5 Tips Memilih Mousepad Gaming Terbaik dan Tahan Lama

Tips Memilih Mousepad Gaming – Mousepad atau alas mouse adalah salah satu aksesoris gaming yang wajib kamu miliki. Mousepad berfungsi untuk membantu meningkatkan akurasi dan memudahkan kendali mouse. Penggunaan mousepad bisa bikin kamu makin betah main game. Nah, buat kamu yang mau beli mousepad gaming, berikut ini tips memilih mousepad gaming yang bagus dan pas sesuai kebutuhan. Apa saja ?

tips memilih mousepad gaming

1. Pilih Alas dari Bahan Karet

Saat ingin memilih mousepad gaming terbaik, pastikan cari mousepad gaming yang punya alas karet. Kenapa ? Karena fungsi karet adalah untuk menjaga mousepad agar tidak mudah bergeser. Karet membuat mousepad lebih kesat jadi tidak licin saat kamu menggerak-gerakan mouse dengan cepat. Fungsi lain dari alas karet adalah untuk mencegah permukaan tempat kamu menaruh mousepad rusak.

2. Pilih Jenis Permukaan Sesuai Kebutuhan

Ada 2 jenis permukaan yang biasa digunakan di mousepad gaming. Kedua jenis bahan permukaan ini bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan jenis game yang sering dimainkan. Jenis permukaan yang pertama adalah mousepad soft surface. Bahan soft surface lentur dan tidak mudah digulung sehingga mudah dibawa kemana-mana. Bahan soft surface punya permukaan licin. Jenis permukaan ini cocok untuk game yang membutuhkan kecepatan (speed). Karena licin, mouse bisa digerakan lebih cepat.

memilih mousepad gaming

Yang kedua adalah mousepad hard surface. Bahan ini lebih keras dan biasanya terbuat dari bahan kaca atau plastik. Mousepad lebih kaku sehingga sangat baik buat kamu yang butuh akurasi tinggi. Lapisan permukaan hard surface memiliki tekstur. Sangat cocok untuk kamu yang butuh kontrol dan akurasi seperti game genre FPS.

3. Beli Mousepad Gaming yang Tebal dan Nyaman

Kebanyakan mousepad gaming punya ketebalan rata-rata 4mm. Karena cukup tebal, mousepad jadi lebih nyaman saat digunakan. Ketebalan mousepad menjaga posisi tangan tetap stabil dan cukup nyaman untuk bersandar di mousepad. Tapi jangan asal pilih mousepad yang tebal. Pastikan permukaan mousepad cukup nyaman untuk disandarkan tangan saat main game.

memilih mousepad gaming yang tepat

4. Perhatikan Jahitan di Pinggir Mousepad

Tips memilih mousepad gaming yang bagus selanjutnya adalah perhatikan pinggiran mousepad. Pastikan jahitan di pinggiran mousepad rapih. Jika tidak rapih, mousepad bisa cepat sobek dan mengkerut (kusut). Selain itu, kamu harus ketahui bahan apa yang digunakan untuk melapisi mousepad. Pastikan cukup aman dan nyaman agar tidak membuat kulit tangan lecet.

5. Cari Ukuran Mousepad yang Tepat

Bentuk dan ukuran mousepad sangat beragam. Ada yang kotak, persegi panjang, bahkan ada yang bentuknya oval. Namun apapun bentuknya, sesuaikan dengan kebutuhan dan luas tempat untuk menaruh mousepad. Jangan beli mousepad yang terlalu kecil padahal kamu suka main game FPS karena pasti akan menggangu gerakan tangan.

memilih mousepad gaming yang benar

Jangan juga beli mousepad yang terlalu besar karena takutnya mubazir dan merusak pemandangan atau estetika. memilih mousepad gaming yang tepat harus disesuikan dengan berapa banyak kebutuhan area gerak tangan saat bermain game. Selain luas, kami juga sarankan untuk beli mousepad yang berwarna gelap karena kalau kotor tidak akan terlalu kelihatan dan mudah dibersihkan.

Perbedaan Mousepad Biasa dan Mousepad Gaming

Memilih mousepad gaming tidak boleh sembarangan. Meskipun kamu bisa pakai mousepad biasa untuk main game, tapi percuma karena tidak akan tahan lama. Kenapa ? Karena saat main game kamu bakal gerakin tangan secara intensif. Pergerakan mouse juga lebih banyak dan cepat dibanding penggunaan harian. Jika dipaksa menggunakan mousepad biasa, bisa menyebakan mousepad cepat rusak dan sobek.

Berbeda dengan mousepad biasa, mousepad gaming sudah dirancang sedemikian rupa supaya bisa menahan gesekan yang banyak dan intensif. Bahan yang digunakan pun berbeda sehingga wajar saja kalau harga mousepad gaming lebih mahal dibanding mousepad biasa.

Belakangan ini, banyak mousepad gaming yang dibekali lampu LED RGB yang bisa diubah-ubah warnanya. Sebenarnya secara fungsi tidak ada pengaruhnya sama sekali. Hanya saja lampu RGB dapat meningkatkan estetika dan membuat tampilan meja gaming kamu makin menarik. Jadi, sudah ada bayangan mau memilih mousepad gaming yang mana ?

Leave a Comment