Harvest Moon A Wonderful Life: Lebih Banyak Fitur Baru

Walaupun dirilis lebih dari satu dekade lalu, Harvest Moon A Wonderful Life bisa dibilang salah satu seri Harvest Moon terbaik yang pernah ada. Game ini pertama kali dirilis di konsol GameCube di bulan September 2003 untuk versi Jepangnya dan Maret 2004 untuk versi Inggrisnya.

Harvest Moon A Wonderful Life

Kemudian, game ini juga dirilis di PS2 setahun setelahnya. Entah karena penjualannya bagus atau salah satu game Harvest Moon dengan gameplay terbaik, A Wonderful Life juga dirilis ulang di PS3 dan PS4, tentu dengan berbagai perbaikan terutama dari segi porting PS2 yang kurang sempurna dan banyak lagi.

Selain versi cowoknya, Natsume juga mengeluarkan versi ceweknya dengan nama Harvest Moon Another Wonderful Life. Ya, salah satunya karena banyak cewek-cewek yang tertarik banget dengan franchise game satu ini.

Apabila dari kamu yang mulai doyan game Harvest Moon dan belum pernah main serinya satu ini, kamu bisa mencobanya. Jika masih ingin tahu banyak hal yang ada di game ini, kami akan membahas seri game ini pada artikel ini. Maka dari itu, jangan lewatkan ya dan ikuti kami sampai selesai.

Storyline Harvest Moon A Wonderful Life

Seri game Harvest Moon ini memiliki cerita yang terdiri dari beberapa chapter. Di awal cerita kamu dan teman baik ayahmu bernama Takakura yang mengantarkan ke sebuah tempat bernama Foget-Me-Not Valley. Tempat tersebut adalah tempat yang ditemukan oleh Takakura dan ayahmu.

Walaupun bangunan di tempat tersebut tua, tanah tersebut masih bisa digunakan untuk bertani dan beternak. Dalam chapter pertama kamu akan memulai permainan dengan seekor sapi, sebuah pemerah, dua biji tomat, dua catatan, dan juga uang sebesar 3000 G.

Lalu di chapter ini menikah dan keluar dari kota. Di chapter selanjutnya atau kedua, kamu memiliki seorang anak yang sifat dan karakternya tergantung dari pasangan yang kamu pilih. Pada chapter kedua ini, kamu akan mendapatkan ruangan tambahan, ruang makan dan juga dapur. Kulkas dan kamar mandinya juga dikembangkan. Pada versi A Wonderful Life Special Edition, chapter ini dinamai ulang dengan nama “A Birth”.

Chapter ketiga bernama “Happy Harvesting”. Anakmu juga sudah bertumbuh besar. Usianya kini sudah mencapai 7 tahun. Pada chapter ini kamu bisa menentukan karir anakmu. Setelah itu, kamu menjalankan chapter selanjutnya yang bernama “Happy Farm Life”, anakmu sudah bertumbuh menjadi seorang remaja dan ingin mandiri. Kamu juga akan menua seperti orang-orang yang ada di desa di mana tempat kamu tinggal.

Harvest Moon A Wonderful Life

Anakmu akhirnya beranjak dewasa dan istrimu juga makin menua di chapter To The Journey. Apa yang dia lakukan sama seperti yang kamu lakukan di chapter pertama seperti memanen dan mencari pasangan hidup. Anakmu kali ini nggak bisa mengganti karirnya.

Chapter terakhir yakni The Twilight memperlihatkan usiamu dan orang-orang di desa di mana tempat kamu tinggal semakin senja. Anakmu kali ini nggak bisa mengganti karirnya. Permainan berakhir ketika sang protagonis mati dan Takakura berpikir bagaimana berjalan setelah karakter yang kamu mainkan wafat.

Gameplay dan Grafis

Jika Harvest Moon Save the Homeland tampil dengan grafis cell shaded, A Wonderful Life justru sebaliknya. Game Harvest Moon ini, hadir dengan grafis full 3D dengan karakter chibi. Memainakan game ini seperti nostalgia dengan seri Back to Nature namun dengan grafis full 3D. Namun, yang disayangkan untuk versi port PS2-nya terlebih untuk versi The Special Edition, seri ini memiliki grafis yang kurang baik terutama dari segi FPS-nya. Ketika memainkan game ini, kamu akan melihat framerate yang drop dan waktu loading yang lama. Selain itu, grafiknya juga terkesan muddy.

Harvest Moon A Wonderful Life

Ada yang membedakan Harvest Moon A Wonderful Life dengan seri lain yakni disertakannya bebek dan juga kambing. Alih-alih berfungsi sebagai ternak yang menetaskan telurnya, bebek pada A Wonderful Life membantu ayam untuk menetaskan telur yang akan menjadi anak itik. Yang disayangkan kamu nggak akan menemukan ayam jantan dalam game ini. Kemudian kambing dalam A Wonderful Life akan berhenti memproduksi susu setelah produksi selama setahun.

Kesimpulan

Menurut kami, secara gameplay A Wonderful Life memiliki gameplay yang baik. Akan tetapi, kekurangannya adalah di segi grafis terlebih untuk versi PS2. Kamu bisa memainkan versi remaster yang ada di PS4 atau PS3 untuk versi perbaikannya.

Leave a Comment