Perkembangan Stik PS dari Masa ke Masa + Harga Terbaru 2020

Stik PS adalah controller permaian untuk PlayStation. Pertama kemuculan PlayStation yakni sekitar 25 tahun yang lalu membuat gebrakan untuk konsol game di seluruh dunia. Dalam kurun waktu tersebut, konsol game besutan Sony telah mengalami banyak perubahan, tak terkecuali pada “stik” alias controller untuk mengendalikan game di layar.

Dilihat dari perkembangannya, Sony mengawali evolusi controller PS dari tahun 1994 hingga Maret 2020, ketika stik PS5 diperkenalkan. Perangkat kendali tersebut perlahan-lahan mengalami perubahan desain dan penambahan fitur dari generasi ke generasi. Nah, seperti apa perjalanan stik PlayStation yang akrab dengan para gamers ini? Berikut ini rangkumannya!

perkembangan stik PS dari dulu hingga sekarang SOBATGAME

Perkembangan Stik PS1 Sampai PS5

Sepak terjang Sony di dunia controller dan PlayStation memang sudah nggak diragukan lagi. Banyak sekali inovasi yang dilakukan pabrikan Jepang ini dari pertama kali PS ada di pasaran. Nah, buat nambah pengetahuan kamu, berikut perkembangan stik PS dari masa ke masa.

Stik PlayStation Generasi 1

Harga terbaru : Rp 30.000

stik PS Gen 1 SOBATGAME

Sony pertama kali meluncurkan konsol dan controller PlayStation generasi pertama pada tahun 1994 di Jepang. Desain stik pertama Sony ini mirip dengan Super Nintendo Entertainment System (SNES). Konsol PS1 Generasi 1 ini memiliki handle yang memanjang di sisi kanan dan kiri untuk pegangan tangan. Sudah mengusung tombol arah (D-pad) dan beragam tombol aksi berbentuk segitiga, bulat, silang, dan persegi yang kelak identik dengan konsol PlayStation.

Sang perancang pertama konsol PS 1 yakni Teiyu Goto mengatakan ada makna dibalik bentuk-bentuk tombol di konsol PS tersebut. Di mana dijelaskannya jika bentuk bulat dan silang merepresentasikan pilihan “ya” dan “tidak”, bentuk persegi yang menyerupai kertas diartikan sebagai menu sedangkan tombol segitiga dianalogikan sebagai tombol sudut pandang. Sony juga telah menghadirkan tombol L1, R1, L2,dan R2 di sisi atas.

Read More  5 Game Billiard PC & Android Terbaik 2019 (Paling Seru!)

Stik PS Dual Analog Controller

Harga terbaru: Rp 92.000 – Rp 150.000

stik PS dualshock SOBATGAME

Tak berhenti sampai desain yang pertama, tahun 1997 Sony kembali meluncurkan konsol PS terbaru mereka yang diberi nama Dual Analog Controller. Meski dari segi desain cenderung mirip kepada desain pertamanya, tapi Sony menambahkan dua joystick analog yang dirancang khusus untuk memainkan game MechWarrior 2, Ace Combat 2, dan Colony Wars. Joystick ini bisa diaktifkan dengan menekan tombol “Analog” di bagian tengah yang turut dilengkapi lampu indikator berwarna merah.

Stik Dualshock Tahun 1997

Harga terbaru: Rp 95.000

Untuk mengembangkan stik PS terbarunya, Sony tak ingin makan waktu lama. Masih di tahun yang sama dengan peluncuran Dual Analog Controller, pabrikan asal Jepang ini pun kembali meluncurkan konsol terbaru yakni Dualshock. Bentuknya sangat mirip dengan Dual Analog Controller tapi di dalamnya ada sepasang motor yang akan menggetarkan stik sesuai dengan aksi yang kamu lakukan dalam game. Selain itu, bagian joystick-nya juga berbeda dengan Dual Analog Controller karena permukaan Dualshock tidak cekung. Bahannya terbuat dari karet bertekstur. Bertahun kemudian, konsol PS Sony yang satu ini dikenal sebagai peloper controller yang akan digunakan pada PS2 dan seterusnya.

Controller Dualshock 2

Harga terbaru: Rp 100.000

stik PS dualshock 2 SOBATGAME

Sony pun meluncurkan PlayStation 2 atau PS 2 pada tahun 2000. Bersamaan dengan peluncuran PS 2 tersebut, diluncurkan pula Dualshock 2 yang merupakan upgrade dari pendahulunya. Meski desainnya sangat mirip, Sony menyematkan beberapa perbedaan. Misalnya konektor DualShock 2 yang berbentuk persegi dan hadirnya tombol analog yang kini lebih sensitif terhadap tekanan. Kemudian Sony juga menghadirkan warna lain untuk controller-nya yang satu ini seperti satin silver, ceramic white, slate grey, dan ocean blue. Fakta menariknya, Dualshock 2 adalah salah satu controller terlaris Sony hingga saat ini lho. Oh ya kalau kamu beli Dualshock 2, jangan khawatir karena dengan aksesoris tambahan stik ini bisa digunakan di PS 3 kok.

