5 Cara Memilih RAM yang Tepat untuk Laptop dan PC

Cara memilih RAM yang benar untuk laptop dan PC gaming tidak berbeda jauh dengan memilih RAM untuk PC biasa. Hanya saja yang membedakan antara kebutuhan RAM PC gaming dan biasa adalah kapasitasnya. Laptop atau PC gaming membutuhkan kapasitas RAM lebih besar karena pemrosesan gaming lebih kompleks. Biasanya PC atau laptop gaming membutuhkan RAM minimal 8GB.

Varian RAM di pasaran ada banyak, mulai dari DDR3, DDR4, hingga yang terbaru DDR5. Selain itu, kapasitas RAM untuk PC dan laptop gaming juga banyak mulai dari 4GB hingga 16GB. Nah, buat kamu yang lagi cari RAM untuk PC dan laptop berikut ini ada tips memilih RAM yang tepat untuk gaming:

1. Membedakan RAM untuk PC dan Laptop

Jika kamu menggunakan PC pilihlah RAM tipe DIMM, LODIMM, atau LO-DIMM. Sementara itu, untuk laptop pilihlah RAM tipe SODIMM atau SO-DIMM. Selain itu, kamu juga harus tahu apa jenis RAM yang digunakan. Socket RAM DDR3/DDR3L pada motherboard tentu berbeda dengan socket RAM DDR4. Sebagian besar motherboard punya 2 atau 4 slot socket untuk memasang RAM.

cara memilih ram dari perbedaannya

2. Perhatikan Kapasitas dan Kecepatan RAM

Untuk ukuran PC dan laptop gaming, kapasitas RAM minimal adalah 8GB. Sebesar apa kapasitas RAM tergantung dari memory controller yang ada di processor. Beberapa processor punya dukungan kapasitas RAM maksimal berbeda. Misalnya, Intel Core i7 6700 yang mendukung memori RAM hingga 64GB. Processor ini tidak akan bisa dipasangkan dengan kapasitas RAM lebih besar dari 64GB.

cara memilih ram dari socket ram

Selain itu, processor juga hanya mendukung jenis RAM tertentu. Misalnya lagi, Intel Core i7 6700 hanya bisa dipasangkan dengan RAM DDR4-1866/2133 dan DDR3L-1333/1600 dengan kecepatan maksimal mencapai 34.1 GB/s. Di samping itu, kamu juga harus cek mengenai berapa kecepatan RAM yang didukung oleh motherboard yang dipakai.

3. Perhatikan Sistem Operasi yang Digunakan

Sebenarnya hal ini tidak terlalu harus diperhatikan karena kebanyakan laptop dan PC gaming biasanya sudah pakai sistem operasi Windows terbaru. Hanya saja, perlu kamu ketahui bahwa saat memilih RAM kamu harus perhatikan sistem operasi yang digunakan. Misalnya, kamu pakai Windows 7 Ultimate 32-bit, sistem operasi ini hanya mendukung RAM hingga 4GB saja, jadi kamu tidak bisa pasang RAM 8GB atau di atasnya.

4. Pilih RAM dengan Heat Sink

Main game tentu memakan banyak waktu. Oleh karena itu, RAM untuk PC gaming harus memiliki heatsink. Heatsink adalah lempengan logam mencuat di atas RAM. Fungsi Heatsink adalah untuk menyebarkan panas dari RAM supaya mudah didinginkan. Karena suhu panas bisa disebarkan dengan cepat, maka performa RAM akan terasa lebih stabil. Namun untuk laptop, fitur heatsink tidak terlalu dibutuhkan.

cara memilih ram terbaik

Lalu bagaimana dengan RAM yang punya LED RGB ? Fitur lampu RGB hukumnya tidak wajib. Lampu tersebut hanya berfungsi sebagai hiasan saja. Kalau kamu punya PC desktop dengan casing transparan, RAM dengan LED RGB akan membuat desktop lebih stylish. Sedangkan, untuk RAM laptop kebanyakan tidak punya LED RGB karena tidak ada gunanya sama sekali.

5. Pilih Merk RAM Terbaik

Yang paling utama dari cara memilih RAM terbaik adalah beli merk ternama. Beberapa merk RAM terbaik seperti: Team, Corsair, Kingston, Adata, dan Silicon Power bisa jadi pilihan terbaik. Bingung pilih RAM yang bagus ? Cari merk dan model RAM terbaik untuk gaming. RAM dari merk ternama tentunya punya kualitas yang lebih terpercaya. Di samping itu, RAM merk terbaik juga punya layanan purna jual yang bisa menangani kerusakan atau kecacatan produk.

cara memilih ram yang bagus

RAM merk terbaik juga dikemas dengan baik. Jangan sekali-kali beli RAM tanpa kemasan karena sangat patut untuk dicurigai punya kualitas jelek. RAM tanpa kemasan bisa saja punya risiko kestabilan performa dan bahkan juga bisa mengakibatkan kerusakan pada perangkat akibat gangguan listrik statis. RAM tanpa kemasan juga rawan punya chip yang sudah rusak. Sangat merugikan untuk dibeli.

Leave a Comment