Nintendo DS / DS Lite Handheld yang Harganya Sudah Murah

Nintendo DS atau DS lite bisa dibilang konsol handheld terbilang lama, namun, banyak game-gamenya yang asyik buat diikuti. Seperti yang kita ketahui Nintendo terkenal dengan game-game eksklusif dengan judul yang ada dari zaman Famicom atau NES (Nintendo Entertainment System). Selain itu, kita tahu bahwa Nintendo terkenal dengan konsol handheldnya, sebut saja Game Boy, Game Boy Color, Game Boy Advance, Nintendo DS, dan masih banyak lagi.

Nintendo DS

Sebelum industri game smartphone berkembang seperti sekarang, konsol handheld adalah penyelamat para gamers ketika mereka sedang berada di luar. Jika kita memutar balik waktu, konsol game handheld pada awalnya hadir dengan grafis hitam putih dengan gerakan yang kaku seperti Game & Watch yang sering kita sebut gimbot (hanya angkatan milenial dan generasi x yang tahu). Kemudian, muncullah teknologi baru yakni Game Boy yang mencoba mengkonversi game-game NES ke genggaman tangan.

Game Boy akhirnya berkembang dengan memberikan warna dengan nama Game Boy Color. Game Boy Color memiliki peminat yang begitu banyak dan menjadi salah satu konsol handheld paling laris. Game Boy akhirnya berevolusi menjadi Game Boy Advance dan Advance SP dengan teknologi 32-bit dengan grafis yang lebih baik bahkan lebih baik dari SNES.

Nintendo DS

Akhirnya muncul konsol handheld revolusioner dari Nintendo dengan nama Nintendo DS. Selain teknologi yang jauh lebih canggih dibandingkan pendahulunya, DS dan DS Lite hadir dengan beragam fitur yang menarik, salah satunya adalah dual screen. Dual Screen ini memungkinkan pemainnya menggunakan pen untuk game-game interaktif. Konsol ini cocok banget juga untuk anak-anak umur 10 tahun ke atas karena bisa melatih sensor motorik.

Pada kesempatan kali ini, Sobatgame akan membahas tentang salah satu konsol handheld yang sangat revolusioner di zamannya yaitu Nintendo DS.

Apakah Itu Nintendo DS

Nintendo DS atau DS pada dasarnya adalah konsol game handheld dual screen yang masing-masing layarnya memiliki fungsi yang berbeda. Pengembangan Nintendo DS pertama kali dimulai pada tahun 2002 yang didasari dari ide asli mantan presiden Nintendo, Hiroshi Yamauchi tentang konsol dual-screen. Kemudian Nintendo mengumumkan sebuah konsol dengan codename Nintendo DS pada 20 Januari 2004.

Nintendo DS

Desain NDS mengikuti game multiscreen yang ada pada Game & Watch seperti Donkey Kong dan Zelda yang juga dibuat oleh Nintendo. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya bahwa kedua layar NDS memiliki fungsi yang berbeda, fungsi pertama adalah untuk touchscreen yang dilengkapi dengan sebuah pen bernama stylus. Stylus berfungsi untuk berinteraksi dengan unsur-unsur yang ada di dalam game.

NDS sendiri memiliki 12 tombol yang di antaranya empat tombol huruf (X, Y, A, B), tombol arah, Start, Select, dan juga dua tombol bahu. Selain itu, NDS juga dilengkapi dengan sebuah card slot yang memungkinkan kamu menyimpan data melalui SD Card. Mungkin karena itu, membajak game NDS sangat mudah.

NDS juga merilis banyak versi dengan masing-masing desain memiliki perbedaan sedikit, di antaranya adalah:

  1. Nintendo DS Lite: DS Lite merupakan desain ulang pertama NDS yang secara model nggak jauh berbeda dengan NDS awal. Fitur yang membedakannya adalah tampilan yang lebih lengsing, stylus yang lebih besar, baterai yang lebih tahan lama, dan juga layar yang lebih terang. Nintendo DS
  2. Nintendo DSi: NDSi adalah desain ulang kedua yang rancangan modelnya berbasis dari NDSi XL yang belum keluar. Ada fitur-fitur baru yang dimiliki oleh NDSi, diantaranya adalah kamera digital 0.3 MO, display yang lebih lebar, storage internal dan external, dan juga konektivtas dengan Nintendo DSi Shop.Nintendo DS
  3. Nintendo DSi XL: Ini adalah desain terakhir dari NDS atau NDSi. Secara bentuk, NDSi XL memiliki ukuran yang lebih besar. Karena ukurannya besar, sudah pasti layarnya juga lebih besar. Selain itu, angle pada NDSi XL juga lebih lebar. Daya tahan baterainya pun ditingkatkan. Nintendo DS

Kesimpulan

Setelah kesuksesannya, Nintendo akhirnya merilis Nintendo 3DS yang secara konsep melanjutkan NDS dengan dual-screen namun dengan strereoscopic 3D. Namun, untuk mencari NDS baru sepertinya sudah sulit di pasaran. Mungkin apabila kamu ingin mencoba game-gamenya, kamu bisa mencari di marketplace. Harganya pun sudah nggak mencapai angka Rp 1 jutaan.

Leave a Comment