CTR: Nitro Fueled, Remake Game Klasik, Visualnya Apik

CTR: Nitro Fueled adalah game versi remake dari CTR (Crash Team Racing) yang dulu sangat digemari pemain konsol PlayStation One. Game yang pada awalnya dibuat oleh Naughty Dog pada tahun 1999 ini kemudian di-remake ulang oleh Activision bersama Beenox Interactive. Versi remake game CTR dijamin bakal membawa kamu nostalgia lebih jauh dengan game hits yang sangat populer di tahun 90-an ini.

review game ctr nitro fueled

Tren remake game klasik jadi salah satu langkah developer dan publisher untuk menghidupkan kembali franchise game lawas supaya bisa mengikuti perkembangan jaman. Setelah sebelumnya muncul remake game Mario Kart dan Sonic Racing, kini Activision tidak mau ketinggalan. CTR: Nitro Fueled dijanjikan sebagai game yang layak untuk dimainkan. Game Crash Team Racing versi terbaru ini bisa kamu jajal di PlayStation 4, Xbox One, dan Nintendo Switch.

Gameplay Klasik dengan Efek Kekinian

Game remake pastinya punya kualitas grafis yang lebih baik. Begitu juga dengan game CTR: Nitro Fueled. Buat kamu yang dulu pernah memainkan game ini di PS One, pasti sudah tahu bagaimana cara memainkan game ini. Crash Team Racing bukan sekedar game balapan biasa. Saat balapan, kamu bisa mengambil item berbentuk kotak yang isinya ada senjata atau item untuk mempercepat laju kendaraan.

review crash team racing nitro fueled

Perubahan yang paling terasa di game ini dibanding pendahulunya adalah parameter keahlian setiap karakter lebih terasa real. Jika dulu parameter Speed, Acceleration, dan handling hanya sekedar hiasan, maka di game versi baru ini kamu bener-bener bisa rasain perbedaan skill dari setiap karakter. Karakter seperti Polar yang jago di tikungan membuatmu lebih mudah berbelok dibanding Tiny Tiger yang punya kecepatan tinggi namun handling yang buruk. Setiap karakter memang memiliki keunggulannya masing-masing dan tidak ada yang overpower.

Beenox Interactive tetap mempertahankan gaya permainan yang lama. Opsi mendapatkan Turbo Boost dengan cara drifting tetap dipertahankan. Selain itu, ada juga jalan rahasia yang bisa kamu pakai untuk mendahului lawan. Buat kamu yang pernah main game ini di tahun 90-an, mungkin tidak butuh banyak beradaptasi.

Video Gameplay CTR: Nitro Fueled

Visual Lebih Cantik dan Apik

Game Crash Team Racing: Nitro Fueled punya kualitas visual yang sama bagusnya dengan game Crash Bandicoot N.Sane Trilogy besutan Vicarious Visions. Secara umum, tampilan desain grafisnya disesuaikan game konsol kekinian. Trek balapannya juga terlihat berbeda, lebih atraktif dan menyenangkan untuk dilihat. Meski visual game lebih segar, namun tetap tidak melupakan ciri khas game Crash Team Racing. Pernak pernik khas suku Maya dan piramid Papu yang ikonik tetap dipertahankan, bahkan dibuat lebih menarik.

review ctr nitro fueled
Perbedaan Visual CTR Orisinil vs CTR: Nitro Fueled

Kemudian, efek ledakan, skill, dan lainnya dibuat lebih kartunis. Secara keseluruhan tampilan visual game tidak dibuat gelap sehingga tetap terlihat klasik dan natural. Beberapa trek klasik juga turut meramaikan permainan ini. Trek dengan patung yang bisa menyemburkan api dan tangki minyak bergulung masih bisa kamu temukan di game ini. Berbeda dari game sebelumnya, semua trek balapan sudah terbuka dan siap kamu jajal.

Karakter Crash Team Racing: Nitro Fueled

Karakter Crash Team Racing: Nitro Fueled lebih mudah dibuka dibanding game orisinilnya. Kamu hanya perlu mengalahkan setiap boss di tantangan Adventure Mode. Setelah menang, kamu bisa membuka karakter lain seperti Papu-Papu, Ripper Roo, Komodo Joe, dan lainnya. Kamu juga bisa menggunakan kode cheat untuk membuka karakter spesial seperti Penta Penguin.

review ctr nitro fueled gameplay

Untuk membuka setiap karakter yang masih terkunci, kamu harus mainin game ini di Adventure Mode. Beenox sudah cukup baik untuk memberikan petunjuk untuk menang di setiap tantangan. Saat main di Adventure Mode kamu akan diberi penjelasan oleh topeng Aku-Aku atau Uka-Uka untuk menyelesaikan empat trek di setiap area supaya bisa menantang boss seperti Ripper Roo, Komodo Joe, Papu Papu, dan Pinstripe Potoroo. Setelah kamu mengalahkan semua boss tersebut, kamu bisa melawan musuh utama yaitu Nitros Oxide.

Kustomisasi Karakter dan Kendaraan

Di game CTR: Nitro Fueled terbaru kamu bisa kustomisasi karakter dan mobilmu sesuka hati. Beenox menambah fitur kustomisasi supaya lebih memanjakan para pemain. Kamu bisa ganti skin karakter dari skin normal ke warna lain atau mengubah tampilannya secara total. Kamu juga bisa kustomisasi bodi mobil, ban, dan juga warnanya. Untuk bisa menikmati fitur kustomisasi ini, kamu harus menyelesaikan semua tantangan dan beli di toko skin bernama Pit-Stop.

review game ctr nitro playstation 4

Untuk bertransaksi di Pit-Stop kamu hanya bisa menggunakan Wumpa Coin yang bisa didapatkan setelah main game. Kamu tidak membuka item dengan uang asli. Wumpa Coin bisa didapatkan dengan main game dalam mode Adventure, klasik, battle, atau multiplayer. Wumpa Coin yang terkumpul bisa kamu pakai untuk beli skin, karakter, atau mobil khusus. Sedangkan untuk mobil Hovercraft milik Nitros Oxide hanya bisa dibuka dengan selesaikan tantangan Adventure Mode dengan 100% completion.

Kesimpulan

Versi remake dari game Crash Team Racing lawas ini memang menyajikan semua elemen dari game orisinilnya. Namun meskipun semua elemen game CTR: Nitro Fueled sudah lengkap, masih ada satu elemen penting yang ketinggalan, apa itu ? Suara teriakan setiap karakter saat terkena misil atau TNT tidak terlalu menonjol di game ini. Buat kamu yang dulu suka main game CTR, pasti bisa merasakan kurangnya atmosfir permainan saat misil berhasil mengenai musuh. Suara karakter yang hilang saat balapan jadi salah satu kekurangan besar di game ini. Baca: Game PS4 Terbaik 2019.

Leave a Comment