Perkembangan Monster Hunter (PS2-Online): Seru Buat Diikuti!

Monster Hunter Online – Siapa yang tak kenal game populer Monster Hunter? Permainan yang beberapa tahun belakang berkembang pesat di pasar Asia ini bisa dibilang pernah berada pada puncak popularitas yang bisa bikin kamu melongo. Salah satu serinya yakni Monster Hunter: World bahkan menjadi salah satu game besutan Capcom dengan hasil kerja sama Tencent dengan penjualan global tercepat. Lantas, bagaimana kiprah dan sepak terjang Monster Hunter Online dan seri Monster Hunter lain selama ini di pasaran? Bagaimana sejarah dan asal muasal game tentang berburu monster ini?

Perkembangan Monster Hunter dari PS2-Online

Perkembangan Monster Hunter dari masa ke masa memang menarik untuk diikuti. Sepak terjang game satu ini yang punya banyak penggemar pastinya cukup seru untuk terus dimainkan di berbagai perangkat yang mengikuti perkembangan zaman.

monster hunter online 2013

Generasi Pertama

  • Monster Hunter: Dirilis tahun 2004 untuk PS2, merupakan game Monster Hunter yang muncul pertama kali oleh Capcom.
  • Monster Hunter G: Dirilis tahun 2005 untuk konsol yang sama yakni PS2. Game Monster Hunter G adalah perkembangan dari sebelumnya dengan dimulai adanya Quest tingkat G-rank. Dirilis hanya di Jepang.
  • Monster Hunter Freedom: Dirilis tahun 2005 untuk PlayStation Portable (PSP). Gameplay-nya tidak beda jauh dengan Monster Hunter G. Merupakan serial pertama yang dikeluarkan pada console PSP. Dikenal juga dengan nama Monster Hunter Portable.

Generasi Kedua

  • Monster Hunter 2: Dirilis tahun 2006 untuk PS2 yang merupakan serial Monster Hunter pertama kalinya memperkenalkan gem (decoration).
  • Monster Hunter Freedom 2: Dirilis tahun 2007 untuk PSP. Mulai mengenalkan senjata baru yakni: Long Sword (Sejenis senjata panjang yang mampu melakukan combo spirit), Gunlance (Sejenis Lance tetapi bisa menembakkan peluru yang tidak terbatas), Hunting Horn (Senjata impact damage yang bisa memainkan nada-nada tertentu untuk menghasilkan buff-buff tertentu kepada player), Bow (Panah yang bisa menembakkan berbagai tipe anak panah dipadukan dengan coating). Game ini juga dikenal dengan nama Monster Hunter Portable 2nd.
  • Monster Hunter Freedom Unite: Dirilis tahun 2008 untuk PSP dan tahun 2014 untuk iOS. Merupakan Monster Hunter generasi kedua yang memperkenalkan quest G-rank. Dikenal juga dengan Monster Hunter Portable 2nd-G.

monster hunter online game laris

Generasi Ketiga

  • Monster Hunter Tri: Dirilis tahun 2009 untuk Wii. Serial Monster Hunter pertama yang memperkenalkan sistem underwater battle. Dalam game ini juga ada kemunculan pertama Switch Axe (Senjata berwujud kapak dan bisa menjadi pedang), dan Medium Bowgun (Bowgun kustomisasi yang bisa menjadi 3 part khusus). Namun Dual Swords, Gunlance, Bow, Hunting Horn dihilangkan.
  • Monster Hunter Portable 3rd: Dirilis tahun 2010 untuk PSP dan tahun 2011 pada PS3. Semua senjata yang hilang di Monster Hunter Tri dikembalikan, tetapi Medium Bowgun dihilangkan. Desa yang dihuni oleh hunter berwujud ke-Asia-an. Game ini memiliki kualitas HD di PS3.
  • Monster Hunter 3 Ultimate: Dirilis tahun 2013 untuk Nintendo 3DS/ Nintendo 2DS dan tahun 2013 di Wii U. Adanya G-rank, serta weapon di MHP3rd masih dipertahankan. Muncul banyak monster serta map yang baru pada seri game ini.

