Home » Story of Seasons: Friends of Mineral Town – Lebih Baik Dari Harvest Moon

Story of Seasons: Friends of Mineral Town – Lebih Baik Dari Harvest Moon

Story of Seasons

Kalian mungkin belum pernah mendengar sebuah game bernama Story of Seasons: Friends of Mineral Town. Namun, kamu pasti pernah mendengar nama Harvest Moon. Pada dasarnya Story of Seasons itu adalah Harvest Moon versi Jepang. Dan seri Story of Seasons: Friends of Mineral Town dirilis dan digarap kembali untuk PC (Steam). Seri PC ini adalah seri dimana Marvelous memisahkan diri dari Natsume. Natsume pun juga tetap merilis Harvest Moon, meskipun secara penjualan tidak begitu sukses.

Story of Seasons

Berbeda dengan seri aslinya, game ini hadir dengan gambar full 3D bergaya imut-imut. Alhasil gaya grafis seperti ini memiliki daya tarik tersendiri, apalagi Story of Seasons adalah game kasual yang memiliki dunia warna-warni. Apakah kalian belum pernah mencoba game ini? Nah kebetulan kami akan memberikan beberapa cuplikan game yang dirilis di beberapa platform seperti Nintendo Switch, PS4, dan juga PC. Penasaran? Yuk simak artikel ini hingga akhir.

Storyline Story of Seasons: Friends of Mineral Town

Game ini beralatar belakang di sebuah desa bernama Mineral Town yang sekitarnya adalah hutan. Sang karakter merasakan ada yang berbeda ketika ia tinggal di pertanian kakeknya di Mineral Town dibandingkan dengan kehidupan di kota. Di Mineral Town ini ia bisa mengunjungi tempat-tempat seperti hutan dan bermain dengan hewan-hewan ternak. Dua puluh tahun pun berlalu, hari-harinya di Mineral Town pun terngiang di benaknya. Akan tetapi, setelah ia kembali ke desa tersebut, semua keindahan yang dulu pernah ia rasakan berubah 180 derajat setelah wafatnya sang kakek. Di sana tak terlihat lagi hijaunya rumput dan tanaman, dan hewan ternak yang ia lihat pun kini sudah tiada.

Baca Juga  Review Batman: Arkham Knight, Seri Ke-4 Ksatria Kegelapan

Story of Seasons

Nah, dari sinilah awal kisah sang protagonis di mulai. Di sini kita harus memulainya dari awal dan membenahi serta mengembalikan semua yang pernah Anda. Sang protagonis harus mengembalikan rerumputan hijau di Mineral Town, dan juga harus menghidupkan semua yang sudah gersang. Lantas, apakah sang protagonis bisa mengembalikan keadaan Mineral Town seperti semula?

Gameplay Story of Seasons: Friends of Mineral Town

Secara mendasar game ini memang Harvest Moon Back to Nature. Seperti yang kami jelaskan sebelumnya bahwa Marvelous kini pecah kongsi dengan Natsume dan akhirnya nama Harvest Moon kini sudah diambil alih oleh Natsume. Maka, untuk seri original Harvest Moon yang dulu pernah berjaya di konsol Playstation 1, kini ada dua versi, yakni Story of Seasons dan Harvest Moon. Seri Story of Seasons memiliki penjualan yang cukup baik dibandingkan Harvest Moon besutan Natsume.

Sebagai game remake atau reboot, game simulation RPG ini tidak jauh berbeda dengan Harvest Moon Back to Nature. Di sini kalian bisa menjadi seorang petani dan juga peternak. Selain itu ada hal-hal yang sudah tentu harus ada di game Harvest Moon atau Story of Seasons, yaitu festival dan kencan. Seperti game aslinya, Story of Seasons: Friends of Mineral Town menyuguhkan opsi beberapa calon pasangan kalian yang harus kalian dekati dan secara perlakuan berbeda.

Kemudian, ada beberapa hal baru yang ditawarkan di game remake satu ini, yakni pilihan karakter yang berbeda. Di sini kalian bisa mengkustomisasi karakter kalian sesuai keinginan kalian. Kalian bisa mengubah warna kulit dan jenis kelamin. Sebenarnya, di game sebelumnya juga tersedia gender perempuan, namun apabila kita ingin memainkan protagonis perempuan kita harus membeli game yang berbeda.

Baca Juga  Suikoden 2 (Genso Suikoden II) JRPG Legendaris dari Konami

Aspek lain yang sedikit agak membedakan dari versi orisinalnya adalah kontrol yang lebih sederhana. Meskipun lebih sederhana, kontrol yang disuguhkan oleh Story of Seasons: Friends of Mineral Town. Bagi pemain konsol PS4, kalian menggunakan analog kanan untuk memilih item. Ada hal yang tidak kalian temukan di versi remakenya ini, yakni fitur membuang item secara sembarangan. Mungkin, Marvelous tahu bahwa sering terjadi kejadian yang cukup menyebalkan ketika pemain secara tidak sengaja melemparkan item apalagi item tersebut item penting.

Kesimpulan

Game ini adalah game yang paling tepat untuk generasi 90an yang ingin bernostalgia dengan game-game lama. Apalagi secara gameplay, tidak banyak ada perubahan. Menurut kami dibandingkan Harvest Moon versi Natsume, game satu ini jauh lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *