Adu Kuat Mediatek vs Snapdragon, Siapa Lebih Hebat ?

Adu hebat Mediatek vs Snapdragon, siapa lebih hebat ? Berbicara tentang hp Android, khususnya hp gaming ada dua merk processor hp yang paling banyak digunakan yaitu Mediatek dan Snapdragon. Kedua merk processor hp terbaik untuk Android ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Perbedaan mencolok dari keduanya adalah dari segi harga, di mana harga processor Mediatek lebih murah dibanding Snapdragon. Inilah yang membuat harga hp Android dengan Mediatek lebih murah daripada hp dengan Snapdragon.

Pangsa Pasar Mediatek vs Snapdragon

Untuk pangsa pasarnya sendiri, Snapdragon ada di posisi puncak. Sementara itu, Mediatek ada di posisi ketiga setelah chipset buatan Apple. Kenapa pangsa pasar Snapdragon lebih besar ? Jawabannya karena Snapdragon punya banyak varian processor untuk hp kelas low end, mid range, hingga high end. Sedangkan, Mediatek hanya fokus ke satu segmen saja yaitu mid range. Buat kamu yang lagi cari perbandingan Mediatek vs Snapdragon, berikut ini Sobat Game bakal ulas apa saja kelebihan dan kekurangan masing-masing processor tersebut.

Sejarah dan Produk Unggulan Mediatek

Mediatek adalah perusahan manufaktur asal Taiwan yang memproduksi berbagai produk semikonduktor dengan harga terjangkau. Perusahaan yang didirikan pada 28 Mei 1997 oleh Tsai Ming Kai ini punya perkembangan cukup pesat khususnya pada produk processor untuk hp Android. Dibanding Snapdragon, harga processor Mediatek lebih murah sehingga akhirnya berdampak ke harga hp yang juga akan lebih murah dibanding hp Android dengan Snapdragon.

mediatek vs snapdragon processor hp

Karena sempat kalah saing dengan Snapdragon, pada Juli 2018 akhirnya Mediatek secara resmi mengumukan bahwa mereka hanya akan fokus ke satu segmen, yaitu segmen menengah. Produk unggulan Mediatek di segmen ini diberi nama seri Mediatek Helio P series. Processor seri Helio P unggulannya adalah Helio P90 dan Helio P70.

Mediatek Helio P90 dibekali 8 buah core dengan kecepatan hingga 2.2 GHz. Semua core diletakan dalam satu cluster dan terbagi menjadi 2 CPU yaitu 2 Cortex A75 berkecepatan tinggi dan 6 Cortex A55 yang punya efisiensi daya tinggi. Sementara itu, Mediatek Helio P70 adalah processor kelas menengah yang memiliki 8 buah core dengan kecepatan clock hingga 2.1 GHz. Processor ini masih menggunakan CPU Cortex A53 dan Cortex A73 lawas.

Sejarah dan Produk Unggulan Snapdragon

Snapdragon adalah anak perusahaan Qualcomm yang didirikan pertama kali pada tahun 2007. Snapdragon sendiri diciptakan setelah sebelumnya Qualcomm bereksperimen menciptakan processor bernama Scorpion yang sayangnya tidak terlalu diminati oleh pasar. Harga processor Snapdragon lebih mahal dibanding Mediatek karena biaya produksi processornya juga lebih mahal. Hal ini kemudian berdampak ke harga hp Android yang juga ikut lebih mahal.

mediatek vs snapdragon processor android

Berbeda dengan Mediatek yang hanya fokus ke satu segmen, Snapdragon fokus ke banyak segmen mulai dari low end hingga high end. Untuk kelas low end, Snapdragon punya processor seri 400. Lalu untuk kelas menengah hingga menengah atas Snapdragon mengandalkan processor seri 600 dan 700. Kemudian, untuk kelas high end, gaming, atau premium Snapdragon punya processor seri 800.

