Resident Evil 2 Remake: Digarap Kembali dengan Sangat Serius

Di awal tahun 2019, Capcom merilis Resident Evil 2 Remake yang mana salah satu seri Resident Evil terlaris. Sebenarnya, Capcom tertarik membuat remake Resident Evil kedua ini pada tahun 2002. Hal ini karena kesuksesan remake ulang Resident Evil pertama yang dirilis di GameCube yang akhirnya dirilis versi HD-nya untuk PC, PS4, Xbox One, PS3, dan Xbox 360 beberapa tahun lalu.

Resident Evil 2 Remake

Resident Evil merupakan salah satu seri game horror terlaris sepanjang masa yang diproduksi oleh Shinji Mikami. Bagi para gamers verteran, pasti tahu Shinji Mikami. Tangan dinginnya telah menciptakan karya-karya keren yang hingga kini masih diingat. Pada kesempatan kali ini, Sobatgame akan membahas salah satu remake tersukses yang pernah ada. Penasaran? Ikuti artikel ini hingga akhir ya.

Plot Cerita Resident Evil 2 Remake: Masih Sama

Bagi yang pernah bermain seri keduanya ini, pasti kalian sudah hafal dengan dua karakter utama RE 2 yakni Leon S. Kennedy dan juga Claire Redfield. Namanya juga remake, Garis besar cerita RE 2 Remake masih mengambil latar belakang cerita game originalnya.

Resident Evil 2 Remake

Cerita berawal pada 29 September 1998, dua bulan setelah kejadian di Resident Evil di mana hampir semua penduduk di Racoon City, sebuah kota daerah barat tengah di Amerika Serikat yang terjangkit oleh virus T yang mengubah mereka menjadi Zombie.

Leon S. Kennedy memulai harinya sebagai polisi dengan menghadapi para zombie di sebuah kota yang bernama Racoon City. Pada perjalanannya menuju kota tersebut, Leon bertemu dengan Claire Redfield yang merupakan anak kuliahan yang sedang mencari kakaknya yang merupakan protagonis di game pertama yakni Chris Redfield.

Resident Evil 2 Remake

Baru saja bertemu dan ngobrol-ngobrol sebentar, mereka terpisah ketika mobil polisi yang mereka gunakan ditabrak oleh sebuah truk yang dikendarai oleh seorang supir yang sudah terjangkit T-virus yang diciptakan oleh perusahaan yang bernama Umbrella. Ketika berada di kantor polisi Racoon City, mereka menemukan banyak petugas yang terbunuh. Dan disini mereka harus menjadi penyintas dan saling bertemu satu sama lain di suatu tempat.

Ketika bertemu jalan keluar dari tempat tersebut, Leon dan Claire bertemu dengan tokoh-tokoh lainnya seperti Sherly Birkin, seorang gadis kecil yang lari dari makhluk aneh, dan juga Ada Wong yang mengaku mencari pacarnya yang merupakan seorang peneliti di Umbrella.

Lebih Hidup dengan Grafis Terkini dan Gameplay yang Jauh Berbeda

Dari segi grafis, tentu Capcom menyuguhkan grafis terkini dengan engine terbaru. Kalian akan melihat tampang Leon yang tampak ganteng dan Claire yang cantik dan imut dengan lebih jelas. Selain itu, berbeda dengan seri pertama yang pernah diremake juga, namun masih menggunakan kamera dan gameplay yang serupa, Resident Evil 2 tampil dengan kebaruan yang benar-benar baru.

Resident Evil 2 Remake

RE 2 meneruskan perspektif kamera yang pernah ada di Resident Evil 4, 5 dan seterusnya. Kamu nggak akan menemukan lagi pintu yang terbuka ketika ingin berganti scene. Di sini semuanya terkesan lebih hidup. Segala tempat yang dulu pernah kamu kunjungi di game originalnya juga terlihat lebih detil. Kameranya juga interaktif, kamu nggak akan lagi lihat kamera pasif yang hanya menyoroti beberapa sudut saja.

Selain grafisnya yang diubah seratus persen, gameplaynya pun juga sangat berubah. Sepertinya Capcom ingin memberikan hal baru yang belum pernah fansnya temukan. Apabila kamu pernah main versi originalnya pasti kamu ingat dengan puzzle-puzzle-nya. Puzzle paling diingat pasti mendorong-dorong suatu benda. Di seri remakenya ini berbeda. Semua terkesan lebih realistis karena ingin mencoba lebih relevan. Maka dari itu, game ini bisa dibilang game baru dengan cerita lama.

Ketika kalian mengeksplorasi kantor polisi Racoon City, kalian akan menemukan tempat-tempat yang familiar walaupun hadir dengan struktur yang non-linier. Kamu nggak akan bisa dengan bebas mencari pintu mana yang terbuka dan mengakses jalurmu sendiri.

Kesimpulan: Game Horror Terbaik Tahun Ini

Kali ini Capcom sangat sukses menyuguhkan banyak kebaruan pada game remakenya ini. Para pemain veteran pun kami pikir akan menganggap bahwa game ini adalah game baru yang cume mengambil jalan cerita game originalnya. Resident Evil kedua yang diremake ini bisa kamu mainkan diberbagai platform, di antaranya; PS4, Xbox One, dan juga PC.

Leave a Comment