Review ASUS ROG Phone 3 – Performa Kencang Nan Ciamik

ASUS ROG Phone 3 baru saja dirilis beberapa belakangan ini. Sepertinya ASUS sudah sangat serius untuk menggarap smartphone flagship yang menyasar ke segmen gamers. Buktinya, sejak awal perilisan ASUS ROG Phone pertama, tak cuma animonya yang besar, namun kepuasan dari penggunanya juga menjadikan smartphone gaming ASUS ini tetap menjadi unggulan bagi para gamers. Selain itu, tak hanya performanya saja yang unggul, namun juga logo mata memicing yang ikonik itu adalah salah satu citra yang membuat para gamers menjadi semakin bangga memilikinya.

ASUS ROG Phone

Untuk spesifikasinya, brand elektronik asal Taiwan ini tak main-main. Tersematkan chipset Qualcomm Snapdragon 865 Plus yang sudah tentu kencang performanya. Lantas, setelah kita tahu isi jeroan yang dimiliki oleh ASUS ROG Phone 3, apakah tidak perlu menilik performa yang ditawarkan? Nah, apabila kalian masih penasaran, Sobat Game akan memberikan sedikit ulasan tentang ROG Phone 3 ini. Yuk ikuti!

Desain dan Layar ASUS ROG Phone 3

Bukan produk gaming namanya apabila bentukannya tidak robotik dan juga futuristik. Apalagi semenjak popularitas ASUS ROG yang semakin menanjak semenjak beberapa tahun lalu, produk gaming harus memiliki diferensiasinya sendiri. ROG Phone 3 memiliki desain yang mirip-mirip dengan versi pendahulunya, namun tentu ada beberapa perbedaan di siluetnya. Logo mata ROG-nya posisinya masih sama dengan generasi sebelumnya. Untuk ukurannya, ponsel gaming ASUS generasi ketiga ini memiliki bodi yang cukup bongsor. Bodinya yang besar ini juga memiliki pengaruh terhadap bobotnya. Apalagi ketika main game, kalian menambahkan pendingin ekstra yang ukurannya cukup besar.

Read More  Review Asus TUF Gaming FX505: Laptop Gaming Murah 2019

ASUS ROG Phone 3

Layar ROG Phone 3 menggunakan panel AMOLED dengan ukuran 6.59 inci yang membuatnya cukup nyaman untuk bermain game dan juga menonton streaming YouTube atau Netflix. Namun, tak seperti smartphone-smartphone flagship lain yang berlomba-lomba menampilkan layar dengan bezel tipis atau full tanpa bezel, ROG Phone 3 masih memberikan bezel di bagian dagu dan dahi handphone. Kemudian, layar AMOLED ROG Phone 3 ini juga mengusung refresh rate 144 Hz. Tentu visual gaming menjadi lebih mulus dengan refresh rate yang tinggi.

ASUS ROG Phone 3

Ada fitur-fitur yang menarik yang ditawarkan oleh smartphone gaming dari ASUS ini yakni Air Trigger 3 yang memiliki fungsi sebagai tombol tambahan ketika bermain game. Selain itu, bodi hp ini terdapat slot kartu SIM dan USB C 3.1 di sisi kiri. Dengan posisi port USB C 3.1 ini, kenyamanan ketika bermain game sambil mengisi daya pun bisa dicapai.

Performa ASUS ROG Phone 3 dengan Chip Snapdragon 865 Plus

Yang selama ini kita kenal, produk-produk dengan embel-embel gaming memiliki performa yang tinggi dibandingkan dengan produk yang tak disematkan label tersebut. Tak hanya produk-produk IT, namun juga smartphone salah satunya ROG Phone 3 ini. Hp gaming dari ASUS ini ditenagai oleh dapur pacu Snapdragon 865 Plus yang sudah siap menjalankan game-game berat dengan konfigurasi paling tinggi. Ketika dicoba dengan beberapa game yang cukup populer seperti PUBG Mobile, Fortnite, Asphalt 9, Genshin Impact, Honkai Impact 3, mampu mencapai lebih dari 100 FPS. Namun, ada beberapa game seperti ARK yang hanya mencapai 30 FPS. Hal ini karena game tersebut sudah mengunci FPS ke 30 FPS.

Kelebihan lain yang menarik yang dimiliki oleh ROG Phone 3 ini memiliki kestabilan suhu yang apik ketika digunakan untuk gaming pada sesi yang lama. Ini berkat teknologi baru bernama ROG GameCool 3 yang terdapat pada ponsel gamingnya ini.

Read More  Review ZTE Nubia Red Magic 3, Hp Gaming Spek Monster

Kamera Ditingkatkan dan Kapasitas Baterai Besar (6000 mAh)

Beberapa pengguna generasi sebelumnya merasa kamera yang dimiliki ROG Phone 2 masih ada yang kurang dan belum memuaskan. Karena keluhan tersebut, ASUS menghadirkan teknologi dan performa kamera yang ditingkatkan. Pada kameranya ASUS menambahkan sensor macro 5 MP f/2.0. Untuk sensor utamanya, ASUS menyematkan Sony IMX686 64 MP f/1.8 yang disertai dengan sensor ultra wide-angle 13MP/2.4. Sedangkan untuk kamera selfienya, terdapat kamera dengan sensor 24 MP f/2.0. Kamera belakangnya sudah memiliki mode malam yang baik dan mampu menghasilkan foto dengan minim distorsi. Namun, yang kurang dari kameranya adalah dynamic range dan efek HDR-nya yang masih kalah dengan pesaingnya seperti keluarga Samsung Galaxy S20.

Hal lain yang menarik dari smartphone ini adalah kapasitas baterai yang sangat besar yakni 6000 mAh. Smartphone ini mampu bisa menyala lebih dari 24 jam. Namun, apabila AURA RGB nya tetap menyala, tentu baterainya tak bisa bertahan lebih lama. Selain itu, teknologi fast charging mampu mengisi daya hingga 80% lebih yang hanya membutuhkan waktu 1 jam.

Kesimpulan

Entah apa pun namanya, smartphone flagship atau gaming, ROG Phone 3 hadir dengan performa yang paling unggul dibandingkan dengan smartphone-smartphone kelasnya. Apalagi dengan fitur-fitur gamingnya, ROG Phone 3 mampu memberikan penglaman mobile gaming yang semakin mendalam. Bagi kalian yang tertarik dengan smartphone ini, kalian bisa merogoh kocek Rp 10,090,000 untuk versi 8 GB, dan Rp 16,900,000 untuk versi 12 GB.

Leave a Comment