Nintendo 3DS (3DS XL) Console Handheld Canggih, Harganya?

Nintendo 3DS bisa dibilang produk unggulan Nintendo karena penjualannya cukup sukses di pasaran. Mungkin penjualannya dapat menutup kerugian yang mereka alami akibat penjualan Nintendo Wii U. Pada dasarnya secara konsep 3DS nggak berbeda jauh dengan pendahulunya yakni DS.

Nintendo 3DS

Spesifikasi yang diusung ditingkatkan, sehingga grafis yang tampil juga jauh lebih baik dibandingkan Nintendo DS. Mayoritas game 3DS memiliki grafis 3D. Salah satu favorit kami adalah seri Zelda dan juga Monster Hunter 4. Setelah penjualan 3DS yang cukup bagus, di tahun 2012 Nintendo akhirnya merilis 3DS yang lebih besar yakni dengan nama 3DS XL (untuk versi Jepangnya bernama 3DS LL).

Nintendo 3DS

3DS memiliki komponen-komponen custom yang dikembangkan oleh Nintendo Research & Engineering, yang semuanya dikombinasikan menjadi sebuah sistem dalam chip yang dipadukan. CPU konsol handheld ini merupakan CPU dual-core ARM 11 MPCore dengan manufaktur 45 dan memiliki clock 266 MHz. Inti utama dari processor atau CPU yang dimiliki ini didedikasikan untuk game dan juga aplikasi, dan yang lainnya untuk sistem operasi dan multitasking.

Selain merilis versi 3DS XL, Nintendo juga merilis versi entry-level yang harganya lebih terjangkau yakni 2DS. Desain yang dimiliki 2DS cukup berbeda dengan 3DS maupun 3DS XL. Kamu nggak akan menemukan desain melipat seperti kedua kakaknya. Namun, secara fungsi, kompatibiliti, hardware nggak jauh berbeda dengan 3DS maupun 3DS XL. Karena bentuknya yang sedikit aneh, 2DS menuai banyak kritikan.

Nintendo 3DS

Beberapa tahun lalu di tahun yang sama dengan peluncuran Nintendo Switch, Nintendo akhirnya merilis 2DS XL. Konsol hanheld ini hadir dengan beberapa pengembangan dan pemangkasan fitur yang ada pada kakaknya. 2DS XL menampilkan fitur tambahan dan juga memangkas fitur yang pernah ada seperti fungsi stereoscopic 3D. Desain pada 2DS XL juga baru jika dibandingkan dengan versi pendahulunya.

Akan tetapi, Nintendo baru saja merilis Nintendo Switch yang secara fitur lebih banyak. Apakah beli 3DS masih relevan untuk sekarang ini? Kenapa nggak. Apalagi karena mengikuti harga Switch yang turun, sudah pasti Nintendo 3DS atau 3DS XL juga turun. Tapi, apabila kamu masih ragu, Sobatgame akan memberikan alasan-alasan mengapa 3DS masih asyik untuk dimainkan.

Alasan Mengapa Membeli Nintendo 3DS Belum Ketinggalan

1. Harga yang Murah Karena Sudah Turun Drastis

Alasan pertama mengapa membeli Nintendo 3DS atau 3DS XL masih belum ketinggalan adalah harganya yang sudah turun. Hal ini mungkin karena mengikuti harga Switch yang sudah ikut turun. Harga Nintendo Switch saja kini barunya sudah mencapai di angka 6 juta (untuk yang sepaket dengan game), gimana dengan 3DS XL. Bagi kamu yang ingin tahu harganya berapa, kami akan berikan daftar harganya di kolom di bawah nanti.

Nintendo 3DS

2. Game Eksklusif Nintendo yang Selalu Menarik Untuk Diikuti

Nintendo sangat identik banget dengan game-game seperti Super Mario Bros, Legend of Zelda, Metroid Prime, Pokemon, dan masih banyak yang lainnya. Walaupun judul-judul tersebut selalu ada di setiap konsol Nintendo, judul-judul game tersebut selalu bisa memberikan kebaruan.

Salah satu favorit kami adalah New Super Mario Bros 2 dan juga Pokemon Sun and Moon. Kedua judul ini masih saja hadir dengan mekanisme gameplay yang nggak banyak berubah, tapi entah mengapa game-game tersebut selalu pantas untuk ditunggu. Di samping itu, game-game lain seperti Legend of Zeldanya juga sangat asyik buat diikuti ceritanya.

3. Grafis 3D yang Bagus

Mungkin bila dibandingkan dengan grafis yang dimiliki oleh game-game smartphone sekarang, akan tetapi di masanya, Nintendo 3DS mampu menghasilkan grafis terbaik bahkan masih enak dipandang hingga hari ini. Sebagai sebuah konsol handheld yang dirilis di tahun 2011 dan untuk 3DS XL tahun 2012, grafis yang ditampilkan oleh game-game yang ada di Nintendo 3DS atau 3DS XL termasuk bagus.

4. Bisa Diandalkan Ketika Dibawa Bepergian

Bagi kamu yang suka bepergian dan merasa kalau main game di smartphone bisa memakan daya baterai lebih cepat, kamu bisa membawa Nintendo 3DS sebagai cadangan.

Apalagi kamu suka main game dengan jalan cerita yang cukup panjang seperti Pokemon atau Zelda. Jika dibandingkan dengan Nintendo Switch yang cuma mampu berjalan selama 5 jam, 3DS bisa digunakan hingga 8 jam bahkan dalam keadaan bermain game.

5. Desain Keren nan Minimalis

Salah satu keunggulan dari produk-produk Nintendo adalah desainnya yang menarik. Nintendo selalu saja menyuguhkan desain revolusioner yang berbeda dengan para pesaingnya. Salah satu yang identik dari produk-produk Nintendo adalah desain yang minimalis dengan warna-warni menarik.

Begitu juga dengan Nintendo 3DS. 3DS secara konsep desain mirip dengan pendahulunya, namun kini hadir dengan bodi yang lebih tipis dan lekukan yang lebih futuristik.

Harga Nintendo 3DS/3DS XL

No.ProdukHarga
1.Nintendo 3DS XLRp 2,000,000
2.Nintendo 3DS XL Fire Emblem EditionRp 3,999,000
3.Nintendo 2DS XL + Luigi MansionRp 2,500,000
4.Nintendo 2DS XL + Zelda Trifoce HeroesRp 2,650,000

Kesimpulan: Masih Tepat Kok Membeli Nintendo 3DS

Walaupun sekarang eranya Nintendo Switch dan sebentar lagi akan dirilis versi lite-nya, Nintendo 3DS mash cocok kok untuk dibeli, apalagi harganya sudah murah. Dibeberapa toko masih dijual kok barang barunya. Tapi kalau mau beli second cari yang masih bagus ya.

Leave a Comment