Review Harvest Moon Hero of Leaf Valley: Game Remake yang Lebih Baik

Walaupun game ini sudah berumur 1 dekade, Harvest Moon Hero of Leaf Valley masih tetap asyik dimainkan. Game ini dirilis di PlayStation Portable atau PSP pada 19 Maret 2009 untuk versi Jepangnya. Sedangkan untuk versi Amerikanya dirilis setahun kemudian.

Harvest Moon Hero of Leaf Valley

Memang agak lama sih Natsume merilis versi Amerikanya. Kalau kamu nggak punya PSP, kamu bisa memainkan game Harvest Moon Hero of Leaf Valley di PC melalui emulator. Dalam game ini, kamu akan memainkan protagonis yang ada Harvest Moon Save the Homeland.

Mungkin ini adalah jawaban bagi kalian yang kecewa dengan seri Save the Homeland. Save the Homeland merupakan game pertama Harvest Moon yang dirilis di PS2. Seri tersebut hadir dengan gaya grafis terbaru dan sudut pandang orang ketiga.

Harvest Moon Hero of Leaf Valley

Namun, yang membuat fans-nya kecewa adalah nggak ada fitur menikah dan berkeluarga. Maka dari itu, Hero of Lead Valley hadir untuk merevisi itu semua. Jadi, karakter Save the Homeland yang kamu harapkan itu bisa menikah.

Nah, pada kali ini Sobatgame akan memberi review tentang game Harvest Moon satu ini. Bagi kamu yang penasaran dan ingin cari tahu dulu sebelum memainkannya, ikuti artikel ini sampai akhir ya.

Gameplay dan Storyline

Pada awal game ini kamu akan menemukan sang protagonis datang ke sebuah desa bernama Leaf Valley. Sang tokoh utama diberikan sebuah warisan oleh sang kakek kebun kecil.

Kemudian, kamu akan bertemu dengan Harvest Goddest dan Harvest Spirits yang meminta kamu untuk menyelamatkan desa dari sebuah perusahaan bernama FunLand yang akan menghancurkan desa dan menjadikannya taman bermain.

Kamu pasti merasa agak familiar dengan cerita ini. Ya, cerita ini memang rata-rata tema yang dimiliki oleh game-game Harvest Moon. Walaupun begitu, game ini tetap layak dimainkan kok. Selain itu, game ini adalah obat bagi kamu yang kecewa dengan seri Save the Homeland.

Secara garis besar Harvest Moon Hero of Leaf Valley merupakan versi remake dari Save the Homeland, namun memiliki ending yang lebih banyak (16 ending), dan berbagai fitur-fitur seperti menikah dan berkeluarga, karakter baru, dan masih banyak lagi. Penampilan kotanya pun terlihat berbeda dengan versi Save the Homeland.

Nggak cuma ceritanya saja yang standar Harvest Moon, gameplay-nya pun juga. Bagi kami sih nggak masalah dengan gameplay-nya, mungkin ini adalah ciri khasnya Harvest Moon. Apalagi yang suka sama genre game seperti ini.

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, hal yang paling menarik dari game ini adalah kembalinya fitur menikah. Tantangannya adalah membina hubungan dengan karakter incaran kamu dan mengajaknya menikah. Setiap karakter memiliki karakter-karakternya masing-masing.

Untuk membuat salah satu mereka jatuh cinta adalah memberikan mereka hadiah. Kamu juga harus mengetahui barang apa yang mereka sukai dan benci. Dan kunci kesuksesan untuk menggaet karakter kesukaanmu adalah memberikan hadiah berupa barang kesukaannya.

Namun, ada karakter yang cukup sulit didekati dan kamu harus berusaha sekeras mungkin untuk mencuri hatinya yakni Alice, sang CEO dari FunLand, perusahaan yang akan menghacurkan desamu dan menjadikannya taman bermain.

Harvest Moon Hero of Leaf Valley

Apabila beruntung kamu bisa mendapatkan dia dan menikahnya. Selain menikah, tujuan kamu dalam game ini adalah mendapatkan dan mengumpulkan uang sebanyak 50,000 G dalam kurun waktu 2 tahun.

Untuk mendapatkan uang tersebut bisa kamu lakukan dengan cara beternak dan bercocok tanam. Selain itu, kamu bisa bekerja paruh waktu atau menjadi koki dan menjual makanan yang kamu masak.

Tentu dengan menjual masakan kamu, keuntungan yang kamu dapatkan akan lebih besar dibandingkan menjual bahan baku. Contoh, telur yang kamu masak bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Kesimpulan Harvest Moon Hero of Leaf Valley

Salah satu keunggulan dari Harvest Moon Hero of Leaf Valley adalah grafisnya. Nggak seperti Save the Homeland yang hadir dengan grafis cell shaded, Hero of Leaf Valley memiliki grafis full 3D. Warna-warna di desa Leaf Valley terlihat cerah dan enak dilihat.

Secara keseluruhan Hero of Valley bisa memenuhi ekspektasi para pencinta Harvest Moon. Akan tetapi yang disayangkan dari Hero of Leaf Valley nggak menyediakan fitur quick save. Walaupun begitu, kekurangannya itu bisa ditutupi dengan segala kelengkapan yang ada di game ini.

Leave a Comment