Home » Review ASUS ROG Phone 3 – Memang Paling Cocok Untuk Gaming

Review ASUS ROG Phone 3 – Memang Paling Cocok Untuk Gaming

ASUS ROG Phone

Belum sebulan lalu, ASUS ROG Phone 3 dirilis. Padahal, ROG Phone 2 baru dirilis belum setahun lalu. Perilisan ASUS ROG Phone 3 tentu bukan tanpa alasan. Kompetitor-kompetitor ASUS kini sudah menggempur hp flagship dengan Snapdragon 865, maka dari itu, ASUS tidak mau ketinggalan untuk merilis smartphone flagship terbarunya. Generasi ketiga dari ROG Phone ini bahkan dibekali dengan Snapdragon 865+ yang mana merupakan seri tertinggi dan terkencang dari chipset high-end tersebut.

ASUS ROG Phone

Dan seri ROG ini, nggak hanya dianggap sebagai seri gaming, namun juga seri ponsel flagship. Untuk ROG Phone 3 ini, ASUS nggak hanya menghadirkan spesifikasi yang lebih tinggi, namun juga fitur dan teknologi baru. Selain itu, ASUS juga menyematkan baterai berkapasitas besar yakni mencapai 6000 mAh dan juga kamera resolusi tinggi (64 MP) dengan sensor Sony IMX686. Ditambah lagi, sebagai hp gaming, ROG Phone 3 menggunakan sistem pendingin baru yang lebih canggih dibandingkan generasi sebelumnya. Apabila kalian penasaran dengan ponsel gaming dari ASUS ini, kalian bisa mengikuti artikel yang mengulas ROG Phone 3 ini hingga akhir.

Harga ASUS ROG Phone 3

Melihat spesifikasi dan performanya, ASUS ROG Phone bisa dianggap sebagai konsol gaming atau konsol handheld yang serbaguna. Mungkin bisa disandingkan dengan Nintendo Switch. Sebagai hp gaming dan hp flagship tentu chipset yang digunakan harus yang tertinggi. Itu yang memang sudah menjadi standar standar dari ponsel gaming.

Baca Juga  Review Asus ROG Zephyrus S GX502, Laptop Gaming Terbaru 2019

ASUS ROG Phone 3

Untuk kapasitas memori RAM dan ROM-nya, smartphone gaming satu ini dibekali dengan RAM sebesar 16 GB dan 512 GB untuk memori internalnya. Secara kapasitas memori internalnya, generasi pendahulunya memiliki kapasitas memori 2 kali lipatnya yakni mencapai 1 TB. Bagi kalian yang tertarik dengan smartphone gaming ini, kalian bisa merogoh kocek sebesar Rp 18,600,000. Tentu hp gaming satu ini sudah siap untuk disandingkan dengan hp flagship seperti Samsung Galaxy S20 Ultra.

Spesifikasi ASUS ROG Phone 3

Berikut spesifikasi lengkap hp ASUS ROG Phone 3

Processor Qualcomm Snapdragon 865+
RAM 8GB RAM, 12GB RAM, 16GB RAM
Memori Internal 128GB, 256GB, 512GB
Memori Eksternal 128 GB, 256 GB
Kamera Depan 24 MP, f/2.0, 27mm (wide), 0.9µm
Kamera Belakang 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.72″, 0.8µm, PDAF
13 MP, f/2.4, 125˚, 11mm (ultrawide)
5 MP, f/2.0, (macro)
Format Video [email protected], [email protected]/60/120fps, [email protected]/60/240fps, [email protected]; gyro-EIS
Layar AMOLED LED, 6.59 inch FHD+ 2340 x 1080 piksel
Dimensi 171 x 78 x 9.9 mm
Berat 240 g
Baterai 6000 mAh
WiFi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.1
NFC Yes
GPS GPS, AGPS, GLONASS, BDS, QZSS
Audio Jack No
Port Two (side 3.1, bottom 2.0) Type-C 1.0 reversible connector; accessory connector

Desain dan Ukuran Layar

Sebagaimana hp gaming lainnya, ASUS ROG Phone 3 tentu hadir dengan tampilan khas seperti layaknya hp gaming pada umumnya. Dengan siluet robotik dan futuristik, ROG Phone 3 tentu ingin memamerkan performa kencang yang diliputi dengan teknologi dan fitur canggih. Selain itu, untuk layarnya, smartphone gaming ini sudah mengusung panel AMOLED dengan resolusi FHD+ yang memungkinkan kalian mendapatkan visual yang tajam dan enak dipandang. Nggak hanya itu saja, bermain game tentu akan lebih lengkap dengan display yang memiliki refresh rate tinggi. Maka dari itu, layar pada ROG Phone 3 hadir dengan refresh rate 144 Hz yang membuat grafik dari game yang kalian mainkan menjadi lebih mulus.