Produk unggulan Snapdragon untuk kelas low end adalah Snapdragon 450 yang punya 8 Core Cortex A53 dengan kecepatan clock hingga 1.8 GHz. Sementara itu, untuk kelas menengah ada Snapdragon 675 terbaru yang dibekali CPU Kryo 460 hasil modif dari Cortex A56 dan A76. Dengan kecepatan clock hingga 2.0 GHz, performa CPU ini sudah mampu mengungguli pendahulunya (Snapdragon 660).

Kemudian untuk segmen premium ada Snapdragon 855 yang performanya tidak bisa disaingi oleh processor manapun, kecuali pendahulunya sendiri (Snapdragon 845) dan chipset kelas premium lain seperti Exynos 9820 dan Chip A12 Bionic Apple.

Performa Snapdragon vs Mediatek

Untuk melihat mana processor yang bagus untuk gaming, mari bandingkan masing-masing dua processor dari Mediatek dan Snapdragon yang paling sering dipakai di hp Android gaming.

Mediatek Helio P70 vs Snapdragon 675

Mediatek Helio P70 sudah dipakai di beberapa hp Android terbaru, seperti: Oppo F11 Pro dan Realme U1. Di sisi lain, Snapdragon 675 dipakai di beberapa model hp terbaru 2019 seperti Vivo V15 Pro dan Samsung Galaxy A70. Menurut klaim Mediatek, Helio P70 sudah dibekali fitur kecerdasan buatan (AI) yang lebih baik dan mampu meningkatkan kualitas foto kamera.

Di sisi lain, Snapdragon 675 adalah hasil pengembangan dari pendahulunya (Snapdragon 660) yang kini sudah menggunakan CPU Kryo hasil modifikasi Cortex ARM terbaru. CPU Kryo hasil modifikasi ini mampu tingkatkan performa processor untuk gaming hingga 20%. Lalu siapa yang hebat antara Snapdragon vs Mediatek ?

skor antutu mediatek vs snapdragon

Berdasarkan skor AnTuTu, Oppo F11 Pro dengan Mediatek Helio P70 hasilkan skor 150,218. Sedangkan Realme U1 dengan processor yang sama bisa meraih skor 144,436. Lalu bagaimana dengan Snapdragon 675 ? Vivo V15 Pro dengan Snapdragon 675 mampu meraih skor AnTuTu 180,774.

Lalu untuk Samsung Galaxy A70 dengan processor yang sama bisa meraih skor AnTuTu 167,750. Dilihat dari rata-rata skor, memang Snapdragon lebih unggul dibanding Mediatek, khususnya untuk gaming.

Mediatek Helio P90 vs Snapdragon 855

Mediatek Helio P90 adalah varian teratas dari processor Mediatek seri Helio. Processor yang diklaim paling kencang ini ternyata hanya mampu mencetak skor AnTuTu 162,861. Hasil skornya tidak lebih besar dibanding Snapdragon 675. Bahkan saat ditandingkan dengan Snapdragon 730 di Samsung Galaxy A80 tetap tidak bisa bersaing (AnTuTu 207,502).

skor antutu snapdragon vs mediatek

Untuk kelas premium atau high end, processor Mediatek memang harus mengakui keunggulan Snapdragon. Bahkan untuk menyaingi Snapdragon 855 yang rata-rata punya skor AnTuTu di angka 360,000-an Mediatek sudah kalah jauh. Jika dibandingkan, hasil skor AnTuTu Snapdragon 855 sendiri bisa dua kali lipat lebih tinggi dibanding Mediatek Helio P90 dan P70.

Kesimpulan

Skor AnTuTu memang bukan satu-satunya patokan untuk menilai bagus atau tidaknya processor. Namun melalui AnTuTu, kita bisa mengetahui secara cepat dan mudah processor mana yang paling bagus untuk gaming. Dari segi performa, processor Snapdragon lebih cocok untuk gaming. Alasannya karena skor AnTuTu rata-rata lebih tinggi dibanding Mediatek. Namun sayangnya ada beberapa kekurangan Snapdragon yaitu harganya relatif lebih mahal dan membutuhkan RAM besar supaya bisa bekerja optimal.

Leave a Comment