7 Hal Penting di Game Metro Exodus yang Wajib Kamu Tahu

Game Metro Exodus besutan 4A Games (mungkin) adalah game FPS paling menegangkan tahun ini. Game yang diadaptasi dari novel Dmitry Glukhovsky ini adalah lanjutan game Metro 2033 dan Metro: Last Night. Game seri ke-3 dari rangkaian seri Metro ini punya gameplay yang lebih kompleks dan visual lebih realistis dibanding seri sebelumnya. Tidak lama setelah diluncurkan, game ini berhasil masuk jajaran game paling laris di United Kingdom mengalahkan game terbaik lain, seperti Red Dead Redemption 2, Jump Force, dan FIFA 19.

review game metro exodus

Game ini masih mengangkat kisah perjuangan Artyom bersama istrinya – Anna – untuk bertahan hidup di dunia yang penuh radiasi akibat perang dunia ke-3. Suasana Metro yang sudah tidak kondusif memaksanya untuk mencari tempat tinggal baru yang lebih layak dihuni. Buat kamu yang baru pertama kali memainkan game ini, berikut 7 hal penting yang harus kamu tahu:

1. Latar Belakang Cerita Metro Exodus

Game Metro menceritakan kondisi dunia 20 tahun setelah perang dunia ke-3. Seting waktu dan tempat Metro Exodus adalah 1 tahun setelah Metro: Last Night. Kondisi udara di game seri ke-3 ini sudah lebih baik dan bisa dihirup tanpa bantuan masker khusus. Cerita Metro Exodus adalah seputar usaha Artyom berusaha mencari tempat tinggal yang lebih baik bernama Vladivostok.

review metro exodus

Atryom bersama pasukan The Order berjuang untuk mencari kota baru dan tempat tinggal yang lebih aman, jauh dari bahaya monster ganas dan mahluk mutasi. Untuk mencari kota yang lebih aman tersebut, Artyom bersama Anna, pasukan The Order dan Miller menggunakan kereta uap yang sudah dimodifikasi bernama Aurora. Perjuangan Artyum bersama pasukannya untuk mencari tempat baru di luar Moskow inilah yang jadi topik utama cerita game Metro Exodus.

2. Lanjutan dari Game Metro Last Night

Game Metro Exodus menceritakan apa yang terjadi setelah Artyom berhasil mengalahkan mahkluk bernama The Dark Ones. Pada game ini, Artyom dan Anna sudah menikah dan bergabung dengan pasukan Miller untuk mencari tempat baru yang lebih aman. Keinginan besar Artyom yang besar tersebut didorong rasa muak karena selama ini tinggal di tempat penuh radiasi berbahaya.

review metro exodus game fps

Meskipun awalnya misi Artyom untuk menjelajahi Rusia ditentang Miller, namun akhirnya Miller sadar dan berusaha membantu bersama pasukannya, The Order of Spartan Rangers. Di perjalanan menuju tempat bernama Vladivostok, mereka menemukan banyak bukti bahwa masih ada tempat aman dari mahkluk mutasi di luar sana.

3. Ukuran Stage Lebih Luas

Tidak seperti game Metro 2033 dan Metro: Last Night yang bersifat linear, kini kamu bisa menikmati sensasi game FPS dengan campuran konsep setengah Open World. Ukuran stage lebih luas karena tidak lagi mengambil seting tempat di bawah tanah kota Moskow. Untuk membant menjangkau area yang lebih luas, di setiap map sudah disediakan moda transportasi seperti mobil, kereta, hingga perahu dayung.

review metro exodus gameplay

Meskipun udara di luar bisa dihirup dengan bebas, namun ada kalanya kamu harus memakai masker gas di tempat tertentu. Ragam cuaca yang dihadirkan menambah keseruan saat bermain. Gameplay game Metro kini jadi lebih dinamis. Mulai dari badai salju, badai pasir, hingga hujan membuat atmosfir permainan lebih hidup sekaligus menengangkan. Kenapa ? Karena ada banyak mahluk mutasi yang memanfaatkan kondisi cuaca tak menentu untuk memangsamu.

