Red Dead Redemption 2: Visualisasi Wild West Lebih Hidup

Red Dead Redemption 2 jadi salah satu game terbaik di tahun 2019. Game besutan Rockstar Games ini tersedia untuk konsol Playstation 4 dan Xbox One. Predikat raja game open world terbaik memang layak disandangkan ke Rockstar. Selain game GTA, Red Dead Redemption juga jadi salah satu game bergenre open world andalannya. Namun berbeda dari GTA yang punya ritme permainan cepat, game ini menawarkan permainan lebih lambat dan lebih banyak fokus ke cerita dan gameplay. Baca: Game PS4 Terbaik 2019.

review game red dead redemption 2

Masih sama seperti seri sebelumnya, game ini menawarkan simulasi kehidupan di dunia wild west yang jauh dari kedamaian. Penggambaran karakter, lingkungan, hingga kuda tunggangan sangat real. Visualiasi game yang hidup didukung pula tata cahaya yang membuat game ini terasa istimewa. Binatang yang hidup di malam hari akan bersuara sebagaimana seharusnya di dunia nyata. Bahkan, kamu bisa menemukan ada dua hewan yang bertarung di hutan demi menciptakan suasana dunia wild west yang realistis.

Plot Cerita Red Dead Redemption 2

Meskipun game ini adalah serial kedua dari Red Dead Redemption 1, namun cerita yang diangkat di game ini adalah tentang kejadian sebelum seri pertamanya. Di game ini, kamu akan berperan sebagai Arthur Morgan salah satu anggota geng Van Der Linde yang merupakan orang terpercaya Dutch Van Der Linde. Cerita game ini dimulai dari kekacauan perampokan di Blackwater. Kekacauan tersebut membuat geng mereka dikejar oleh pihak berwajib dan pemburu bayaran. Hal inilah yang membuat mereka harus kabur ke daerah lain untuk bertahan hidup.

review red dead redemption 2 game playstation 4

Karena kehilangan banyak anggota dan terus diburu membuat Dutch ingin membawa sisa anggota lain keluar dari Amerika. Mereka ingin pindah ke pulau tropis untuk bisa hidup tenang dan damai. Namun untuk penuhi semua keinginan tersebut, mereka harus mengumpulkan banyak uang. Oleh karena itu, Dutch dan Arthur memutuskan untuk melakukan perampokan untuk membuat semua anggota Van Der Linde tetap bertahan dan bisa pindah mencari tempat baru.

Gameplay Red Dead Redemption 2

Sama seperti seri sebelumnya, Red Dead Redemption 2 mengusung konsep game open world. Dunia yang super luas siap kamu jelajahi. Di map yang jauh lebih luas terdapat misi yang akan nyambung ke cerita utama game ini. Selain memiliki misi utama, game ini juga punya misi sampingan untuk mendorong progres permainan kamu. Sistem bar sekarang lebih kompleks karena ada keterangan untuk Health, Stamina, dan Dead Eye. Cores di dalam bar melambangkan kecepatan, lalu Bars adalah keterangan resource yang akan habis setiap kamu menggunakannya.

review red dead redemption 2

Buat kamu yang baru memainkan game ini, mungkin akan merasa kesulitan. Namun seiring berjalannya waktu akan membuatmu lebih paham dengan cara bermain game ini. Untuk memenuhi Cores pada bar, kamu bisa gunakan makanan dan minuman yang kamu temukan. Selain itu, kamu juga bisa berburu binatang untuk dimakan. Kamu juga bisa beristirahat di pemandian kota atau istirahat di motel dengan membayar. Untuk mendapatkan uang, kamu harus selesaikan misi sampingan dan utama. Uang ini bisa kamu manfaatkan untuk beli atau upgrade senjata, beli kuda terbaik, beli peluru, hingga menyogok pemburu bayaran yang terus menerus memburumu.

review red dead redemption 2 game xbox

Penggambaran Karakter

Karena Red Dead Redemption 2 adalah seri prekuel dari game Red Dead Redemption 1, maka kamu pasti tahu akhir cerita ini akan seperti apa. Namun bukan masalah ending cerita yang jadi fokus. Fokus utama game ini adalah menceritakan kisah apa yang terjadi antara Arthur dan Dutch sehingga pada Red Dead Redemption 1, John Marston tidak pernah membicarakan Arthur sama sekali.

review red dead redemption 2 series

Penggambaran karakter di game ini juga lebih kompleks. Setiap karakter punya karakter yang sulit ditebak. Situasi yang tidak menentu membuat setiap orang membuat keputusan sulit, bahkan berujung kepada penghianatan. Salah seorang karakter yang mendapat penggambaran lebih nyata adalah Dutch. Di mana jika di seri pertama ia tidak terlihat begitu kuat, namun di game ini kamu bisa melihat karakter asli Dutch. Cerita dan penggambaran tokoh yang pas juga didukung voice over tepat sehingga membuat kesan permainan benar-benar hidup. Salut untuk Rockstar Games.

Video Gameplay Red Dead Redemption 2

Kesimpulan

Game Red Dead Redemption memang menawarkan jalan cerita yang lambat. Namun jika terus memainkannya, kamu seolah bisa merasakan seperti apa kehidupan dunia barat yang lebih nyata. Tempo permainan memang tidak secepat GTA, maka dari itu game ini memang disarankan untuk kamu yang lebih suka menikmati jalan cerita permainan dibanding harus cepat-cepat menamatkannya.

Detail yang dimiliki game ini sangat luar biasa. Contoh yang paling terlihat adalah ketika kamu sengaja mendekati orang asing, maka orang di sekitarmu akan mengancam untuk menjauhinya. Beberapa NPC juga kadang terlihat berkomentar terhadap pakaianmu kalau terlalu kotor dan bau. Kekurangan dari game ini adalah masih terlihat gerakan NPC yang masih kaku di beberapa adegan sehingga mengurangi kesan realistis game.

Leave a Comment