ASUS TUF Gaming, Seri Laptop Gaming Murah Dari ASUS

Seperti yang kita ketahui, ASUS kini merajai dunia gaming terutama PC gaming. ASUS TUF gaming merupakan seri laptop yang menjadi salah satu alternatif dari ASUS untuk gamers dengan budget agak mepet. Dibandingkan dengan seri ROG, tentu ASUS TUF memiliki harga yang lebih terjangkau, tentu dengan banyak pertimbangan. Ada beberapa fitur ROG yang tidak dimiliki oleh seri TUF. Salah satunya adalah material yang digunakan. Meskipun begitu, TUF Gaming masih bisa diandalkan banget dari segi performa.

ASUS TUF

Seri ini pun memiliki daya tarik tersendiri. Selain karena harganya, desainnya pun cukup baik. ASUS TUF memiliki tiga varian, yang membedakannya adalah processor, chip grafis, dan juga kapasitas storagenya. Walaupun material dan fitur-fiturnya nggak seperti ASUS ROG, untuk urusan durabilitas, ASUS TUF bisa diandalkan banget kok. Sebelum dilepaskan ke pasaran, laptop ASUS TUF diuji coba dulu dengan pengujian standar militer.

ASUS TUF

Tidak hanya untuk produk laptopnya, produk-produk seperti motherboard pun juga diuji dengan pengujian yang sama. Pada artikel kali ini redaksi Sobatgame akan membahas, memberikan beberapa informasi terkait laptop ASUS TUF Gaming, dan memberikan daftar harga laptop-laptop TUF. Berikut pembahasan terkait laptop ASUS TUF Gaming

ASUS TUF FX505

Laptop Asus FX505 merupakan seri TUF dengan ukuran 15 inci. Sepertinya ukuran ini adalah ukuran standard untuk sebuah laptop gaming.

ASUS TUF

Laptop ini terdiri dari tiga varian diantaranya adalah FX505GD, FX505GE, FX505GM. Ketiga varian tersebut dibedakan dari GPU yang digunakan. FX505GD menggunakan NVIDIA GeForce GTX 1050, FX505GE menggunakan GTX 1050 Ti, dan FX505GM menggunakan GTX 1060. Untuk layarnya, FX505 mengusung display IPS dengan gamut warna 100% RGB. Laptop dengan harga kurang dari Rp 20 jutaan ini memiliki layar yang mampu memberikan warna yang cukup akurat.

ASUS TUF

Selain itu, kelebihan dari layar FX505 adalah kecepatan refresh mencapai 144 Hz. Maka dari itu, ketika bermain game akan terlihat lebih mulus. Selain seri itu, ada lagi seri yang baru saja dirilis yakni FX505DT yang menggabungkan processor dari kubu merah dan juga GPU dari kubu hijau.

Seri ini baru saja keluar pada 25 Juni silam. Karena baru saja keluar, tentu processor dan GPU yang digunakan adalah seri baru yakni AMD Ryzen 3000 dan juga NVDIA GTX Turing. TUF FX505 hadir juga dengan tiga varian model di antaranya: Gold Steel, Red Matter, dan juga Red Fusion.

ASUS TUF FX504

Jika dilihat dari bentuknya sepertinya nggak ada perbedaan secara signifikan apabila dibandingkan dengan FX505. Secara jumlah varian berdasarkan spesifikasi pun juga sama-sama tiga varian.

ASUS TUF

Pun dengan spesifikasinya, sepertinya nggak ada yang signifikan. Akan tetapi apabila kita melihat lebih lanjut, untuk varian dengan GTX 1060 atau FX504GM nggak dipasangkan dengan i7-8750H. Dalam varian tertingginya, hanya ditemani dengan processor i5-8300H. Secara harga juga nggak beda jauh dengan seri FX504GE yang hanya menggunakan GTX 1050 Ti.

Untuk desainnya, nggak ada perbedaan yang cukup mencolok dengan TUF FX505. Namun, FX504 memiliki empat varian model, di antaranya Black Matter, Red Matter, Fusion, dan Premium Steel. Apabila kamu suka dengan laptop gaming dengan corak atau yang agak ramai, kamu bisa memilih model yang Red Matter atau Fusion. Sedangkan untuk kamu yang suka dengan laptop gaming yang lebih polos, Black Matter atau Premium Steel cocok untuk kamu.

FX705

Apabila kamu ingin memiliki laptop gaming ASUS dengan ukuran yang lebih besar, ASUS TUF FX705 bisa menjadi pilihan kamu. Laptop ini hadir dengan keyboard yang dilengkapi dengan RGB LED backlit.

ASUS TUF

Akan tetapi, LED Backlitnya hanya memiliki satu jenis efek, nggak seperti seri ROG yang bisa kamu kustomisasi sesuai dengan yang kamu inginkan. Seperti seri FX505 dan FX504, seri ini menyediakan pilihan spesifikasi processor i7-8750H dan juga i5-8300H. Begitu juga dengan chip grafisnyal. ASUS menawarkan tiga varian chip grafis dan NVIDIA, di antaranya adalah NVIDIA GeForce GTX 1050, GTX 1050 Ti, dan juga 1060. Untuk storagenya kamu bisa mendapatkan HDD berkapasitas 1 TB dan juga SSD. Sepertinya untuk kebutuhan gaming sekarang SSD sudah menjadi sebuah keharusan.

Leave a Comment