Perbedaan Refresh Rate 60 Hz & 144 Hz Pada Monitor Gaming

Saat membeli PC desktop atau laptop gaming, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Selain processor, GPU, RAM, dan storage, ada satu elemen yang tidak kalah penting yaitu monitor atau layar. Untuk mendapatkan kualitas gambar dan grafis yang halus, Sobat harus memilih Desktop atau laptop gaming yang punya refresh rate tinggi. Apa pengertian refresh rate ? Apa fungsi refresh rate untuk monitor gaming ?

Pengertian Refresh Rate

Refresh rate adalah kecepatan gambar yang di-refresh. Semakin tinggi nilai refresh rate artinya akan semakin banyak gambar atau frame yang di-render setiap detiknya. Tinggi rendahnya nilai refresh rate di monitor menentukan sehalus apa pergerakan objek grafik pada game yang kamu mainkan. Nilai refresh rate diukur dalam satuan frekuensi hertz (Hz) atau sama dengan 1000 kali per detik.

perbedaan refresh rate

Monitor standar saat ini memiliki refresh rate sebesar 60 Hz. Sedangkan monitor gaming kebanyakan dibekali refresh rate tinggi mulai dari 90 Hz, 144 Hz, hingga yang paling besar 240 Hz. Sebenarnya secara alami mata manusia tidak bisa membedakan nilai Hz di atas 60. Bahkan YouTube sekalipun hanya membatasi refresh rate maksimal di angka 60Hz saja. Namun buat kamu yang suka main game FPS, balapan, atau Action yang lebih banyak berisi adegan berkecepatan tinggi memang disarankan memilih refresh rate tinggi. Baca: Tips Memilih Monitor Gaming.

Apa Fungsi Refresh Rate pada Monitor Gaming ?

Karena pola penggunaan dan grafik yang ditayangkan lebih kompleks dan cepat, maka dari itu kebanyakan monitor gaming dibekali refresh rate tinggi di atas 60 Hz. Selain itu, nilai Hz tinggi juga berfungsi mengakomodir game-game yang punya grafik cepat dan terus menerus berubah dalam waktu singkat.

pengertian refresh rate

Menggunakan monitor biasa untuk main game tentu akan kurang memuaskan. Karena gambar akan terasa kurang responsif, ngelag, dan memperbesar kemungkinan kamu kalah. Berikut ini fungsi refresh rate tinggi untuk gaming:

  • Memperhalus gerakan objek game. Semakin banyak frame yang di-refresh tiap detik membuat gerakan objek lebih halus dan nyaman dipandang mata. Tampilan gambar keseluruhan juga akan lebih halus, tidak patah-patah, dan bisa mengurangi blur terutama saat menampilkan adegan action yang cepat.

refresh rate di monitor gaming

  • Mengurangi Screen Tearing. Screen tearing adalah peristiwa di mana frame rate yang dikirim dari GPU atau VGA jauh lebih tinggi dibanding refresh rate pada monitor. Karena terlalu banyak frame yang harus tayang di monitor dan terbatasnya fps pada monitor membuat setengah frame bercampur dengan frame gambar lainnya sehingga bisa merusak tampilan visual game yang kamu mainkan.

pengertian refresh rate rendah vs tinggi

  • Membuat Visual Lebih Responsif. Monitor dengan refresh rate 60Hz memiliki input lag hingga 16 ms. Input lag ini termasuk besar sehingga akan terasa kurang nyaman jika dipakai main game. Kalau mau nikmatin game yang lebih responsif, pilih refresh rate tinggi. Monitor 120 Hz punya input lag 8.3 ms sedangkan monitor 240 Hz punya input lag lebih cepat yaitu hanya 4 ms saja.

Perbedaan Refresh 60 Hz, 144 Hz, dan 240 Hz

Semakin tinggi nilainya, maka semakin bagus gambar yang disajikan dalam monitor. Sebenarnya jika kamu ingin menikmati game yang bebas jeda, membeli monitor 120 Hz atau 144 Hz saja sebenarnya sudah cukup. Kenapa ? Karena game dan konsol game yang beredar saat ini hanya membutuhkan refresh rate di kisaran 60 Hz atau 120 Hz saja.

pengertian refresh rate rendah dan tinggi

Jadi, kalau mau beli monitor 144 Hz sebenarnya sudah sangat cukup karena cocok untuk memainkan game kasual, RPG, FPS, dan balapan. Namun kalau kamu adalah seorang profesional gamer dan serius berkompetisi dalam game, disarankan untuk beli monitor 240 Hz. Nilai Hz sebesar itu sangat cocok untuk memainkan game FPS seperti CS:GO atau Fortnite.

Seperti terlihat di video di atas, gambar pada refresh rate rendah lebih patah-patah dibanding  monitor dengan refresh rate tinggi. Kalau gambarnya mulus pasti kamu makin betah main game lama-lama. Tapi kalau visual game patah-patah pasti bisa bikin kepala pusing.

Rekomendasi Monitor dengan Refresh Rate Tinggi

Jika kamu ingin mencari monitor refresh rate tinggi, silakan cek di link berikut ini >> Rekomendasi Monitor Gaming Terbaik dan Murah. Silakan pilih mana monitor yang paling kamu suka dari merk MSI, AOC, BenQ, LG hingga Acer. Namun yang perlu diingat sebelum beli monitor gaming adalah sesuaikan spesifikasinya dengan kebutuhan kamu. Jangan beli monitor yang asal mahal dan canggih saja, karena kalau semua fiturnya tidak terpakai akan sangat sia-sia.

Leave a Comment