5 Tips Memilih Laptop Gaming yang Murah dan Berkualitas

Pengen beli laptop gaming yang bagus tapi bujet terbatas ? Tenang saja, kali ini Sobat Game mau berbagi tips memilih laptop gaming yang murah tapi tetap berkualitas. Setiap tahun pasti selalu ada model laptop gaming terbaru yang diluncurkan. Berbeda dengan konsol, PC dan laptop selalu mengalami pembaharuan setiap tahun. Pengguna laptop dan PC juga bisa meningkatkan performa laptop gamingnya supaya gambar lebih hidup dan performa lebih mulus.

tips memilih laptop gaming murah

Tips Memilih Laptop Gaming Murah yang Bagus

Buat kamu yang pengen banget beli laptop gaming tapi gak punya cukup banyak uang, ada lho tips singkat cara membeli laptop gaming murah yang bagus. Namun tentunya dengan harga murah, kamu gak bisa berharap dapet kualitas yang setara dengan laptop gaming harga puluhan juta. Tapi setidaknya untuk mainin game keluaran terbaru 2019 masih lancar jaya.

1. Beli Laptop Gaming dengan Processor AMD atau Intel Core i5

Jika ingin laptop gaming yang harganya murah, kamu bisa cari laptop gaming yang menggunakan processor AMD. Misalnya seperti AMD Ryzen seri 5 atau 7. Harga processor AMD lebih murah dibanding Intel sehingga berimbas ke harga laptop yang jadi lebih murah. Namun kalau kamu masih ngotot pengen punya laptop yang pakai processor Intel, bisa cari laptop gaming yang pakai Intel Core i5. Dari segi performa Intel Core i5 memang tidak sehebat Intel Core i7, tapi seenggaknya harga laptop jadi lebih murah dan performa tidak kalah jauh.

memilih laptop gaming murah processor

Processor Intel yang direkomendasikan untuk gaming adalah minimal Intel Core i5 dengan label HQ. Sementara itu, untuk processor AMD direkomendasikan adalah processor seri A10, FX, atau Ryzen.

2. Cari Laptop Gaming Model Lama

Laptop gaming keluaran tahun 2017 atau 2018 masih dirasa cukup mumpuni untuk memainkan game PC terbaru di tahun 2019. Selain itu, harganya juga pasti lebih murah dibanding saat pertama kali diluncurkan. Meskipun agak sulit mencarinya di pasaran, namun kamu bisa coba beli di pusat perbelanjaan khusus laptop atau barang elektronik. Biasanya di tempat tersebut harga laptop model lama bisa lebih murah dibanding harga di luar.

3. Pilih GPU / VGA yang Tepat

GPU atau VGA adalah salah satu komponen penting di laptop gaming selain processor. Laptop gaming wajib punya grafis diskrit karena proses pengolahan datanya lebih kompleks dan tidak bisa mengandalkan grafis bawaan di processor saja. Grafis diskrit juga membuat tampilan grafis game lebih mulus dan hidup.

memilih laptop gaming murah grafis

Untuk memainkan game di tahun 2019, kamu bisa cari laptop gaming model lama yang menggunakan grafis NVIDIA atau Radeon. Untuk grafis NVIDIA disarankan memilih seri GTX 900, seperti: GTX 950M, GTX 960M, dan GTX 980M. Lalu untuk grafis Radeon bisa memilih seri R7 ke atas atau seri R9 ke atas.

4. Beli Laptop Gaming Minimal RAM 4GB

Untuk memainkan game PC terbaru di tahun 2019 dengan cukup lancar, disarankan beli laptop gaming murah yang dibekali kapasitas RAM minimal 4GB. Jika ada yang lebih besar malah lebih baik. Selain itu, pastikan kalau laptop gaming tersebut punya slot RAM tambahan supaya kamu bisa menambah kapasitas RAM atau upgrade RAM di kemudian hari.

memilih laptop gaming murah ram

Untuk jenis RAM yang digunakan, disarankan minimal adalah DDR3 dan jika ada yang sudah DDR4 maka itu lebih baik. Game-game PC berat seperti GTA 5, Watch Dog, dan lain sebagainya membutuhkan kapasitas RAM minimal 8GB. Jadi pastikan kamu sudah perhitungkan kapasitas RAM dengan game yang mau dimainkan.

5. Pastikan Pakai HDD Berkecepatan Tinggi

Laptop gaming dengan storage SSD tentu saja lebih mahal dibanding yang pakai HDD. Kalau bujet kamu terbatas kamu tetap bisa beli laptop gaming yang masih pakai HDD asalkan kapasitasnya paling tidak minimal 500 GB.

Untuk sekelas laptop gaming, direkomendasikan sebesar 1 TB. Lalu untuk kecepatan HDD sendiri, disarankan yang sudah 7200RPM atau paling minimal 5400RPM. Baca: Perbedaan HDD dan SSD.

Rekomendasi Laptop Gaming Murah Dibawah Rp 10 Juta

Jika kamu punya bujet terbatas tapi memilih laptop gaming berkualitas. Berikut ini rekomendasi laptop gaming murah dengan banderol harga di bawah Rp 10 juta, yaitu:

1. Acer Aspire 5

  • Harga: Rp 8.300.000
  • Processor: AMD FX 9800P
  • RAM: 8GB
  • Storage: HDD 1TB
  • Layar: IPS 15.6 Inci HD 1366 x 768 piksel
  • Grafis: AMD Radeon RX 540 2GB.

memilih laptop gaming murah acer

2. Asus X550VX

  • Harga: Rp 10.000.000
  • Processor: Intel Core i7 6700HQ
  • RAM: 8GB
  • Storage: HDD 1TB
  • Layar: IPS 15.6 Inci HD 1366 x 768 piksel
  • Grafis: NVIDIA GeForce GTX 950M.

memilih laptop gaming murah asus

3. HP Pavilion 15

  • Harga: Rp 10.000.000
  • Processor: Intel Core i5 8300HQ
  • RAM: 8GB
  • Storage: HDD 1TB
  • Layar: IPS 15.6 Inci Full HD 1920 x 1080 piksel
  • Grafis: NVIDIA GeForce GTX 960M.

memilih laptop gaming murah hp

Leave a Comment