Review MSI Alpha 15: Laptop Terjangkau Tak Sampai Rp 15 Juta

Bagi para fanboy kubu merah, kalian bisa bersenang hati karena MSI Alpha 15 sudah hadir di pasaran. Tak hanya itu saja, laptop gaming besutan MSI ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Inilah salah satu kelebihan AMD yakni mampu memiliki performa yang nyaman untuk bermain game. Bagi sebagian orang, produk-produk keluaran Intel dan NVIDIA harganya cukup overprice, maka dari itu AMD yang bisa dijadikan pilihan.

MSI Alpha 15

Meski secara teknologi produk VGA card-nya secara teknologi masih agak tertinggal dibandingkan dengan teknologi NVIDIA. Bagi para gamers yang tidak mau memusingkan fitur-fitur seperti HairWorks atau pun Physx, produk-produk AMD sangat bisa dijadikan alternatif. Kembali pada MSI Alpha 15, laptop gaming ini dibekali dengan prosesor AMD Ryzen 7-3750H dan VGA AMD Radeon RX5500M. Bagi kalian yang tertarik ingin membeli laptop gaming dari MSI ini, kalian bisa ikuti artikel ini hingga akhir.

Harga MSI Alpha 15 Terbaru

Laptop MSI Alpha 15 ini hadir dengan spesifikasi yang didukung oleh AMD. Ada 2 varian yang bisa kalian pilih, di antaranya MSI Alpha 15 dengan VGA AMD Radeon RX5500M dengan layar 144 Hz yang dibanderol dengan harga Rp 14,999,000 dan yang satu lagi dengan VGA AMD Radeon RX5300 dengan layar 120 Hz yang dibanderol dengan harga Rp 12,999,000. Sudah pasti varian yang didukung oleh Radeon RX5500M lebih unggul dari segi performa gamingnya.

Spesifikasi MSI Alpha 15

  • Ukuran: 357.7 x 248 x 27.5 mm
  • Berat: 2.3 kg
  • Prosesor: AMD Ryzen 7 3750H with Radeon RX Vega 10, Clock up to 4.0 GHz
  • RAM: 8GB DDR4 (2666 MHz)
  • Kapasitas Storage: SSD 512 GB NVMe PCIe
  • Kartu Grafis: Radeon RX 5500M 4GB GDDR6/Radeon RX 5300M 3GB GDDR6
  • Layar: IPS LCD, 15.6 Inci Full HD 1920 x 1080 piksel
  • Audio: 2x 2W Speaker
  • Keyboard: Backlight Keyboard (Single Color)
  • Ports: 1x USB Type C, 3x USB Type A, RJ45 LAN, HDMI (4K @60Hz), Mini-Display Port
  • Baterai: 6-cell Li-Ion Battery 51 Whr.
Read More  Review Asus ZenFone Max Pro M1, Spek Gaming Harga 1 Jutaan

Performa Kencang dari Kubu Merah

Banyak laptop gaming yang muncul di pasaran akhir-akhir ini didominasi oleh CPU dari Intel dan GPU dari NVIDIA. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa kombinasi dari kedua brand tersebut membuat harga laptop cenderung tinggi. Sebagai alternatif gamers yang budgetnya agak terbatas, MSI kini menawarkan laptop yang didukung oleh AMD, yaitu MSI Alpha 15. Laptop gaming dari MSI ini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 7 3750H yang memiliki 4 core dan 8 thread. Selain itu, CPU ini juga dilengkapi dengan chip grafis terintegrasi bernama Radeon RX Vega 10. Akan tetapi, karena integrated GPU secara performa tidak mendukung kebutuhan gaming hari ini, MSI membekalinya dengan AMD Radeon RX5500. GPU ini hadir dengan fabrikasi 7 nm yang membuatnya memiliki konsumsi daya lebih hemat, namun performanya tetap tinggi.

Kemudian, kembali ke CPU-nya, AMD Ryzen 7 3750H ini mampu berjalan di kecepatan clock tertinggi hingga 4.0 GHz. Meskipun CPU ini keluaran awal tahun lalu, secara performa sangat bisa diandalkan. Hal ini karena processor besutan ini memiliki nilai performa 8% lebih kencang dibandingkan generasi sebelumnya. Untuk laptop di bawah Rp 15 juta, kalian bisa menikmati performa gaming yang sangat memuaskan.

Sistem Pendingin Mengagumkan: Cooler Boost 5

Bukan laptop gaming namanya apabila sistem pendinginnya bukan yang dirancang dengan sedemikian rupa. Laptop gaming besutan MSI ini dibekali dengan sistem pendingin bernama Cooler Boost 5. Sistem pendingin ini hadir dengan sepasang kipas Whirlwind dan modul thermal ganda yang mampu menghasilkan aliran udara yang baik dan mampu membuang suhu panas yang ada pada CPU maupun GPU. Dengan teknologi ini, kalian masih bisa tenang apabila ingin menikmati sesi gaming kalian dengan waktu yang lebih lama.

Read More  Review Realme 3 Pro: Hp Gaming Terbaru di Harga 2 Jutaan

MSI Alpha 15

Layar Resolusi 1080p dengan Refresh Rate 120 Hz/144 Hz

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh laptop besutan MSI ini adalah layar yang mengusung refresh rate 144 Hz atau 120 Hz. Sebagai laptop di bawah 15 jutaan, fitur ini sudah sangat cukup. Refresh rate tinggi akan membuat visual game yang kalian mainkan menjadi lebih mulus. Gerakan dan respon menjadi lebih cepat, terlebih ketika kalian memainkan game FPS atau action seperti CS: GO atau sejenisnya.

Kelebihan dan Kekurangan MSI Alpha 15

Berikut ini kelebihan dan kekurangan yang di miliki MSI Alpha 15.

Kelebihan MSI Alpha 15

  • Dibekali chip grafis AMD Radeon RX5500 yang performanya bisa disetarakan dengan RTX 2060
  • Layar Full HD dengan refresh rate tinggi
  • Harga sangat terjangkau.

Kekurangan MSI Alpha 15

  • Single backlight keyboard di varian A3DC.

Kesimpulan

Bagi banyak orang, laptop gaming pada umumnya itu harganya sangat mahal. Bahkan ada yang mencapai harga Rp 30 jutaan. Namun, bermain game dengan nyaman itu hak semua orang. Maka dari itu ada alternatif untuk para gamers dengan budget mepet yakni MSI Alpha 15. Selain itu, performa yang ditawarkan pun bisa bersaing. Cukup dengan Rp 14 jutaan kalian bisa bermain game dengan lebih lancar.

Leave a Comment