Review Horizon Zero Dawn PC: Porting yang Masih Kurang

Pada awalnya, Horizon Zero Dawn dirilis sebagai game eksklusif PS4. Akan tetapi, secara mengejutkan Sony Interactive Entertainment sebagai publisher merilis game eksklusif konsol besutan Sony-nya ini ke platform PC. Hal ini menjadi angin segar untuk para gamers PC yang akhir-akhir ini disuguhkan banyak genre game, terutama game-game dari developer Jepang, yang satu dekade lebih lalu nggak pernah terpikirkan untuk dirilis di PC.

Horizon Zero Dawn

Guerilla sebagai developer tentu cukup bekerja keras untuk menkonversi game yang tadinya di PS4 ke PC. Tentu ketika suatu game yang di-port ke PC, para gamers akan berekspektasi game tersebut akan memiliki grafis dan banyak hal yang ditingkatkan. Game Action RPG yang mengusung konsep open-world ini memiliki cerita yang menarik tentunya. Secara, sewaktu masih menjadi game eksklusif PS4 pada tahun 2017 silam, Horizon Zero Dawn menuai banyak pujian dari banyak reviewer atau pun gamers.

Bagaimana untuk port di PC-nya? Nah, kali ini, kami akan mengulas port game yang tadinya dianggap sebagai game eksklusif PS4 di artikel ini. Bagi kalian yang belum pernah memainkan atau pernah memainkan tapi penasaran dengan versi port untuk PC game ini, kalian bisa mengikuti artikel ini hingga akhir.

Detail Grafis Ditingkatkan, Resolusi 4K, dan 60 Fps

Apalagi yang ingin gamers rasakan dari sebuah game yang di-port ke PC selain kualitas grafis yang ditingkatkan dan juga 60 Fps. Pada versi PC-nya ini, keinginan gamers dipenuhi oleh Guerilla selaku developer dari Horizon Zero Dawn. Guerilla melakukan port game satu ini dengan sangat baik meski belum sempurna. Kalian akan merasakan petualangan Aloy sang protagonist pada 60 fps dan juga resolusi 4K yang bisa kalian atur di mode pengaturan. Bagi para gamers konsol atau PS4, pasti nggak akan meragukan bahwa grafis yang ditawarkan oleh game satu ini sangatlah keren dan juga detail.

Read More  Spiderman PS4: Game Superhero Terbaik Setelah Arkham Series

Horizon Zero Dawn

Tentu pada versi PC-nya ini ada banyak hal yang ditingkatkan dari segi detail grafis. Bagi PC kalian yang masih menggunakan rig kelas menengah, kalian bisa mendapatkan kualitas grafis yang setara dengan versi PlayStation 4 yakni setting grafis medium. Sementara, jika PC kalian spesifikasinya cukup monster, kalian bisa mendapatkan grafis yang sangat indah yang lebih bagus dibandingkan dengan versi PlayStation 4 Pro.

Peningkatan grafisnya ini dibekali dengan sebuah fitur yang bernama Dynamic Foliac. Fitur ini memungkinkan tumbuhan-tumbuhan di sepanjang perjalanan game akan terlihat sangat realistis. Tumbuhan yang ada di lingkungan game akan bergerak layaknya di dunia nyata. Mungkin hal ini merupakan peningkatan yang tidak terlalu besar, namun, peningkatan kecil ini menghasilkan efek yang cukup besar dari aspek grafis yang disuguhkan. Dengan fitur tersebut, grafis pun nampak semakin realistis.

Horizon Zero Dawn

Selain itu, kelebihan yang ditawarkan oleh versi PC Horizon Zero Dawn adalah sajian gameplay open-world yang lebih leluasa tanpa menunggu loading yang lama apabila kalian menggunakan PC atau laptop dengan media penyimpanan SSD. Perindahan dari tempat satu ke tempat lainnya melalui fast-travel akan lebih cepat apabila menggunakan teknologi SSD.

Apabila kalian pernah memainkan game ini di PlayStation 4 biasa mau pun versi Pro, kalian akan mendapatkan fps lock yang hanya mentok di 30 fps saja. Namun, di versi PC, kalian bisa menikmati kualitas grafis maksimal di fps 60 dan resolusi 4K pada setting grafis tertinggi. Begitulah enaknya PC, kalian bisa mengatur kualitas grafis paling mentok.

Horizon Zero Dawn PC: Masih Belum Sempurna

Namun, kelebihan pada segi grafis ini bukannya tidak meninggalkan cacat. Horizon Zero Dawn versi PC masih belum bisa dikatakan sempurna. Di beberapa bagian, ditemukan crash yang cukup mengganggu. Nggak cuma crash yang bisa kalian temukan, glitch juga akan kamu temui di game ini. Di beberapa kesempatan Aloy tidak merespon pergerakan beberapa detik ketika melakukan looting. Meski tidak terlalu banyak, bagaimana pun juga, glitch tetaplah mengganggu.

Read More  Review DOOM Eternal: Cerita yang Lebih Kompleks Dari Sebelumnya

Horizon Zero Dawn

Ada hal lain yang menurut kami porting game ini masih kurang maksimal yakni dukungan Ultrawide-nya. Padahal mode Ultrawide pada game akan membuat gameplay menjadi lebih seru karena sudut pandang yang lebih luas. Namun, pada versi porting game ini, kalian akan menemukan visual yang melebar yang membuatnya kurang nyaman. Akan tetapi, dibalik segala ketidaknyamanan itu, Guerilla dan Sony akan memberikan update dan patch untuk memperbaiki masalah teknis tersebut.

Kesimpulan Horizon Zero Dawn PC

Entah mengapa Sony dan Guerilla ingin menkorversi game eksklusifnya ini ke PC. Tapi, porting yang dilakukan mereka menurut kami cukup baik meski belum maksimal. Kami akan menunggu patch dan update yang akan membuat memainkan game ini lebih nyaman. Sayang saja apabila game yang begitu bagus ini, ketika dimainkan di platform PC yang seharusnya mampu menampilkan grafis dengan detail yang lebih baik malah tidak nyaman dimainkan. Namun, tetap bagi kami game ini masih layak untuk dibeli karena masih ada update patch kedepannya dan lebih dari itu, harganya murah kok.

Leave a Comment