Generasi Keempat

  • Monster Hunter 4: Dirilis tahun 2013 untuk Nintendo 3DS. Muncul beberapa monster baru dan merupakan seri terbaru dalam semua generasi Monster Hunter yang ada sekarang ini. Serial ini berbahasa Jepang.
  • Monster Hunter 4 G: Merupakan pengembangan dari Monster Hunter 4.
  • Monster Hunter 4 Ultimate: Dirilis pada awal tahun 2015 pada Nintendo 3DS. Merupakan seri yang sama dengan Monster Hunter 4, hanya saja seri ini berbahasa Inggris dan dimainkan di Nintendo 3DS region USA.

monster hunter online seru

Seri Monster Hunter yang lain

  • Monster Hunter Frontier Online: Dirilis tahun 2007 pada Microsoft Windows dan 2010 pada Xbox 360. Sangat ditekankan untuk bermain online dalam serial ini.
  • Monster Hunter Online: Dirilis tahun 2013 untuk dimainkan di PC. Dibuat dengan menggunakan Cry Engine. Dan merupakan wujud kolaborasi antara Tencent dan Capcom. Sangat ditekankan juga untuk bermain online seperti pada namanya.
  • Monster Hunter: Frontier G: Dirilis tahun 2013 untuk PC, Xbox, PS3, dan Wii U serta tahun 2014 untuk PS Vita. Merupakan perkembangan dari Monster Hunter Frontier.

Review Singkat Monster Hunter Online

monster hunter online terbaru

Perbedaan antara Monster Hunter Online dan Monsters Hunter: World adalah tahun perilisan dan update yang disediakan. Mengingat Monster Hunter Online pertama kali hadir tahun 2013 tentunya tidak bisa lebih update dari Monster Hunter: World yang meluncur tahun 2018.

Namun, untuk besutan tahun 2013 Monster Hunter Online (MHO) memiliki sistem gameplay yang cukup berbeda dengan game Monster Hunter lainnya. MHO tetap menggunakan sistem hack’n slash namun juga mengadopsi style MMORPG. Monster yang diburu akan memiliki health point (HP). Setiap kali para hunter memukuli monster tersebut maka jumlah damage yang diterima akan diperlihatkan seperti yang ada dalam game RPG. Pola RPG ini juga ada pada skill senjata.

Untuk urusan grafis, MHO sangat pantas diberi dua jempol. Mengingat untuk game keluaran tahun 2013 dan dibuat dengan CryEngine 3, tampilan grafis MHO benar-benar bagus. Monster yang pemain lawan akan terlihat lebih real dan nyata dibandingkan dengan seri Monster Hunter sebelumnya. Meski masih menggunakan bahasa Mandarin game ini wajib banget kamu coba.

Review Singkat Monster Hunter: World (Game Baru Monster Hunter)

monster hunter world terbaru

Sebagai gamer, antusias untuk menyambut game baru yang diluncurkan ke pasaran memang tak pernah redup. Game Monster Hunter: World seakan jadi pembuktian pengembang bahwa game ini kualitas nomor wahid untuk kamu mainkan. Hal ini karena mulai dari konsep, mekanisme gameplay, hingga fitur yang ditawarkan oleh game Monster Hunter seri ini berhasil dipadukan dengan sempurna. Bahkan setelah melalui tahap beta selama tiga kali sebelum perilisan, peningkatan kualitas grafis dan performanya masih bisa dilihat.

Tak tanggung-tanggung, Capcom juga menawarkan beberapa event kolaborasi dengan seri game seperti Mega Man, Horizon Zero Dawn, hingga Street Fighter V. Meski sistemnya masih kompleks dan butuh waktu yang cukup lama untuk menyesuaikan, Monster Hunter: World bisa dibilang seri terbaik dan paling cocok untuk dimainkan oleh gamer pendatang baru dan veteran sekalipun. Bahkan sempat disinggung sebelumnya bahwa game ini menjadi game seri Monster Hunter yang paling laku dan cepat habis di pasaran secara global.

Leave a Comment