Suikoden 3 (Genso Suikoden III) Penerus dengan Grafis 3D

Tahu Suikoden II sukses, Konami akhirnya melanjutkan Suikoden 3 di PS2. Game ini juga hadir dengan grafis 3D. Hal yang belum pernah dimiliki oleh game Suikoden sebelumnya. Selain grafisnya yang jauh ditingkatkan, game ini memiliki awal yang berbeda jika dibandingkan dengan sebelumnya.

Suikoden 3

Pada awal permainan, kamu akan memilih 3 karakter utama, antara lain: Hugo, Chris, dan Geddo yang masing-masing karakter memiliki sudut pandang yang berbeda. Seri ketiga ini dirilis pada 11 Juli 2002 untuk versi Jepang, dan 24 Oktober untuk versi Amerikanya.

Dua tahun setelah setelah mendapatkan animo yang baik di kalangan para gamers, Tokyopop merilis manga Suikoden 3 yang dibuat oleh Aku Shimizu dengan 11 jilid pada tahun 2004. Sebelumnya, kami pernah membahas Suikoden 2, pada artikel kali ini, kami akan membahas seluk beluk, storyline, gameplay, dan beberapa aspek lainnya yang ada pada Suikoden 3. Kalau penasaran, ikuti sampai akhir ya.

3 Protagonis Utama dengan Latar Belakang yang Berbeda

Ada hal yang berbeda yang disuguhkan oleh Suikoden 3, yakni diawalinya dengan 3 buah cerita dengan sudut pandang yang berbeda dari setiap karakter. Kamu akan memilih di antara Hugo (yang merupakan anak dari Lucia, pemimpin Klan Karaya), Chris (Kapten dari Ksatria Zexen), dan juga Geddoe (seorang pemimpin dari kelompok tentara bayaran di bawah Harmonia). Sebenarnya masing-masing karakter memiliki cerita yang saling berkesinambungan.

Suikoden 3

Apabila kamu memilih Hugo sebagai karakter yang pertama kamu mainkan, kamu akan menemukan Hugo, seorang anak laki-laki dari pemimpin Klan Karaya, Lucia yang dikirim untuk mengunjungi kota Zexen untuk menawarkan gencatan senjata untuk Klannya yang sedang berselisih dengan Zexen. Akan tetapi kunjungan tersebut berakhir buruk karena ketika Hugo kembali ke Karaya, ia melihat desanya dibakar api. Ketika berada di antara kobaran api, ia melihat seseorang yakni Chris Lightfellow menebas Lulu. Ia berjanji untuk membalaskan dendam yang dialami oleh desanya dan teman masa kecilnya tersebut dengan bepergian ke daerah Grassland dan mencari Flame Champion.

Suikoden 3

Kemudian untuk cerita Chris, kamu akan mengetahui bahwa Chris adalah seorang seorang pahlawan yang dihormati dan merupakan kapten dari Zexen Knights. Ia juga mendapat julukan sebagai Silver Maiden karena ia menjaga negara dan rakyatnya. Akan tetapi, dibalik segala sorak sorai yang didapatkannya, Chris merasa frustasi karena Dewan Zexen tidak menyetujui metodenya dan memperburuk konflik antara Zexen dan juga klan-klan yang ada di daerah Grassland. Chris memerintahkan tentara Zexen untuk melawan klan-klan yang ada di Grassland, Karaya llan dan juga klan Lizzard.

Setelah chapter 1 cerita Chris dan Hugo kamu mainkan, sekarang giliran Geddoe. Di antara ketiga karakter yang disebutkan di atas, Geddoe bisa dibilang adalah yang terkuat. Ketika kedua karakter sebelumnya ada pada sisi yang saling berkonfrontatif, Geddoe justru adalah pihak netral dan memiliki agenda tersendiri. Geddoe merupakan pemegang True Lightning Rune dan orang yang telah bersama dengan sang Flame Champion dari 50 tahun lalu.

Di chapter ketiga akhirnya ketiganya bertemu di persembunyian sang Flame Champion. Akan tetapi, sang Flame Champion ternyata sudah meninggal. Akhirnya, sang istri dari Flame Champion, Sana menyerahkan tahta Flame Champion kepada salah satu dari ketiga karakter ini, dan tergantung dari para pemain. Namun di versi manganya Hugo-lah yang menjadi sang Flame Champion.

Penambahan Mekanisme Baru

Begitulah garis besar cerita game Suikoden 3 dan seperti seri sebelumnya, Suikoden selalu bisa menyuguhkan cerita yang menarik. Selain cerita yang apik dengan segala intrik, gameplay Suikoden 3 juga salah satu yang terbaik walaupun selayaknya JRPG generik. Kamu juga memiliki potensi untuk mengumpulkan 108 karakternya sekaligus. Mekanisme sistem battle-nya juga berbeda dengan Suikoden pertama dan kedua. Kamu akan melihat para karakter lebih dinamis. Alih-alih merapat kembali ke barisan, para karakter akan tetap berada di sisi musuh.

Kesimpulan Suikoden 3: Penerus yang Masih seru

Seperti dengan seri sebelumnya, game ini hadir dengan 3 mode battle di antaranya mode turn-based strategy, mode duel, dan mode pertarungan biasa. Mungkin ini yang menjadi ciri khas dari Suikoden. Selain itu, seri ini adalah seri Suikoden pertama yang dibuat dengan grafis 3D. Kalau kamu penggermar JRPG, sebaiknya jangan lewatkan game ini.

Leave a Comment