Baca Juga  Laptop Gaming Asus F560UD, Harga Murah Dibawah 10 Juta

ASUS ROG Phone 3

Spesifikasi Kamera ASUS ROG Phone 3

ASUS ROG Phone 3 sepertinya nggak hanya ingin menyandang status sebagai smartphone gaming, namun juga hp flagship, maka dari itu, nggak hanya performanya yang kencang, namun kameranya juga nggak kalah canggih. ROG Phone 3 dibekali dengan tiga buah kamera belakang yang kamera utamanya memiliki resolusi 64 MP yang disertai dengan sensor Sony IMX686. Kamera utama tersebut dibantu oleh dua buah kamera 13 MP untuk ultrawide dan juga 5 MP kamera makro yang akan mampu menghasilkan hasil foto yang jernih dan tajam. Begitu juga dengan kamera depannya yaitu dengan resolusi 24 MP.

Performa Gaming dengan Teknologi yang Lebih Ditingkatkan

Departemen hardware pada ROG Phone 3, ditenagai dengan chipset Snapdragon 865+ yang mana merupakan chipset tertinggi dari chipset high-end ini. Chipset ini hadir dengan CPU octa-core dengan sebuah core dengan kecepatan clock 3.1 GHz, 3 core 2.42 GHz, dan 4 buah core dengan clock speed 1.8 GHz dan dirancang dengan fabrikasi 7 nm. Melihat clock speed-nya tentu chipset ini memiliki performa yang sangat powerful. Hp gaming ini hadir dengan beragam opsi kapasitas RAM dan juga memori internal. Namun, yang tertinggi adalah versi 16 GB RAM dan juga 512 GB memori internal. Apabila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, kapastias memori internalnya hanya separuhnya, namun generasi terbaru ROG Phone ini memiliki RAM yang lebih besar dibandingkan generasi kedua.

Sistem Pendingin Komprehensif GAMECOOL 3

Karena hp gaming ini memang dipersiapkan untuk sesi gaming lama, sudah pasti harus dilengkapi dengan sistem pendingin yang canggih. Maka dari itu, ASUS menggunakan sistem pendingin bernama GAMECOOL 3 yang memiliki heatsink 6x lebih besar dari generasi pendahulunya. Pelepasan panas pada hp ini juga semakin meningkat berkat ukuran heatsink yang lebih besar ini. Nggak hanya itu saja, sistem pendingin ini juga dilengkapi dengan kipas pendingin bernama AeroActive Cooler 3 yang dilengkapi dengan kickstand yang menawarkan performa 40% lebih baik dibandingkan dengan sistem pendingin ROG Phone II.

Baca Juga  Review Laptop Gaming Gigabyte AERO 15: Laptop Ringkas ala “Sultan”

Kelebihan dan Kekurangan ASUS ROG Phone 3

Berikut kelebihan dan kekurangan hp ASUS ROG Phone 3

Kelebihan Hp ASUS ROG Phone 3

  • Chipset paling powerful di tahun ini
  • Memori internal berkapasitas besar
  • RAM besar
  • Layar AMOLED dengan refresh rate 144 Hz
  • Sistem pendingin GAMECOOL 3
  • Kapasitas baterai besar dan daya tahan lama
  • AirTrigger yang sangat responsif.

Kekurangan Hp ASUS ROG Phone 3

  • Tidak ada slot memori eksternal
  • Spesifikasi kamera yang kalah dengan pesaingnya
  • Tidak ada port jack 3.5 mm
  • Harga mahal.

Kesimpulan

Smartphone satu ini ditengarai sebagai smartphone yang dapat menjadi perangkat gaming alternatif konsol handheld. Apalagi dengan chipset yang disematkan pada smartphone ini yang mana merupakan chipset terkencang di tahun ini. Banyak fitur juga yang ditawarkan seperti refresh rate 144 Hz yang mampu memberikan visual yang mulus. Akan tetapi, hp gaming ini bukannya tanpa kekurangan. Kamu nggak akan menemukan port jack 3.5 mm pada smartphone ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *