Yakuza Game Series (Ryu Ga Gotoku) PC dan Juga Konsol

Salah satu game asal SEGA yang menjadi favorti banyak gamers adalah Yakuza. Game ini dikenal di negara asalnya sebagai Ryu Ga Gotoku. Ryu Ga Gotoku atau Yakuza merupakan game action-advanture dengan elemen RPG yang dikembangkan dan dirilis untuk PlayStation 2.

Yakuza

Seri pertama game ini dirilis di konsol terlaris tersebut pada tahun 2005 di Jepang, dan 2006 di luar Jepang. Fokus utama cerita game ini adalah Kazuma Kiryu. Kazuma adalah seorang Yakuza yang baru saja keluar dari penjara selama sepuluh tahun karena tuduhan tindakan kriminal yang sebenarnya nggak di lakukan.

Karena kesuksesannya, SEGA dan R&D akhirnya melanjutkan seri game Ryu Ga Gotoku hingga sekarang. Penjualannya bahkan mencapai 1 juta unit. Game ini akhirnya dikonversi ke PC setelah bertahun-tahun menjadi game khusus konsol.

Hal ini menjadi kabar baik bagi para PC gamers yang tertarik banget dengan game ini walaupun nggak punya konsol. Nggak hanya itu, SEGA juga akhirnya merilis versi remakenya untuk PC dan juga konsol (PS3 dan PS4) dengan nama Yakuza Kiwami.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas game Yakuza Series dari awal hingga seri terkini. Kamu fans Kazuma Kiryu? Jangan sampai lewatkan artikel ini ya, dan jangan lupa ikuti sampai habis.

Yakuza atau Yakuza Kiwami

Seri Ryu Ga Gotoku pertama ini bercerita tentang seorang Yakuza bernama Kazuma Kiryu yang hidupnya berubah ketika boss-nya Sohei Dojima mencoba untuk memerkosa Yumi, teman masa kecil Kazuma. Akhirnya Dojima dibunuh oleh salah satu teman baik Kazuma bernama Akira Nishikiyama, dan Kazuma terkena apesnya. Ia harus dipenjarakan selama 10 tahun. Di dalam tahanan, Kazuma dipecat dari organisasi yang selama ini membesarkannya, Klan Tojo.

Yakuza

Gameplay yang dimiliki game besutan SEGA ini sangatlah menarik. Basis gameplay dari Ryu Ga Gotoku adalah action-advanture dengan kamera orang ketiga dan dibalut dengan elemen-elemen RPG. Selain itu, kamu bisa berkeliling sesuka kamu karena game ini mengusung lingkungan open world.

Yakuza

Yakuza 2 atau Yakuza Kiwami 2

Setelah kesuksesan prekuelnya, SEGA dan New Entertainment R&D Dept. merilis kelanjutannya yang dirilis pada setahun setelahnya (Desember 2006 untuk Jepang dan September 2008 untuk versi luar Jepang). Game ini mengambil setting tempat di Tokyo Shinjuku dan juga Osaka.

Yakuza

Nuansanya juga mirip dengan Tokyo dan Osaka aslinya. Cerita sekuel keduanya ini berfokus pada kisah Kazuma yang kehidupan damainya bersama anak angkatnya, Haruka Sawamura diganggu agar perang antara Klan Tojo dengan Klan Omi (gang asal Osaka) tidak terjadi. Dalam perjalanannya, Kazuma merekrut Daigo Dojima untuk menjadi ketuanya.

Yakuza

Untuk gameplay, Ryu Ga Gotoku 2 nggak memiliki perbedaan secara signifikan, namun SEGA memperbaiki engine bertarungnya agar lebih kaya. Selain itu, ceritanya juga dikembangkan. Kamu akan melihat kisah percintaan dewasa yang mendalam.

Yakuza 3

Seri ketiga dari Ryu Ga Gotoku mengalami banyak lagi pengembangan seiring dengan teknologi PS3 yang jauh lebih canggih dibandingkan dengan pendahulunya. SEGA dan R&D menambahkan 4 elemen pada seri ketiganya ini, di antaranya:

Yakuza

  • Seamless Battle: Seamless Battle adalah sistem streaming berbasis data yang bebas dari loading yang memungkinkan game secara langsung menyambungkan adventure mode dan battle mode tanpa loading screen hitam.
  • Chase battle: Chaste Battle merupakan battle mode baru yang menggantikan kenka atau sistem pertarungan biasa. Kamu akan menemukan rangkaian kejar-kejaran dan masing-masing pengejar dan orang yang dikejar memiliki gauge stamina.
  • Revelation: Dalam mode petualangan, Kazuma bisa belajar Heat Actions baru berkat didukung oleh 10 revelations.
  • First Person View: Ini fitur yang cukup baru dalam game Ryu Ga Gotoku. Kamu bisa mengganti sudut pandangnya dari third person menjadi sudut pandang orang pertama.

Yakuza 4

Dengan nama Jepang Ryu Ga Gotoku 4: Densetsu o Tsugumoni yang menjadi rangkaian keempat, game ini menawarkan gameplay baru. Kamu kini bisa mencoba main pachinko, memancing, tenis meja, onsen, dan juga karaoke. Dalam game ini kamu nggak cuma bisa bermain dengan Kazuma Kiryu. Ada tiga protagonis baru di antaranya, Shun Akiyama, Taiga Saejima, dan Masayoshi Tanimura.

Yakuza

Yakuza 5

Selain dirilis untuk PS3, seri kelima ini juga dirilis untuk PS4. Untuk gameplay, sekuel kelimanya ini relatif mirip dengan seri pendahulunya. Kamu juga menemui 4 protagonis utama, namun di sini kamu akan menemui 1 orang protagonis lagi yakni Haruka Sawamura. Dalam game ini Haruka sudah beranjak dewasa. Mini game-nya pun juga ditambahkan. Kamu akan menemukan game-game retro seperti Virtua Fighter 2 dan Taiko No Tatsujin di game center.

Yakuza

Ryu Ga Gotoku 0

Seri ini mengajak kita untuk kembali ke awal di mana semua ini terjadi. Game ini mengambil setting waktu di tahun 1988 di Kamurocho dan Sotenbori yang merupakan versi fiksi dari tempat rekreasi Tokyo Kabukicho dan Osaka Dotonbori. Dalam game ini, kamu akan mengontrol Kazuma Kiryu dan Goro Majima. Seperti dengan seri-seri sebelumnya, game ini mengusung dunia yang bebas bisa kamu kelilingi. Kamu juga bisa berinteraksi dengan orang-orang disekitar dan diantara mereka ada yang memberikanmu side quest.

Yakuza

Ryu Ga Gotoku 6

Seri keenam ini adalah seri terbaru Ryu Ga Gotoku hingga saat ini. Gameplay sekuel keenam ini nggak berbeda jauh dengan versi sebelumnya, namun hanya Kiryu yang menjadi playable character dalam game ini. Sayang sekali bagi kamu para PC gamers, Ryu Ga Gotoku keenam ini hanya dirilis di konsol PS4.

Yakuza

Leave a Comment