Home » MSI GeForce RTX 3070 Gaming X Trio – Kencang!

MSI GeForce RTX 3070 Gaming X Trio – Kencang!

MSI GeForce RTX 3070 Gaming Trio

MSI GeForce RTX 3070 Gaming X Trio – Akhir tahun 2020, NVIDIA akhirnya melahirkan VGA card terbaru mereka yakni seri RTX 3000. Kartu grafis ini ditengarai memiliki performa beberapa kali lipat dibandingkan dengan seri sebelumnya, seri RTX 2000. Pada awal keluarnya seri RTX 3000, NVIDIA melahirkan 3 seri high-end-nya di antaranya; NVIDIA GeForce RTX 3070, 3080, dan juga 3090. Bagi kalian yang memiliki budget sekitar Rp 10 jutaan, kalian bisa mengambil seri RTX 3070 (namun per hari ini, harga naik hingga Rp 13 jutaan), untuk kalian yang memiliki budget lebih tinggi, kalian bisa mengambil RTX 3080, dan untuk kalian yang punya budget sekitaran Rp 20 jutaan, RTX 3090 itu untuk kalian.

MSI GeForce RTX 3070 Gaming Trio

MSI, sebagai salah satu vendor menghadirkan RTX 3070 dengan beberapa tipe dan salah satu tipe tertingginya adalah MSI GeForce RTX 3070 Gaming X Trio. Seri RTX 3070 dari MSI ini hadir dengan fitur-fitur seperti RGB dan juga clock lebih tinggi dibandingkan seri dibawahnya seperti Ventus. Selain itu, tampilannya juga lebih premium dibandingkan seri lain. Dari beberapa uji coba, seri RTX 3070 ini hadir dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan RTX 2080 Ti, namun memiliki performa yang jauh di atas.

Mungkin bagi sebagian orang yang baru membeli kartu grafis high-end seri RTX 2000 tersebut beberapa waktu sebelum rilisnya RTX 3070 cukup kecewa karena selain harganya lebih murah, performanya cukup mengungguli. Namun, bagi kalian yang ingin upgrade dan bertanya-tanya dalam kalbu apakah MSI GeForce RTX 3070 Gaming X Trio ini layak untuk dibeli, kalian bisa ikuti artikel Sobat Game satu ini karena kami akan membahas bagaimana performa dari VGA card ini. Ikuti kami hingga akhir!

Spesifikasi dan Desain MSI GeForce RTX 3070 Gaming X Trio

Kartu grafis terbaru dari NVIDIA dan MSI ini dirancang dengan arsitektur Ampere dan fabrikasi 8 nm. Sedangkan untuk kecepatan Boost Clock-nya, MSI GeForce RTX 3070 Gaming X Trio ini hadir dengan kecepatan 1752 Mhz. Kemudian untuk Memory Bus dan Memory Bandwidth Rating-nya, kartu grafis besutan MSI ini memiliki 256-bit dan juga 448 GB/s dan juga TDP 220W. Seri VGA card Gaming X Trio ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan versi Founder Editionnya. Hal ini dikarenakan kipas MSI Tri Frozr 2 dengan 3 fan. Kipas ini bisa memakan tempat bahkan hingga hampir 3 slot. Bagi kalian yang punya case yang ukurannya kecil, kalian agak susah menginstalasinya.

Baca Juga  Review Oppo K3: Hp Gaming Terbaru 3 Jutaan Berlayar OLED

MSI GeForce RTX 3070 Gaming Trio

Sepertinya sudah menjadi hal yang lumrah dan biasa apabila seri tertinggi sebuah VGA card dibekali dengan fitur RGB. Begitu juga dengan Gaming X Trio. VGA card kelas paling atas dari MSI ini dilengkapi dengan RGB yang bisa kalian kustomisasi melalui aplikasi MSI Mystic Light. Di bagian belakang produk satu ini terdapat backplate. Beberapa seri RTX 3000 kelas high-end, tidak menggunakan backplate karena seri ini memiliki suhu yang cukup tinggi, maka dari itu, tidak menggunakan backplate tertutup bukanlah ide yang bagus. Namun, MSI pada Gaming X Trio dengan berani menggunakan backplate. Namun, pada VGA card MSI ini terdapat konfigurasi decoupling capacitor. Konsumsi daya GPU ini cukup tinggi, sehingga Anda membutuhkan PSU minimal 650W untuk rekomendasi asupan dayanya.

Performa MSI GeForce RTX 3070 Gaming X Trio

Untuk performanya, kami cukup terkejut melihat hasilnya. Bagi kalian yang baru saja membeli RTX 2080 Ti, kalian mungkin akan merasa sedikit menyesal. Karena dari segi harga GPU ini tergolong lebih terjangkau dibandingkan pendahulunya tersebut. Namun, akhir-akhir ini GPU ini jumlahnya cukup langka karena lagi-lagi miner memborong GPU ini untuk kebutuhan menambang bitcoin. Alhasil harga dari GPU ini cukup naik secara signifikan.

Dalam pengujian gaming pada resolusi 4K, untuk beberapa game seperti Assassin’s Creed Odyseey yang masih menggunakan DX11 dan dengan setting high, GPU ini mampu mendapatkan 65 fps pada averagenya. Hasilnya pun lebih unggul sedikit dibandingkan RTX 2080 Ti FE. Selanjutnya untuk game dengan ray-tracing seperti Control di resolusi 4K, game ini mampu mendapatkan 36.8 fps. Fps sebesar itu cukup playable. Apabila diturunkan sedikit menjadi 2K atau 1440p kalian akan mendapatkan 73.1 fps.

Baca Juga  Review Asus ZenFone Max Pro M1, Spek Gaming Harga 1 Jutaan

Kesimpulan

GPU ini memiliki performa yang sangat baik apalagi untuk Anda yang ingin merasakan performa RTX. Bagi kami, GPU ini sangat unggul di resolusi 2K karena fps pada beberapa game bisa mencapai 60 fps ke atas. Namun, bagi yang ingin mendapatkan fps 60 ke atas dengan resolusi 4K, kami rasa VGA card ini belum optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *