Review Soul Calibur 6: Game Fighting yang Akhirnya Dirilis Untuk PC

Karena pasar PC gaming berkembang pesat, Bandai Namco nggak takut lagi merilis Soul Calibur 6 dan menjualnya di Steam. Hal ini dimulai dari dirilisnya Tekken 7 yang setahun lebih dulu dirilis. Dirilisnya kedua game fighting yang belum pernah bersinggah di platform Windows memberikan nafas segar bagi para gamer PC atau mantan console gamers yang hijrah ke PC. Kehadiran Steam juga membantu sekali para developer untuk mengkonversi game konsol mereka ke PC. Mungkin karena penjualan game melalui platform distribusi digital paling banyak digunakan gamers ini memberikan fasilitas-fasilitas para PC gamers untuk memungkinkan mereka untuk membeli game original. Terima kasih Tuan Gabe!

Soul Calibur 6

Kembali ke Soul Calibur 6. Game ini mengembalikan mekanisme gameplay pendahulunya dengan beberapa fitur baru. Kalian akan tetap menemukan beberapa karakter lama yang ikonik seperti Mitsurugi, Ivy, Sophitia, Cervantes, Siegfried, Taki, dan karakter-karakter yang dikenal oleh fans seri Soul Calibur atau Soul Blade/Soul Edge lain. Soul Calibur 6 mengembalikan lagi karakter alternatif yang merupakan warisan dari seri-seri sebelumnya. Kamu akan menemukan Geralt dari The Witcher 3: Wild Hunt dan Noctis dari Final Fantasy XV. Penasaran sama game fighting satu ini? Kalau belum pernah mencoba, kalian bisa mengikuti artikel Sobatgame satu ini hingga akhir. Yuk simak!

Plot Cerita: Mengambil Timeline Soul Calibur Pertama dan Kedua

Walaupun dari game ini adalah instalasi keenam dari seri Soul Calibur, secara cerita Soul Calibur 6 bukanlah kelanjutan dari Soul Calibur 5. Seri keenam ini mengambil timeline event di antara kejadian yang terjadi di game Soul Calibur pertama dan kedua. Akan tetapi, ada beberapa aspek dalam cerita dan karakter baru pada game Soul Calibur 6 ini. Pada seri keenam ini, posisi protagonis utama diisi oleh Kilik yang merupakan salah satu murid terbaik di salah satu perguruan bela diri yang berakhir tragis. Sebuah rumor akan sebuah senjata bernama Soul Edge yang ditengarai sebagai senjata penuh kegelapan di pegang oleh Nightmare yang merupakan sisi jahat dari Siegfried.

Soul Calibur 6

Nightmare di temani oleh prajurit-prajurit bawahannya seperti Ivy, Astaroth, dan juga Lizardman. Namun, Kilik menyadari bahwa di dalam dirinya terdapat sedikit kekuatan jahat yang membuatnya tak hanya ingin memusnahkan Nightmare dan menghancurkan Soul Edge, akan tetapi juga ingin mengetahui apa yang kebenaran yang sesungguhnya. Begitulah secara garis besar cerita dari Soul Calibur 6, bagaimana dengan gameplay dan juga grafis yang disajikan?

Soul Calibur 6

Game ini menawarkan sebuah mode bernama Chronicles of Souls yang memungkinkan kamu untuk memainkan karakter-karakter lain selain Kilik yang merupakan karakter utamanya. Dalam mode ini, setiap karakter memiliki cerita dan latar belakang berbeda dalam memburu Nightmare dan juga Soul Edge. Apabila kalian memilih karakter yang memiliki hubungan dengan Kilik, kalian akan menemukan latar belakang cerita tambahan. Di samping itu, ada mode ekstra baru dengan nama Libra of Soul yang menawarkan fitur character creation. Format mode Libra of Soul mirip-mirip dengan game RPG dengan battle layaknya game Soul Calibur. Dalam mode ini juga bisa menentukan jalan mana yang akan kalian pilih, jalan cahaya yang dimiliki oleh Soul Calibur atau jalan kegelapan dari Soul Edge.

Masih Dengan Mekanisme Pendahulunya Dengan Beberapa Kebaruan

Untuk mekanisme gameplaynya, Bandai Namco masih menawarkan sensasi game-game pendahulunya yang berfokus penggunaan senjata. Ukuran senjata memiliki pengaruh pada damage yang dihasilkan. Semakin besar yang kalian gunakan, tentu semakin besar juga damage yang dihasilkan, begitu juga sebaliknya. Akan tetapi ukuran dari senjata tersebut juga mengurangi kecepatan dan banyaknya combo serangan. Di sisi lain, fitur Reversal Edge memberikan pengaruh yang sangat besar dalam pertarungan. Fitur ini akan memberikan damage yang sangat besar dengan cara melakukan charging.

Dari segi grafis, Soul Calibur 6 menggunakan basis Unreal Engine 4 yang juga digunakan oleh Tekken 7. Engine ini berhasil memberikan presentasi terbaik untuk game fighting generasi sekarang. Visual yang disajikan tampak cantik dengan detil karakter yang apik dan efek partikel yang keren. Selain itu, ketika bertarung kalian akan merasakan sensasi yang semakin sinematik dan dramatis. Hal ini berkat dibekalinya depth of field. Nggak hanya itu, untuk menambahkan kesan yang semakin realistis, seri keenam game fighting dengan senjata besutan Bandai Namco menghadirkan fitur kehancuran kostum.

Kesimpulan

Sebagai seri pertama yang dirilis di PC, Soul Calibur 6 turut diberikan apresiasi karena konversinya cukup baik. Selain itu, game ini bisa menyaingi saudara kandungnya, Tekken 7, dari segi gameplay dan grafisnya. Namun, dibalik segala kelebihan, tentu Soul Calibur 6 meninggalkan sedikit kekurangan terutama pada mode Chronicles of Souls dan Libra of Souls yang kami rasa kurang mendalam seperti Tekken 7 yang malah juga menghadirkan FMV. Walaupun dibalik kekurangannya tersebut, Soul Calibur 6 adalah game yang well-executed. Jadi, buat apa ragu lagi untuk mencoba game fighting satu ini?

Leave a Comment