Review Apex Legends: Game Battle Royale Terbaru Saingan PUBG

Selain MOBA, Battle Royale adalah genre game yang belakangan jadi primadona. Buat kamu yang suka main game genre Battle Royale, pasti sudah tidak asing dengan game PUBG. Demi menyaingi PUBG, Respawn Entertainment dan Electronic Arts. meluncurkan game Battle royale yang tidak biasa, yaitu APEX Legends. Game ini hadir dalam konsep free to play yang diyakini bakal membuat suka main game ini.

game apex legends

APEX Legends diramu dengan konsep game yang sama seperti Titanfall 2. Pencahayaan, tekstur, hingga tampilan grafis game yang dimiliki jadi salah satu terbaik untuk genre Battle Royale. Saking bagusnya kualitas grafis dan gambarnya, game ini tidak terasa seperti game gratisan. Game free to play dengan kualitas grafis menarik ini sudah diunduh lebih dari 25 juta kali hanya dalam satu minggu setelah diluncurkan.

Gameplay APEX LEGENDS

Supaya bisa bersaing dengan PUBG, game ini harus menyuguhkan sesuatu yang berbeda. Langkah yang dilakukan APEX Legends adalah menghadirkan game battle royale dengan kualitas grafis tidak biasa. APEX Legends berhasil menggabungkan suasana gaming kompetitif dan nuansa pertarungan yang modern. Namun berbeda seperti game Battle Royale pada umumnya, game ini hanya menawarkan mode squad yang berisi 3 pemain saja. Tidak ada mode solo, duo, atau squad berisi 4 hingga 5 orang. Ke depannya, Respawn berjanji akan menghadirkan mode Solo karena sudah cukup banyak pemain yang me-request hal tersebut.

review game apex legends

Game ini memiliki sistem class untuk karakternya. Setiap karakter punya skill berbeda dan saling melengkapi satu sama lain. Ada karakter dengan tipe penyerang, defender, hingga medic. Saat bermain pertama kali, ada 6 karakter yang bisa kamu mainin. Sementara itu, ada karakter Mirage dan Caustic yang bisa dibuka dengan Legends Token atau melalui Microtransaction. Dibutuhkan 1200 Legends Token untuk unlock salah satu karakter.

review apex legends

Suasana game yang disuguhkan APEX Legends membuat seolah game ini adalah hasil gabungan dari Overwatch, Titanfall 2, dan PUBG. Senjata yang modern dengan efek skill yang ‘sakit’ relatif mudah dipelajari, bahkan oleh pemula sekalipun. Setiap karakter punya 3 tipe skill, yaitu: Passive, Tactical, dan Ultimate. Skill Passive muncul di momen tertentu, Tactical punya waktu cooldown singkat, sementara Ultimate punya durasi cooldown yang lebih lama.

Video Gameplay APEX Legends

Sistem Persenjataan Ramah untuk Pemula

Sistem persenjataan yang ada di APEX Legends sangat bersahabat untuk pemula. Fitur Auto Attach di sistem persenjataan membuat senjata bisa ter-attach secara otomatis dengan spare part ekstra yang cocok dengan senjata utama. Karena sama-sama dibuat oleh Respawn Entertainment, senjata ikonik dari game Titanfall 2 juga ada di game ini. Senjata seperti Wingman, R-301, Alternator, kecuali Titan tidak ada di game ini.

game apex legends xbox one

APEX Legends menyuguhkan hal yang berbeda dari game PUBG atau Battle Royale lainnya. Di dalam game ini tidak ada kendaraan yang bisa kamu naiki. Untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain disediakan balon udara. Selain itu, kamu juga bisa memanjat objek tinggi dan sliding ke dataran yang lebih rendah.

apex legends gameplay

Karakter dan Kustomisasi Tampilan

Tersedia opsi revive untuk menghidupkan kembali karakter yang mati. Saat karaktermu mati, kamu masih bisa dihidupkan lagi asalakan masih ada rekan satu tim yang bisa mengambil banner dari box jasad karaktermu. Setelah itu, letakkan banner tersebut pada sebuah Beacon yang tersedia di titik-titik tertentu di dalam map. Respawn tidak menyediakan opsi kustomisasi karakter dalam game ini. Sebagai gantinya, kamu bisa gunakan skin untuk mengubah tampilan outfit senjata kalian.

review apex legends game pc

Untuk mendapatkan skin, banner, atau item tambahan lainnya kamu bisa dapatkan dengan APEX Pack yang bisa diperoleh setiap kenaikan level atau melalui microtransaction. Sistem Microtransaction di dalam game ini terasa cukup adil. Tambahan skin untuk karakter dan senjata tidak banyak mempengaruhi gameplay. Bisa dibilang tidak ada istilah Pay to Win di game ini. Untuk mendapatkan skin dan item lainnya, kamu bisa melakukan gacha lootbox yang bisa didapat setiap kenaikan level.

review apex legends game ps4

Spesifikasi Minimum Game APEX Legends

Game Battle Royale APEX Legends bisa dimainkan di PlayStation 4, Xbox One, dan PC Windows. Bagi yang mau mainin game ini di PC Windows, berikut spesifikasi mininum dan yang direkomendasikan:

Spesifikasi Minimum

  • Sistem Operasi: Windows 7 64-bit
  • Processor (AMD): AMD FX 4350 atau yang setara
  • Processor (Intel): Intel Core i3-6300 atau yang setara
  • Memori RAM: 6GB DDR3 1333
  • Kapasitas Hard Disk: 22 GB
  • Kartu Grafis (AMD): AMD Radeon HD 7730
  • Kartu Grafis (NVIDIA): NVIDIA GeForce GT 640
  • DirectX 11 Video Card
  • Speed Connection: Min. 512 Kbps atau yang lebih cepat.

Spesifikasi yang Direkomendasikan

  • Sistem Operasi: Windows 7 64-bit
  • Processor (AMD): Ryzen 5 atau yang setara
  • Processor (Intel): Intel Core i5-3570K atau yang setara
  • Memori RAM: 8GB DDR3 1333
  • Kapasitas Hard Disk: 22 GB
  • Kartu Grafis (AMD): AMD Radeon R9 290
  • Kartu Grafis (NVIDIA): NVIDIA GeForce GTX 970
  • DirectX 11 Video Card
  • Speed Connection: Min. 1 Mbps atau yang lebih cepat.

Kesimpulan

Game sebagus APEX Legends ini bisa kamu mainin secara free. Bagusnya grafik yang modern dan nuansa game yang kompetitif jadi alasan terbaik untuk memainkannya. Grafis game yang dimiliki bahkan sekelas game lain yang berbayar. Buat kamu yang mau cari suasana baru, tidak ada salahnya untuk mencoba memainkan game ini. Namun walaupun masih banyak kekurangan, Respawn dan Electronic Arts berjanji akan segera memperbaikinya melalui update yang akan datang. Baca: Game Multiplayer Terbaik 2019.

Leave a Comment