Sejarah Game Gran Turismo: Game Simulasi Balap Nomor Wahid

Gran Turismo sangatlah populer di kalangan para gamers yang lahir di tahun 90-an, terutama mereka yang doyan main PlayStation pertama. Sejak pertama kali dirilis, Gran Turismo bisa dibilang merupakan game balap mobil yang sangat populer di masanya, karena game ini membawa grafis yang cukup revolusioner. Terlebih lagi sebelum adanya game simulasi balap seperti Forza, Grid, dan semacamnya, game balap eksklusif PlayStation ini menyajikan game balap simulasi yang sangat realistis.

Selain itu, mobil-moil yang tersedia dalam game ini semuanya dilisensi resmi oleh para produsen tersebut. Game ini juga bisa dianggap sebagai game balap yang sangat ambisius. Pada artikel kali ini Sobat Game akan membahas sebuah game balap mobil legendaris yang hingga kini masih dirilis dan seri terbarunya tetap ditunggu oleh penggemarnya. Penasaran bagaimana Sejarah game balap eksklusif PlayStation satu ini? Jangan lewatkan ya artikel satu ini.

Gran Turismo

Pada tahun 1997, seorang desainer game balap bernama Kazunori Yamauchi dan timnya merilis sebuah game balap revolusioner yang pengerjaan awalnya bermulai pada tahun 1992.

Game ini membutuhkan 5 tahun untuk diselesaikan, karena sang desainer game asal Negeri Sakura tersebut menyatakan bahwa begitu sulit membuat game bernama Gran Turismo. Nggak hanya grafisnya yang sangat bagus, game satu ini memiliki gameplay yang juga baru di masanya. Pemain harus berkompetisi melawan pesaingnya yang sudah dirancang dengan AI atau Artificial Intelligent (kecerdasan buatan).

Game ini memiliki dua mode diantaranya Arcade Mode dan Simulation Mode (atau di versi Jepang atau PAL-nya bernama Gran Turismo Mode). Dalam mode simulasi pemain membutuhkan lisensi mengemudi atau SIM untuk mengikuti pertandingan. Di pertandingan tersebuat, kamu akan mendapatkan uang, piala, dan mobil hadiah jika memenangkan pertandingan tersebut. Dalam game perdananya ini, kamu akan menemukan 140 mobil dan 11 sirkuit.

Gran Turismo 2

Setelah kesuksesan prekuelnya, studio yang dipimpin oleh Kazunori Yamauchi bernama Polyphony digital akhirnya meneruskan game balapnya tersebut dan dirilis oleh Sony 2 tahun setelah diluncurkannya seri pertamanya.

Pada dasarnya prekuel game balap eksklusif Sony Playstation ini memiliki gameplay yang nggak jauh berbeda jika dibandingkan dengan pendahulunya. Lantas, apa yang membedakan Gran Turismo 1 dengan yang kedua? Tentu game ini memiliki pengembangan yang lumayan signifikan.

Tentu menghadirkan lebih banyak mobil balap berlisensi dibandingkan dengan game sebelumnya. Yang menakjubkan dari game ini adalah penjualannya, yakni mencapai 1,71 juta kopi di jepan, 20,000 di Asia Tenggara, 3,96 juta di Amerika utara, dan 3,68 juta di Eropa.

Gran Turismo 3 A-spec

Karena kedua versi yang dirilis di PSX laris, Sony dan Polyphony Digital akhirnya melanjutkan game balap simulasinya ke konsol generasi kedua Playstation. Karena PlayStation 2 dirancang dengan menggunakan teknologi yang lebih canggih, sekuel ketiga ini juga memiliki grafis yang jauh lebih baik dan realistis.

Gran Turismo

Secara gameplay juga nggak memiliki perbedaan. Kamu tetap bisa memainkan mode simulasi dan juga mode arcade. Game ketiga ini juga hadir dengan mobil baru yang populer pada saat itu. Setelah game ini dirilis, Sony dan Polyphony Digital merilis Gran Turismo Concept yang menjadi jembatan perilisan seri keempatnya.

Gran Turismo 4

Masih di konsol yang sama, Sony Computer Entertainment dan Polyphony Digital merilis seri keempatnya. Ada mode baru yang ditawarkan pada seri keempatnya ini yakni A-spec Mode dan B-spec Mode.

Dalam mode A-spec yang menuntut kamu untuk memenangkan balapan dalam sudut pandang orang pertama dengan mengumpulkan poin. Untuk mode B-spec, kamu akan bermain sebagai kru yang ada pada pit stop yang mengatakan pada pembalap bagaimana mereka mengandara. Game ini juga memungkinkan pemainnya bermain di resolusi FHD untuk visual yang lebih tajam.

Gran Turismo 5

Pada 24 November 2010, seri kelima game balap eksklusif PlayStation ini dirilis di PlayStation 3. Tentu dengan grafis yang jauh lebih bagus dan realistis.

Gran Turismo

Gran Turismo 5 adalah seri pertama yang menghadirkan tampilan mobil yang rusak ketika menabrak atau tertabrak entah itu mobil standar atau premium. Selain itu, seri kelima game ini adalah efek cuaca yang berpengaruh dengan sirkuit. Ada fitur yang menarik juga yang ditawarkan pada seri kelimanya ini, yakni balapan karting.

GT: 6

Seri keenam dari game besutan Polyphony Digital dan Sony Computer Entertainment ini masih dirilis untuk PlayStation 3. Sepertinya sudah menjadi kewajiban dan tradisi bahwa setiap konsol harus memiliki setidaknya 2 buah judul Gran Turismo.

Gran Turismo

Seri keenamnya ini bekerja sama dengan Ayrton Senna Institute yang merupakan organisasi NGO yang membantu menciptakan kesempatan untuk pengembangan manusia di Brazil. Organisasi ini dibentuk oleh keluarga dari salah satu legenda balap dunia, Ayrton Senna. Selain itu, game ini juga menyediakan konten yang dapat didownload di PlayStation Store.

GT: Sport

Seri terakhir adalah, Gran Turismo Sport yang dirilis di PlayStation 4. Jika dimainkan di PlayStation 4 Pro, game ini bisa dimainkan dengan resolusi Full HD dan 60 FPS sehingga visual yang ditampilkan semakin realistis.

Gran Turismo

Seri yang dibuat untuk PS4 ini hadir dengan mode baru yakni Sport Mode. Dalam mode ini pengendara didaftarkan di sebuah Driver Rating dan juga Sportmanship Rating. Nggak hanya itu saja, game ini menyuguhkan banyak mobil baru terlisensi yang dapat kamu gunakan ketika balapan.

Leave a Comment