4. Sistem Persenjataan di Metro Exodus

Metro Exodus punya persenjataan yang bisa dibilang sangat realistis dan menantang. Kamu bisa menemukan berbagai senjata berat yang tentunya lebih sulit dikontrol. Sistem reload senjata pun tidak bisa dilakukan secara otomatis. Kamu harus menekan tombol reload secara manual saat amunisi habis. Amunisi yang tersedia sangat terbatas. Sebagai alternatif, kamu bisa racik supply dan ammo untuk melakukan crafting. Namun tentu saja, sangat sulit untuk membawa banyak supply dengan kapasitas yang dibatasi. Oleh karena itu, kamu harus bijak dalam penggunaan peluru.

review metro exodus weapon

Yang lebih menantang adalah masker gas yang digunakan Artyom bisa rusak. Untuk memperbaikinya, dibutuhkan resource khusus. Selain itu, senjata juga bisa kotor dan harus dibersihkan supaya tidak macet atau mengalami overheat. Untungnya, senjata bisa dikustomisasi sehingga dapat mempengaruhi gaya bermain kamu. Kamu bisa merancang senjata sendiri untuk jarak jauh atau dekat, sesuai kebutuhan kalian.

5. Siapa Musuhmu di Metro Exodus ?

Seting tempat yang berbeda justru menghadirkan banyak musuh berbeda pula. Musuh lamamu yaitu mahkluk mutasi atau mutan masih bisa ditemukan di game Metro Exodus. Namun ada satu mahkluk yang cukup unik yaitu bernama Humanimal. Mahluk yang menyerupai zombie ini mungkin punya nama yang cukup keren. Tapi sialnya, Humanimal lebih agresif dan akan menyerang siapapun yang dilihatnya. Mereka biasa berkumpul dalam satu grup. Mereka biasa tinggal di tempat gelap dan gedung atau bangunan yang sudah tidak terpakai.

review metro exodus humanimal

Gerakan Humanimal lebih mirip kera dibanding zombie. Mereka juga kerap menggunakan puing-puing di sekitar untuk digunakan sebagai senjata. Sekilas perilaku dan tampilan Humanimal memang mirip manusia purba. Namun tentunya dalam bentuk yang lebih menyeramkan.

6. Bersiap Menghadapi Manusia Sungguhan

Humanimal bukan satu-satunya musuh di game Metro Exodus. Di seri sebelumnya kamu juga berhadapan dengan Nazis, sebuah faksi yang memuja Hitler. Di seri Exodus kamu akan berhadapan dengan sekelompok geng bandit bernama Silantius yang tinggal di dekat sungai Volga. Mereka hidup dengan memuja ikan mutasi besar bernama Tsar Fish.

review metro exodus enemy

7. Penuh Adegan Menyeramkan

Metro Exodus memang tidak salah jadi salah satu game terbaik di tahun ini. Selain menawarkan grafis yang bagus, game ini juga bisa memacu jantungmu. Banyak adegan menyeramkan, tempat gelap penuh ancaman mahkluk berbahaya, dan bola listrik berwarna biru bernama Hazards yang sangat berbahaya jika didekati. Sensasi bermain di game ini akan terasa lebih menegangkan karena tentunya ada beberapa jump scare yang menambah keseruan bermain. Selain itu, kamu juga harus waspada terutama saat masuk ke dalam bangunan yang gelap.

review game metro pc ps4 xbox

Game Metro Exodus menawarkan sensasi bermain yang lebih menegangkan di dunia lebih luas. Seri lanjutan dari Metro Last Night ini memiliki gameplay yang benar-benar nyata. Perjalanan panjang mencari kota yang aman untuk ditinggali jadi misi utama di game ini. Metro Exodus sangat pas buat kamu yang suka main game genre FPS karena selain lebih menantang, suasana yang dibangun juga lebih menegangkan.

Leave a Comment