming yang terakhir adalah sesuaikan ukuran monitor dengan game yang dimainkan dan luas ruangan. Layar monitor berukuran 24 inci hingga 27 inci sebenarnya sudah cukup untuk kamu yang hobi main game dengan pola refleks cepat seperti FPS. Tapi kalau kamu butuh monitor yang besar karena hobi main game RPG, silakan pilih monitor di atas 27 inci, asalkan luas ruangan cukup dan bujet memadai.

Leave a Comment