Review Mafia – Definitive Edition: Bukan Sekadar Game Remake

Mafia merupakan salah satu game dengan konsep open world terbaik yang pernah ada. Bahkan sebelum munculnya GTA 3 yang mana mengusung tema open world dengan kamera third person, game tersebut sudah memulainya terlebih dahulu. Tak hanya memiliki format yang cukup revolusioner pada masanya, Mafia memiliki kualitas grafis yang keren di tahun 2002. Game ini dirilis di beberapa platform seperti PC dan PS2.

Mafia

Penggemar game dengan map luas yang memungkinkan playernya untuk mencuri mobil dan bisa melakukan aksi yang lebih beragam diimplementasikan oleh Illusion Softworks selaku developer. Hal ini tentu menjadi angin segar ketika game semacam ini belum bisa melakukan banyak hal seperti yang ditemukan pada game Driver 2. Game ini mengambil setting waktu di tahun 1930an di Amerika Serikat di mana banyak gembong mafia berkeliaran. Untuk lebih lanjutnya, kamu bisa mengikuti artikel Sobat Game kali ini tentang Mafia kali ini.

Plot Cerita Mafia – Definitive Edition

Secara garis besar, tak ada perubahan dari segi cerita yang disuguhkan versi remake game Mafia ini. Tentu game remake adalah sebuah game yang dibuat kembali dengan jalan cerita yang sama dengan versi orisinal yang dirilis pada tahun 2002 silam. Di sini kalian tetap bermain sebagai Tommy Angelo yang mana berprofesi sebagai supir taksi. Namun, karena menyelamatkan dua orang mafia dari keluarga Salieri, Tommy terpaksa mengikuti jalan kedua orang tersebut. Pekerjaan yang berbahaya tersebut juga didorong oleh rasa jenuh dan bosannya menjadi seorang supir taksi yang hidupnya stagnan dan tidak kaya-kaya. Kebosanan menjalani hidup menjadi seorang supir taksi dan berubah menjadi seorang Mafioso harus juga Tommy bayar dengan harga yang mahal. Ia harus menghadapi hal-hal berbahaya atas nama bisnis Salieri dan keluarganya.

Read More  Review Kingdom Hearts 3: Cerita Seru yang Kurang Rapi

Mafia

Tentu dunia Mafioso yang penuh dengan bisnis illegal memiliki persaingannya sendiri. Karena mengikuti Salieri, Tommy harus berhadapan dengan keluarga Don Morello yang memiliki pengaruh besar. Don Morello juga berhubungan dengan banyak politis penting. Di sini, Tommy Angelo harus menempuh kehidupan yang penuh bahaya. Terlebih lagi, keluarga mafia yang didirikan oleh Don Salieri tidak semuanya loyal. Hal ini yang menjadi tantangan hidup Tommy untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan demi loyalitasnya terhadap Don Salieri.

Gameplay dan Grafis: Ini Baru Namanya Game Remake!

Alih-alih seperti kedua sekuelnya yang merupakan versi remastered, Mafia – Definitive Edition merupakan game total remake. Mungkin karena kualitas grafis kedua sekuelnya tidak terlalu jauh dibandingkan dengan seri pertamanya. Namun, meski begitu, game pertamanya justru yang menurut kami jauh lebih sukses dibandingkan versi remastered dari kedua sekuelnya. Menurut kami pun kedua sekuelnya tersebut tidak sebegitunya perlu untuk ada versi remasterednya. Apalagi game ketiganya yang secara gameplay dan storyline cukup mengecewakan.

Secara engine, game ini dibuat dengan engine yang digunakan oleh Mafia 3. Di sini kamu bisa melihat kota Lost Heaven yang lebih detail dan beragam. Elemen-elemen yang membuat grafisnya realisitis juga bisa kalian lihat di sini. Begitu juga ekspresi dan juga detail-detail yang ada di wajah digarap dengan apik oleh Hangar 13, sang developer. Tata cahaya dan efek cuaca membuatnya semakin dramatis. Tentu apabila dibandingakn dengan seri orisinalnya grafisnya berbeda sangat signifikan. Kini Lost Heaven menjadi lebih hidup dan dinamis.

Meski pun kalian bisa mengelilingi kota Lost Heaven dengan leluasa, pada dasarnya game Mafia ini bukanlah game tipe open world seperti GTA. Lost Heaven yang begitu besar tetap kalian bisa jelajahi dengan cara “Free Ride”, namun secara cerita game ini mengusung plot yang linear. Kalian hanya menjalankan dari skenario ke skenario dalam game ini. Di dalam Mafia – Definitive Edition terdapat fitur menarik yakni collectibles item berupa komik yang kalian dapatkan di tempat-tempat tertentu. Akan tetapi, walaupun game ini mengusung format cerita yang linear, kalian tetap bisa melakukan pencurian mobil di jalanan atau pun di garasi orang. Yang membuat versi remake ini menjadi sempurna adalah adanya motor yang tak pernah kalian temukan di versi aslinya.

Read More  Review Tom Clancy's The Division 2: Jadi Lebih Baik

Kesimpulan

Setelah cukup kecewa atau kurang puas dengan versi remastered kedua game sekuelnya, Hangar 13 dan 2K games berhasil membuat versi remake versi prekuel game Mafia. Dari cerita yang tetap sama yang kini lebih hidup karena grafis yang ditingkatkan, hingga atmosfer tahun 1930an yang lebih terasa.

Leave a Comment