Review Oppo K3: Hp Gaming Terbaru 3 Jutaan Berlayar OLED

Oppo K3 agak berbeda dari hp Oppo sebelumnya. Tidak seperti biasanya, hp Oppo kini punya performa tinggi, desain lumayan cakep, dan harga yang bisa dibilang terjangkau. Sebelumnya, kebanyakan hp Oppo dengan spesifikasi tinggi dijual dengan harga mahal. Hp ini rasanya pas banget buat kamu yang pengen rasain sensasi gaming mobile yang super lancar tanpa harus bikin kantong jebol. Seperti apa sih spesifikasi Oppo K3 ?

oppo k3

Spesifikasi Lengkap Oppo K3

Berikut ini spesifikasi lengkap hp gaming 3 jutaan Oppo K3.

  • Sistem Operasi: ColorOS 6, Android Pie 9
  • Processor: Qualcomm Snapdragon 710 Octa Core up to 2.2 GHz
  • RAM: 6GB
  • Memori Internal: 64 GB
  • Baterai: 3765 mAh
  • Layar: AMOLED 6.5 inci, Full HD+ 2340 x 1080 piksel
  • Kamera Depan: 16MP F2.0
  • Kamera Belakang: 16MP F1.7 + 2MP F2.4 Depth Sensor
  • Konektivitas Nirkabel: WLAN 802.11ac 2.4 GHz/5 GHz, Bluetooth 5.0
  • Port: USB Type-C 2.0.

Performa dan Skor AnTuTu Oppo K3

Dari segi spesifikasi, hp Oppo K3 hampir mirip seperti Realme X. Hp ini ditenagai processor Snapdragon 710 Octa Core dengan kecepatan clock 2.2 GHz. Kemudian, untuk membantu processor, hp ini dibekali RAM 6GB LPDDR4x Dual Channel. Kemudian untuk storage yang digunakan sudah menggunakan teknologi UFS 2.1 High Speed Flash Memory. Kecepatan baca dan tulisnya lebih kencang, sehingga berefek untuk membuat hp lebih lancar saat main game.

review oppo k3 gaming

Berapa skor AnTuTu Oppo K3 ? Setelah dites, hp ini bisa memperoleh skor 171577. Hasil perolehan skornya, masih di atas Realme 3 Pro yang juga sama-sama menggunakan processor Snapdragon 710. Tapi sayangnya, performa hp ini masih sedikit lebih rendah dibanding Vivo Z1 Pro yang dijual di rentang harga yang tidak jauh berbeda.

Kapasitas RAM dan Memori

Oppo K3 hanya tersedia dalam satu varian memori yaitu, RAM 6GB dan memori internal (ROM) 64 GB. Rasanya agak terasa janggal dengan kombinasi memori hp ini. RAM yang terbilang sangat besar hanya ditemani memori internal yang bisa dibilang standar untuk tahun ini. Sedangkan di sisi lain, banyak hp Android gaming harga 3 jutaan lain yang sudah memiliki kapasitas memori internal 128 GB. Apalagi, tidak ada slot memori eksternal di hp ini. Praktis, memori internal jadi kekurangan besar pada Oppo K3.

review oppo k3

Baterai dan Fitur VOOC 3.0

Oppo K3 hanya dibekali baterai berkapasitas 3765 mAh. Kapasitasnya memang tidak bisa dibilang besar untuk kelas hp gaming. Akan lebih baik jika hp ini setidaknya punya baterai di atas 4000 mAh. Teknologi VOOC Flash Charge 3.0 disediakan di hp ini. Fungsinya untuk mengecas baterai lebih cepat. Oppo mengklaim, kecepatan untuk charge baterai bisa 25% lebih cepat. Memang untuk ukuran baterai 3700 mAh seharusnya tidak butuh waktu lama untuk mengisi baterainya sampai penuh.

Layar AMOLED Bikin Gaming Lebih Puas

Dari segi visual, hp gaming 3 jutaan ini cukup membanggakan. Layar berjenis AMOLED seluas 6.5  inci dan resolusi Full HD+ bikin gaming makin puas. Layarnya tajam dan kualitas warnanya tidak terlalu menyiksa mata, terlebih untuk penggunaan dalam waktu panjang. Karena hp ini mengusung konsep kamera depan pop up, jadi kamu gak bakal nemuin poni menggangu di layar. Rasio layar ke bodinya mencapai 91.1% dan sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 5 supaya lebih kuat.

Fitur Menarik Lainnya

Bukan cuma visualnya yang bagus, Oppo K3 juga sudah dipersenjatai audio berteknologi Dolby Atmos. Audionya yang berkualitas sinematik dengan efek 3D, mampu menghidupkan suasana gaming. Selain itu, hp ini juga punya fitur Game Boost 2.0. Di dalam fitur ini terdapat Frame Boost yang berfungsi memperhalus tampilan grafis game, terutama saat menampilkan adegan action berkecepatan tinggi. Frame Boost cukup efektif untuk menjaga frame rate tetap stabil. Kemudian, ada juga Touch Boost yang berfungsi meningkatkan respon sentuhan pada layar.

Video Oppo K3 Gaming Test

Harga Oppo K3 Terbaru

Berapa harga hp gaming Oppo seri K3 ? Hp ini dijual dengan harga perdana Rp 3.599.000. Masih terbilang cukup terjangkau, mengingat spesifikasi yang dimilikinya seperti Snapdragon 710, layar AMOLED, dan desain layar full tanpa poni. Sayangnya masih ada kekurangan lain yang membuatnya cukup sulit bersaing dengan hp gaming harga 3 jutaan lain seperti Realme X dan Vivo Z1 Pro.

Leave a Comment