5 Perbedaan HDD dan SSD untuk PC dan Laptop Gaming

Perbedaan HDD dan SSD – HDD atau Hard Disk Drive adalah perangkat media penyimpanan yang umum digunakan di PC atau laptop. HDD dipakai untuk menyimpan data sistem operasi, aplikasi, dan data lain seperti musik, foto, dan dokumen. Namun seiring dengan perkembangan jaman, posisi HDD sebagai media penyimpanan mulai digantikan oleh SSD (Solid State Drive). SSD adalah hasil pengembangan dari HDD.

perbedaan hdd dan ssd kekurangan

Dibandingkan HDD, media penyimpanan SSD punya banyak kelebihan. Namun begitu, SSD juga tetap punya beberapa kekurangan hanya bisa ditutupi oleh HDD. Karena HDD dan SSD punya kelebihan dan kekurangan yang saling menutupi, tidak jarang beberapa PC dan laptop gaming mengkombinasikan keduanya untuk bekerja secara bersamaan.

Buat kamu yang masih bingung apa perbedaan HDD dan SSD, Sobat Game akan membahasnya berikut ini:

1. Ukuran dan Kapasitas HDD vs SSD

Di dalam HDD terdapat banyak komponen, seperti: platter, head, dan lain sebagainya. Sementara itu, SSD hanya punya kepingan memori flash dan board PCB. Karena jumlah komponen di HDD lebih banyak tentunya akan berpengaruh ke beratnya. Sedangkan, karena SSD hanya berisi kepingan memori flash jadi ukuran dan bobot SSD bisa disusutkan lebih jauh sesuai dengan perkembangan jaman.

perbedaan hdd dan ssd komponen

SSD lebih ideal dipakai di laptop modern yang ukurannya semakin tipis dan ringan. Bayangkan jika laptop tipis pakai HDD pasti tidak muat dan terasa berat. Meskipun lebih kecil dan ringan, kapasitas SSD lebih kecil dibanding HDD. Kapasitas SSD paling besar saat ini hanya sampai 1 TB.  Sedangkan, kapasitas HDD yang paling besar saat ini sudah mencapai 15 TB.

2. Cara Kerja HDD dan SSD

Perbedaan HDD dan SSD yang paling besar adalah dari cara kerjanya. HDD menggunakan piringan platter, motor, dan head yang digunakan untuk menulis dan membaca data. Saat akan menyimpan dan membaca data, piringan akan diputar dan ujung head berfungsi menghubungkan komponen elektronik untuk mengolah data yang bersifat elektrik. Secara umum, proses menyimpan data di HDD adalah kombinasi proses mekanik dan elektrik.

perbedaan hdd dan ssd cara kerja

Sedangkan, SSD tidak memiliki komponen mekanik yang bergerak. Untuk menyimpan data, SSD memanfaatkan IC atau Integrated Circuit, microchip, dan komponen elektrik lainnya. Semua proses penyimpanan data hanya melalui proses elektrik sama seperti flashdisk dan RAM.

3. Perbedaan Kecepatan SSD dan HDD

Perbedaan kecepatan HDD dan SSD sangat berbeda jauh. Kecepatan SSD bisa 8 hingga 10 kali lebih cepat dari HDD. Kenapa SSD lebih cepat ? Karena untuk menyimpan data HDD harus memutar piringan terlebih dulu baru membaca data. Sedangkan SSD hanya mengandalkan flash memory sehingga proses baca dan tulis data bisa berlangsung lebih cepat.

perbedaan hdd dan ssd kelebihan

Perbandingan kecepatan HDD dan SSD juga berpengaruh ke performa PC dan laptop. Jika menggunakan SSD, proses booting OS akan terasa lebih cepat, aplikasi lebih responsif, dan waktu menyimpan data bisa lebih singkat.

4. Perlu atau Tidaknya Fragmentasi

Fragmentasi adalah proses terpencarnya file-file yang tersimpan ketika HDD mulai penuh. Fragmentasi sendiri bisa menurunkan kinerja HDD. Akibat dari fragmentasi adalah membuat HDD terasa lebih lambat dan proses penyimpanan dan pembacaan data sering eror. Untuk mengatasi fragmentasi, kamu harus melakukan defrag melalui komputer. Sedangkan, SSD tidak perlu didefrag karena fragmentasi tidak terjadi di media penyimpanan berbasis flash memory.

5. Perbedaan Harga HDD dan SSD

Perbedaan HDD dan SSD yang paling mencolok adalah dari harganya. Harga SSD selalu lebih mahal dibanding HDD. Perbandingan harganya pun cukup jauh, bahkan bisa 4 hingga 5 kali lipat. SSD dengan kapasitas 1 TB harganya lebih mahal dibanding HDD 1 TB.

Misalnya, harga HDD Seagate Barracuda kapasitas 1TB terbaru adalah Rp 720.000. Sedangkan harga SSD Seagate Barracuda kapasitas 1TB adalah Rp 2.900.000. Jadi bisa dibayangkan, untuk beli satu SSD, kamu bisa dapetin 4 HDD.

Pilih SSD atau HDD untuk Gaming ?

Harga HDD lebih murah dibanding SSD. Oleh karena itu, kebanyakan PC atau laptop gaming murah biasanya hanya dibekali HDD saja. Sedangkan untuk PC dan laptop gaming kelas atas biasanya memakai HDD dan SSD dalam satu tempat. Untuk file sistem operasi dan aplikasi disimpan di SSD supaya respon sistem lebih cepat. Sedangkan untuk file besar yang tidak terlalu penting seperti foto, video, dan musik disimpan di HDD.

perbedaan hdd dan ssd sshd

PC dan laptop gaming kelas menengah biasanya ada yang pakai SSD saja atau HDD saja. Belakangan ini, produsen memori ada yang mulai berinovasi dengan menggunakan SSHD (Solid State Hybrid Drive). SSHD adalah media penyimpanan HDD yang dipasangi chip flash memory SSD sehingga dari performa bisa lebih kencang dari HDD, tapi harganya tidak semahal SSD. Selain itu, Intel juga menciptakan Intel Optane yang dapat meningkatkan kecepatan HDD. Baca: Tips Memilih Laptop Gaming.

Leave a Comment