Read More  6 Game Anime Terbaik di 2020 untuk PC dan Hp Android

Stik PS Sixaxis dan Dualshock 3

Harga terbaru: Rp 150.000

stik PS dualshock 3 SOBATGAME

Sixaxis adalah controller yang bareng diluncurkan dengan PS3 tahun 2006. Harga PS3 + contorller-nya saat itu cukup mahal, tapi tak menyurutkan minat pembeli di seluruh dunia. Controller ini adalah stik PS wireless pertama yang dimiliki Sony. Namun sayang eksistensi Sixaxis nggak lama. Sixaxis lalu digantikan oleh DualShock 3, yang dirilis pertama kali pada acara tahunan Tokyo Game Show di tahun 2007. Dengan peluncuran Dualshock 3 itu produksi Sixaxis berhenti di tahun 2008. Akhirnya ngebuat DualShock 3 jadi stik resmi PS3. Penampilan DualShock 3 dan Sixaxis memang mirip, tapi Dualshock 3 sudah dibekali fitur anyar. Salah satunya adalah mesin vibrator baru sehingga punya sensasi getaran yang lebih nyata kepada pemain, meski secara tak langsung mempengaruhi bobot Dualshock 3 yang lebih berat dibanding Sixaxis.

Stik PS Dualshock 4

Harga terbaru: Rp 385.000

stik PS dualshock 2 SOBATGAME

Mengakhiri masa kejayaan PS3, Sony lalu meluncurkan konsol baru bernama PS4. Bersamaan dengan konsol ini, Sony juga meluncurkan controller generasi terbarunya, DualShock 4. DualShock 4 adalah controller pertama milik Sony yang mengalami desain ulang yang cukup signifikan. Karena dibandingkan dengan stik Sony sebelumnya, Dualshock 4 punya ukuran yang lebih lebar dari sebelumnya. Nggak hanya itu, Sony juga mengganti tombol “Select” dan “Start” menjadi tombol “Share” dan “Option” yang lebih relevan dengan era media sosial. Di tengah kedua tombol itu ada touchpad berukuran besar.

Nggak berhenti sampai di sana, DualShock 4 sudah mendukung motion detection dan lampu Light Bar yang bisa menyala berbagai warna berbeda. Adanya tombol Share ini memudahkan kamu sebagai gamer yang ingin merekam aktivitas game dan membagikannya ke platform seperti YouTube. DualShock 4 juga sudah memiliki sistem kendali jarak jauh alias wireless yang serupa pada DualShock 3.

Read More  Hal dari Metal Slug yang Harus Kamu Ketahui (PC dan Konsol)

Stik PS Terbaru DualSense

Harga terbaru: [Perkiraan] Rp 800.000 – Rp 1.000.000

stik PS dualsense SOBATGAME

Awal tahun 2020 adalah sejarah baru bagi Sony karena meluncurkan controller PlayStation 5, yang diberi nama DualSense. Desain dari Stik PS5 ini menarik banget karena punya kesan futuristik dan terlihat lebih ramping. Perbedaan lainnya yakni biasanya stik PS Sony hadir dengan warna hitam, tapi DualSense tampil beda dengan duo-tone paduan hitam dan putih. Keunggulan lain stik PS5 ini yaitu sudah hadir dengan microphone bawaan, yang ngebuat pemain tak perlu repot- repot menggunakan headset untuk melakukan obrolan dengan gamer lain. Lampu Light Bar yang tadinya terletak di atas controller pada DualShock 4 pun dipindah ke sekeliling toucpad sehingga terkesan lebih elegan.

Fakta Unik Seputar Stik PS Sony

Setelah tahu perkembangan stik PS dari masa ke masa, berikutnya yakni fakta-fakat menarik di balik controller PS Sony ini. Apa saja hal menarik tersebut?

  • Stik DualSense hadir bareng PS5 akhir tahun 2020
  • Stik Dualshock jadi desain rujukan controller PS Sony setelahnya
  • Salah satu stik PS paling laris Sony adalah Dualshock pertama yang meluncur tahun 1997
  • Dualshock 3 adalah stik PS Sony pertama yang wireless
  • Dari semua desain stik PS Sony, Dualshock 4 jadi stik PS yang “pangling” karena banyak berubah dari sebelumnya

Itulah tadi fakta menarik dan perkembangan stik PS dari masa ke masa. Menurut kamu, mana nih stik PS yang paling berkesan?

Leave a Comment