Home » Winning Eleven – Apa Bedanya dengan PES?

Winning Eleven – Apa Bedanya dengan PES?

Winning Eleven

Bagi kalian yang zaman SD suka ke rental PS, kalian pasti memainkan Winning Eleven. Benar sekali! Game ini adalah game sepak bola besutan Konami yang dirilis sejak tahun 90an. Game ini berawal di sebuah konsol gaming yang mampu mengoptimasi grafis 3D bernama Sony PlayStation. Di Indonesia sendiri game sepak bola dari Konami ini, memiliki penggemar yang sangat membludak. Bahkan, seri distribusi Amerika dan Eropanya, Pro Evolution Soccer, tetap sangat digemari. Setelah popularitas FIFA semakin menanjak, seri PES atau WE sedikit tersaingi. Penggemar kedua musuh bebuyutan game sepak bola itu akhirnya terbagi. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang sejarah dari game sepak bola bernama Winning Eleven dan juga perbedaan antara seri ini dengan Pro Evolution Soccer. Ikuti artikel ini hingga akhir ya.

Winning Eleven

Sejarah Winning Eleven

Konami dikenal sebagai salah satu developer dan juga perusahaan game terbesar di Jepang. Di tahun 1995, Konami merilis game sepak bola perdananya dengan nama International Superstar Soccer untuk console SNES (Super Nintendo Entertainment System). Dengan mengejutkannya, game sepak bola pertama mereka ini mendapat sambutan yang sangat baik di kalangan gamers mancanegara dan juga Jepang.

Game ini menampilkan fitur-fitur yang sangat bersahabat untuk para gamers sehingga permainan pun menjadi lebih fun. Ada beberapa mode dalam game ini, yakni Open Game (semacam mode eksibisi), International Cup (pertandingan seperti Piala Dunia dengan 32 tim sepak bola), World Series (liga), dan juga Training Mode (semacam tutorial atau pun ingin meningkatkan kemahiran).

Baca Juga  Siapakah Karakter Sengoku Basara 2 Heroes Favorit?

Winning Eleven

Kesuksesan ISS sebelumnya, tidak membuat Konami berpuas hati. Akhirnya, mereka membuat seri kedua bernama International Superstar Soccer Deluxe untuk platform PlayStation di akhir 1995 dan juga diikuti dengan International Superstar Soccer 64 untuk consol Nintendo 64. Setahun setelahnya, Konami merilis International Superstar Socccer 98 yang dirilis untuk Nintendo 64 kembali. Tahun 1996, Konami merilis sebuah game sepak bola bernama Goal Storm dengan versi Jepang bernama World Soccer Winning Eleven

Konsol generasi millennium lahir di tahun 2000 bernama PlayStation 2 dengan kualitas grafis yang lebih mulus serta detail dan warna jauh lebih baik. Konami merilis seri International Superstar Soccer tanpa embel-embel untuk konsol PlayStation 2, Untuk versi Jepangnya, game ini tidak menggunakan nama Winning Eleven untuk seri ini. Namun, untuk versi PSX-nya, ISS Pro Evolution menggunakan nama Winning Eleven untuk versi Jepangnya.

Winning Eleven

Kemudian, nama ISS sudah tidak digunakan lagi untuk seri PS2 selanjutnya untuk Winning Eleven. Di sini lahirlah versi Eropa dengan nama Pro Evolution Soccer pada tahun 2001 untuk Winning Eleven 5. Hingga kini, nama Pro Evolution Soccer ini dipatenkan hingga saat ini untuk versi rilisan Eropa dan Amerika Utara. Bagi kalian yang masih bingung dengan kedua versi ini, kami akan menjelaskan beberapa perbedaan antara Pro Evolution Soccer dan juga Winning Eleven.

Winning Eleven

Perbedaan Pro Evolution Soccer (PES) dengan Winning Eleven (WE)

Pada dasarnya kedua versi ini memiliki base yang tidak jauh berbeda karena secara engine pun sama. Namun tentu ada perbedaan dari keduanya. Apa sajakah itu?

1. Perbedaan Regional

Hal pertama yang membedakan kedua versi ini adalah regional distribusinya. Ketika kalian pergi ke Amerika atau Eropa dan ingin membeli BluRay Disc Winning Eleven di toko game resmi, alih-alih menemukan Winning Eleven, kalian akan menemukan PES. Hal ini karena Winning Eleven itu adalah PES untuk regional Jepang atau Asia. Mengapa di Indonesia tidak ada. Hal ini karena Indonesia mengikuti regional Amerika dan juga Eropa.

Baca Juga  5 Game PS1 Terbaik Genre Petualangan Legendaris | Apa Saja?

2. Bahasa dan Komentator yang Berbeda

Sekitar 1 dekade lebih lalu Konami tetap menyediakan Winning Eleven versi bahasa Inggris karena PES hanya dirilis untuk regional Eropa. Namun, di tahun 2008, Konami menetapkan bahwa PES adalah WE versi Eropa dan juga Amerika. Maka dari itu, segi bahasa tentu berbeda. Apabila PES menggunakan bahasa Inggris untuk pilihan mode dan juga komentatornya, sedangkan WE menggunakan bahasa Jepang.

3. Server yang Berbeda

Meskipun berada di bawah payung yang sama, kedua versi ini memiliki server yang berbeda. Maka dari itu, kalian tidak bisa memainkan WE di server PES, dan begitu juga sebaliknya.

Di Indonesia Sekarang Lebih Dikenal PES dibandingkan WE

Bagi sebagian orang yang mereka tahu WE itu sudah tidak ada dan diganti dengan PES. Akan tetapi, kenyataannya pasar PES lebih banyak di Indonesia dibandingkan WE. Hal ini juga karena pemain PES di platform PC di Indonesia semakin banyak apalagi adanya bajakan. Oleh karena itu, WE di mana hanya ada di console, tidak bisa kalian mainkan di Indonesia. Dan, untuk seri terkininya, 2021 hanya ada versi PES saja dan namanya pun sudah diganti menjadi eFootball PES 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *