Home » Rakit PC atau Beli Konsol? (Kelebihan dan Kekurangan Keduanya)

Rakit PC atau Beli Konsol? (Kelebihan dan Kekurangan Keduanya)

Rakit PC

Belakangan ini sedang ramai dengan istilah rakit PC ketika muncul PlayStation 5. Kemungkinan munculnya tagar dan istilah tersebut di internet adalah harga PS5 yang sempat tidak masuk akal sebagai gaming console. Sebelum muncul versi resmi PS5 Indonesia, harga PS5 bisa seharga motor bekas. Hal ini yang membuat banyak gamers yang menyatakan lebih baik rakit PC gaming dibandingkan beli PS5.

Apakah seperti itu? Apakah lebih baik merakit sebuah komputer gaming dibandingkan membeli sebuah console bernama PlayStation 5. Tentu tagar tersebut tidak ada salahnya, namun hanya karena PS5 harganya mahal bisa dibandingkan seperti itu? Kalian bingung lebih baik mana antara membeli PlayStation 5 atau membangun komputer desktop gaming. Pada kesempatan kali ini, kami dari Sobat Game akan membahas permasalahan yang sedang ramai belakangan ini. Tentu kami akan menjelaskan apa kekurangan antara gaming PC atau console gaming terbaru seperti PlayStation 5 atau Xbox Series X.

Mending Rakit PC atau Beli PlayStation 5 Ya?

PlayStation 5 sebagai konsol gaming yang ditunggu-tunggu para gamers dari 2 tahun lalu akhirnya muncul juga. Namun, di Indonesia sendiri sayangnya agak terlambat pendistribusiannya. Hal ini yang membuat beberapa pihak menawarkan solusi penjualan seperangkat console PS5 lengkap dengan controllernya sebelum peluncuran resmi di Indonesia. Tentu harganya bisa dua kali lipatnya. PS5 versi ‘black market’ dijual dengan harga hampir Rp 20 juta. Bagi sultan beserta anak-anaknya, harga segitu tentu tidak masalah, tapi bagi rakyat biasa yang menginginkan sebuah mesin hiburan teknologi terbaru tentu harga segitu terlampau mahal. Hebatnya, dengan harga seperti itu, PS5 masih laku di pasaran Indonesia.

Baca Juga  5 Kelebihan dan Kekurangan Processor Intel untuk Gaming

Pada 22 Januari 2021 silam, akhirnya PS5 didistribusikan di pasar Indonesia. Akan tetapi, karena terhalang dengan pandemi virus Corona, pembelian masih menggunakan sistem pre-order. Alhasil, pemesanan pun membludak karena harga resminya jauh lebih murah dibandingkan harga black marketnya. Lucunya, meski harga PS5 sudah turun, tagar mending rakit PC masih ramai. Memang apa sih kelebihan console gaming seperti PS5 dengan gaming PC. Berikut kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan Rakit PC Gaming

1. Bisa mendapatkan kualitas grafis yang maksimal

Salah satu kelebihan dari merakit gaming PC adalah kualitas grafis yang tidak akan didapatkan di console (meski tergantung dari konversi yang dilakukan developer gamenya). Di gaming PC kalian bisa mendapatkan detail yang lebih tinggi karena ada setting grafis di bagian option. Kalian bisa mengesetnya ke rata kanan hingga mendapatkan kualitas paling ciamik. Selain itu, main game di PC bisa mendapatkan grafis lebih mulus karena refresh rate 60 fps.

2. Tidak Hanya bisa digunakan untuk bermain game

Salah satu pertimbangan para gamers untuk memiliki gaming PC adalah fungsi lain selain untuk bermain game. Sebuah PC gaming bisa digunakan untuk bekerja, mendesain, dan masih banyak lagi. Hiburan yang bisa dinikmati dari sebuah gaming PC juga beragam. Kalian bisa menonton film, mendengarkan musik, atau hal lainnya.

3. Bisa dikustomisasi sesuai dengan apa yang kalian mau

Selain itu, yang menjadikan gaming PC menarik adalah kustomisasinya. Hal ini mungkin juga bisa dilakukan pada gaming console. Akan tetapi, kalian bisa mengkustomisasi dengan maksimal pada sebuah gaming PC. Mulai dari penggunaan liquid cooler hingga warna warni RGB untuk memperindah PC kalian.

Baca Juga  Hebat Mana Mediatek Helio G90T vs Snapdragon 720G?

Rakit PC

Kelebihan Gaming Console dibandingkan Rakit PC

 

1. Harga yang sudah fix dan lebih terjangkau

Mengapa gaming console lebih menarik dibandingkan dengan PC? Salah satunya adalah harganya yang sangat terjangkau dan tergolong tidak semahal PC. Apalagi untuk PS5 sekarang sudah hadir dengan teknologi ray tracing yang sangat cantik dan juga resolusi 4K. Dengan harga Rp 7 jutaan – 8 jutaan, kalian bisa mendapatkan kualitas grafis yang keren dengan teknologi terkini. Sedangkan untuk PC yang bisa menggunakan ray tracing dan resolusi 4K, kalian butuh VGA card yang bahkan harganya lebih mahal dibandingkan console PlayStation 5-nya sendiri.

2. Tidak perlu merakit komponen

Merakit PC punya seninya sendiri. Namun, tidak semua orang mengerti dan suka merakit PC. Banyak orang yang lebih suka plug and play dibandingkan harus memasangnya satu persatu. Console gaming adalah solusi tersebut. Gamers tak perlu lelah-lelah dan repot-repot merakit mesinnya sendiri. Tinggal pasang kabel, set, main deh.

Rakit PC

Kesimpulan

Bagi kami keduanya punya kelebihannya masing-masing. Sangat tidak bijak apabila menyandingkan dan membandingkan satu sama lain. Ya, kalau punya uang, mengapa tidak sekalian beli keduanya? Bukannya, mending rakit PC dan punya PS5?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *