Home » Hebat Mana Mediatek Helio G90T vs Snapdragon 720G?

Hebat Mana Mediatek Helio G90T vs Snapdragon 720G?

Mediatek vs Snapdragon

Mediatek Helio G90T vs Snapdragon 720G – Pilihan smartphone kelas menengah kini semakin membludak, dan persaingannya semakin ketat. Apalagi mulai banyak merek-merek dari negeri Tiongkok yang sudah lama meramaikan persaingan smartphone seperti Oppo, Xiaomi, Realme, dan Vivo. Persaingan smartphone ini juga tak luput dari persaingan chipset yang digunakan. Untuk smartphone kelas menengah, ada dua chipset yang cukup bersaing, yakni Mediatek Helio G90T dan juga Qualcomm Snapdragon 720G.

Mediatek vs Snapdragon

Performa keduanya sangat mumpuni untuk kebutuhan gaming hari ini. Untuk komposisinya, kedua chipset tersebut memiliki delapan inti yang hadir dengan kombinasi dual-core dan hexa-core. Pada kesempatan kali ini, kami dari Sobat Game akan membahas persaingan antara Mediatek Helio G90T vs Snapdragon 720G. Artikel ini tepat untuk kalian yang sedang mencari hp kelas menengah di rentang harga Rp 3 jutaan. Maka dari itu, ikuti artikel ini hingga akhir.

Manakah yang Lebih Unggul, Mediatek Helio G90T vs Snapdragon 720G?

Mediatek Helio G90T adalah chipset yang dirancang oleh sebuah perusahaan yang memproduksi semikonduktor asal Taiwan bernama Mediatek untuk industri komunikasi nirkabel, televisi high-definition, sistem navigasi, produk multimedia, smartphone, tablet, dan masih banyak lagi. Sedangkan, Snapdragon 720G diproduksi oleh perusahaan teknologi asal Amerika Serikat bernama Qualcomm yang sejak 1985 sudah berkecimpung dibidangnya.

Kedua chipset tersebut disematkan pada smartphone kelas menengah yang apabila dikonversi ke rupiah harganya berkisar di Rp 3 jutaan hingga 4 jutaan. Umumnya smartphone kelas menengah sudah menggunakan konfigurasi kamera dengan resolusi tinggi dan juga gaming. Apalagi game-game smartphone sekarang sudah hampir setara grafisnya dengan game-game console generasi sebelumnya dan juga game PC yang dirilis beberapa tahun lalu. Bahkan, pada layar sekecil itu kita bisa memainkan game-game dari console seperti PSX atau PS2 yang grafisnya rata-rata sudah dirancang dengan jutaan polygon.

Baca Juga  10 Game Offline Terbaik Untuk PC dan Juga Android 2020

Mediatek vs Snapdragon

Mediatek Helio G90T memiliki konfigurasi prosesor Octa-core (Dual-core 2.05 GHz Cortex-A76 dan Hexa-core 2.0 GHz Cortex-A55). Semetara itu, Qualcomm Snapdragon 720G hadir dengan komposisi Dual-core 2.3 GHz Kryo 465 Gold dan Hexa-core 1.8 GHz Kryo 465 Silver. Secara tertulis keduanya memiliki komposisi yang tidak berbeda jauh, akan tetapi, bagaimanakah dengan performanya?

Kecepatan Internet Mediatek Helio G90T vs Snapdragon 720G

Pada dasarnya keduanya dirancang dengan teknologi yang berbeda. Apabila Snapdragon 720G dikembangkan dengan teknologi fabrikasi 8nm, Mediatek Helio G90T masih menggunakan teknologi fabrikasi 12nm. Meskipun keduanya mampu menjalankan game-game terkini dengan lancar, ada beberapa aspek Snapdragon 720G lebih unggul. Pertama adalah modemnya yang mendukung kecepatan downlink LTE Cat-15 hingga 3.9 Gbps, di mana Helio G90T hanya mendukung kecepatan hanya 600 Mbps.

Kamera Mediatek Helio G90T vs Snapdragon 720G

Begitu juga pada aspek kameranya. Di sini Snapdragon memiliki teknologi yang lebih unggul. Untuk dukungan pada kamera, Qualcomm Snapdragon dibekali dengan teknologi ISP (Image Signal Processor) Qualcomm Spectra 350L yang mendukung kamera tunggal hingga 192MP karena fitur MFNR dan ZSL. Kemudian untuk kamera gandanya, teknologi ini mampu mendukung kamera ganda masing 16MP. Sedangkan untuk pesaingnya, Helio G90T, hanya mendukung kamera tunggal hingga 64MP dan kamera ganda dengan 24MP + 16MP. Walaupun begitu, keduanya sudah disertai dengan unit pemrosesan AI yang canggih sehingga mampu memberikan performa kamera yang sangat baik dan juga konsumsi baterai yang lebih efisien.

GPU (Gaming)

Berbicara performa gaming, tentu tak luput dari GPU yang disematkan pada chipsetnya. Snapdragon 720G menggunakan GPU Adreno 618 dan Helio G90T menggunakan GPU Mali-G76 3EEMC4. Di atas kertas, GPU milik Helio lebih tinggi kecepatan clocknya. Akan tetapi, bagaimana dengan performanya? Berdasarkan skor AnTuTu 8, Helio G90T ternyata tidak hanya unggul di atas kertas, di pengujian juga memiliki performa yang lebih hebat dibandingkan Adreno 618. GPU dari Helio G90T mampu mendapatkan skor AnTuTu hingga 80368, sedangkan untuk pesaingnya ini hanya mendapatkan 70643.

Baca Juga  5 Kelebihan dan Kekurangan Processor Intel untuk Gaming

Memori dan Layar

Pada departemen layar dan memori, Helio G90T mendukung RAM LPDDR4x dengan frekuensi 2133 MHz. Untuk Snapdragon mendukung kecepatan RAM 1688. Kemudian, untuk layarnya, Snapdragon 720G mendukung resolusi layar HD Quad HD+ yang mendukung HDR10 dan juga refresh rate 120Hz. Pesaingnya, hanya mendukung tampilan Full HD+ saja.

Kesimpulan

Di sini bisa dilihat bahwa Snapdragon 720G unggul di banyak aspek dibandingkan dengan Helio G90T. Namun, GPU yang dimiliki chipset pada Helio G90T menghasilkan skor lebih tinggi. Dengan ini, kalian bisa menentukan hp dengan chipset mana yang akan kalian pilih tergantung dengan budget kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *