Metal Gear Solid 4 Guns of the Patriots: Kini Snake Sudah Menua

Kedua seri MGS yang dirilis di PS2 bisa dibilang sangat sukses, kemudian Metal Gear Solid 4 Guns of Patriot dirilis di konsol generasi selanjutnya. Game ini juga meneruskan kesuksesan pendahulunya. Jika ukurannya adalah skor, kamu bisa melihat dibeberapa media seperti Metacritic, GameSpot, dan lainnya. Media-media tersebut menilai MGS 4 dengan nilai yang tinggi, bahkan hampir sempurna. Dengan lahirnya game-game seperti Metal Gear Solid, Hideo Kojima memang pantas dijuluki seorang maestro.

Metal Gear Solid 4

Bahkan GameSpot menilai MGS 4 Guns of the Patriots secara teknis sempurna. Nggak percuma game action-adventure stealth satu ini mendapatkan penghargaan Game of the Year. Kali ini, seperti seri Metal Gear Solid 3 Snake Eater, MGS 4 hanya dirilis di satu konsol yakni PlayStation 3. Sayang sekali Konami nggak merilis game satu ini di PC. Mungkin pada masa itu, penjualan PC gaming nggak sebagus sekarang, maka dari itu, Konami lebih baik merilis game ini di platform PS3 saja.

Metal Gear Solid

Metal Gear Solid 4 Guns of the Patriots hadir dengan perspektif sudut pandang yang berbeda dengan pendahulunya. Kali ini game ini hadir dengan kamera aktif dengan sudut pandang third-person. Kali ini Solid Snake akan hadir lagi, namun kini ia mengalami penuaan yang lebih cepat. Untuk lebih lanjutnya, Sobatgame akan membahas game action-adventure stealth yang dirilis hanya untuk PS3 ini. Ikuti sampai akhir ya.

Snake Mengalami Penuaan Dini

MGS 4 Guns of the Patriots mengambil setting waktu sembilan waktu setelah Metal Gear Solid pertama dan lima tahun setelah Sons of Liberty dimana ekonomi dunia bergantung pada perang sipil oleh PMCs. Para tentara pada perang sipil tersebut dilengkapi dengan nanomachine yang memonitor dan meningkatkan performanya dalam medan perang.

Metal Gear Solid 4

Kali ini kalian akan memainkan kembali karakter dari MGS pertama dan kedua yakni Solid Snake. Namun, kali ini, Snake terlihat lebih tua. Memang, Snake terkena sindrom yang bernama Wener sindrom yang mana ia mengalami penuaan prematur. Kali ini Solid Snake diminta oleh Campel yang sekarang bekerja dengan UNSC untuk membunuh Liquid dan menghentikan pemberontakan yang dilakukan olehnya.

Snake kini berkelana ke daerah Timur Tengah menginfiltrasi sebuah medan perang yang diduduki oleh PMC Praying Mantis milik Liquid. Dalam perjalanannya, Snake bertemu dengan Drebin 893 dan disuntik dengan Nanomachine yang membuat dirinya bisa menggunakan senjata generasi terbaru. Snake pun tumbang karena Liquid mentransmisikan sebuah signal yang melumpuhkan anggota Liquid yang dibekali PMC nanomachine, Meryl, dan juga Snake.

Metal Gear Solid 4

Setelah Snake melihat lagi Dr. Naomi Hunter setelah ia menginfiltrasi Shadow Moses, Naomi menjelaskan bahwa ia dipaksa untuk melakukan penelitian untuk Liquid di Amerika Selatan. Tampilan fisik yang tua bukan hanya karena usia, degenerasi sel-sel dalam tubuh, namun juga kebiasaan merokoknya membuatnya bertambah lemah. Begitulah garis besar jalan cerita Metal Gear Solid 4 Guns of the Patriots. Namun agar kamu bisa memahami jalan cerita yang dimiliki oleh MGS 4, kalian sebaiknya memainkan versi terdahulunya.

Gameplay Lama dengan Rasa Baru

Dari sisi gameplay, MGS 4 menawarkan fitur-fitur baru sekaligus mempertahankan hal yang lama yang sebelumnya pernah ada. Banyak mekanisme lama yang dihadirkan dalam game ini. Sistem persenjataan masih menggunakan ikon weapon select yang terletak pada pojok bawah kanan layar. Namun, yang membedakan adalah perspektif kameranya yang sudah menggunakan sudut pandang kamera third person full.

Selain itu, kamu juga mengubah perspektif menjadi sudut pandang orang pertama ketika membidik agar kamu mudah dalam menembak target. Ada beberapa hal yang dulu pernah ada, namun nggak akan kamu temukan dalam game ini, salah satunya adalah tidak adanya cardboard box atau dus. Semua itu digantikan dengan barrel atau tong untuk bersembunyi. Akan tetapi herannya nggak ada satu musuhpun yang sadar bahwa ada sebuah tong yang bisa berjalan sendiri.

Kesimpulan Metal Gear Solid 4: Salah Satu Game Terbaik PS3

Apalagi sih yang harus diomongin lag dari game ini. Game ini mendapatkan animo yang baik di kalangan gamer. Akan tetapi, game ini hanya dirilis di PS3. Apabila para PC-gamers ini memainkan game satu ini, mungkin kalian harus sabar sampai emulator PS3 sudah bisa digunakan.

Leave a Comment