Review Death Stranding: Sajian Baru dari Hideo Kojima

Death Stranding bisa dibilang menjadi salah satu karya akbar dari Hideo Kojima setelah sekian tahun dikenal sebagai punggawa dari salah satu game action stealth terbesar di dunia, Metal Gear Solid. Dalam game ini, Hideo Kojima ingin menawarkan sesuatu yang baru yang ingin melepaskan statusnya sebagai orang yang bertanggung jawab atas game dengan protagonist bernama Snake.

Death Stranding

Pada awal kemunculan trailernya beberapa tahun lalu, Death Stranding tentu mendapatkan antusiasme yang sangat besar dari banyak gamers, tentunya dari penggemar Kojima. Seperti yang kita ketahui, Kojima selalu menawarkan ide-ide segarnya yang beliau implementasikan melalui game-gamenya. Maka dari itu, kalian bisa melihat betapa briliannya cerita dan gameplay yang ditawarkan oleh game satu ini.

Pada kali ini juga, Kojima sudah tidak lagi bekerja sama dengan Konami, dan membangun studionya sendiri yakni Kojima Productions. Sebenarnya studio ini sudah ada semenjak Kojima menggarap seri Metal Gear Solid, namun bedanya dulu studio ini masih di bawah naungan Konami. Tentu saja nama besar Kojima menjadikan Ia dapat digandeng dengan publisher besar seperti Sony untuk pengerjaan game satu ini.

Meski dirilis oleh Sony, Death Stranding bukanlah sebuah game console exclusive. Para PC master race bisa menikmati game satu ini karena Death Stranding sudah di rilis di PC atau Steam juga. Bagi kalian yang belum pernah memainkan game ini dan penasaran? Sobat Game akan mengulasnya di artikel ini. Ikuti hingga akhir ya.

Plot Cerita Death Stranding

Game-game yang dikembangkan oleh Kojima dan timnya dikenal memiliki cerita yang unik dan juga mendalam. Begitu juga yang ingin Kojima berikan di game terbarunya ini. Game ini menceritakan Amerika Serikat di ambang kehancuran yang disebabkan oleh kejadian bernama Death Stranding.

Read More  Review DOOM Eternal: Cerita yang Lebih Kompleks Dari Sebelumnya

Death Stranding

Peristiwa bernama Death Stranding ini, memunculkan entitas jahat bernama Beached Things yang akan menginvasi bumi. Entitas misterius jahat ini tak hanya mengancam bumi dan umat manusia saja, namun juga memunculkan efek Voidout yang merupakan sebuah ledakan yang sangat besar yang bahkan mampu meluluh lantakkan sebagian bumi dengan sangat cepat dan mudah.

Kejadian ini membuat manusia mencari berbagai cara untuk tetap bisa bertahan hidup dengan cara membangun sebuah tempat tinggal yang mampu meminimalisir ancaman dari luar dengan cara mengunci rapat-rapat pintu bangunan tersebut. Di sinilah tugas seorang Porter atau jasa pengiriman barang yang sangat bisa diandalkan. Meski pun terlihat bukan pekerjaan yang remeh, pekerjaan ini sangat mengancam nyawa sang Porter. Game ini memiliki protagonist seorang Porter bernama Sam Bridges yang bekerja di sebuah perusahaan jasa ekspedisi bernama Bridges.

Death Stranding

Di sini Sam bukan hanya seorang Porter. Ia adalah sesorang dari anggota keluarga Presiden Bridget yang sedang berada di kondisi kritis karena kanker yang diidapnya. Sam diminta oleh Bridget untuk menghubungkan Amerika Serikat melalui teknologi bernama Chiral Network. Tugas yang diemban oleh Sam Bridges dipercaya mampu membuat manusia tetap bertahan di tengah ancaman Death Stranding dan Beached Things.

Akan tetapi, Sam harus membawa kembali Amelie yang telah diculik oleh kelompok separatis bernama Homo Demens yang dipimpin oleh sosok misterius bernama Higgs. Dalam perjalanannya ini, Sam didukung oleh teknologi canggih yang berwujud seorang bayi di dalam sebuah pod bernama Bridge Baby. Teknologi ini merupakan rekayasa manusia yang diambil dari ibu yang berakhir mati suti ketika melahirkan.

Gameplay

Yang menjadi daya tarik Death Stranding selain dari segi cerita adalah gameplaynya. Dalam wawancaranya, Kojima menyebut Social Strand sebagai genre game ini. Hal ini membuat rasa penasaran semakin besar. Game besutan Kojima dengan Sony ini menawarkan gameplay yang sangat slow pace. Bagi kamu yang suka game fast pace mungkin game ini terasa membosankan. Namun, seiring berjalannya waktu game ini akan membawa mu ke dalam sebuah gameplay yang semakin mendalam.

Read More  Review Batman: Arkham Knight, Seri Ke-4 Ksatria Kegelapan

Death Stranding

Meski tema yang diusung oleh Death Stranding terdengar sederhana, ternyata gameplay yang ditawarkan tidak sesederhana itu. Kalian harus menjaga keadaan fisik dan juga melewati segala jenis tantangan. Equipment yang digunakan oleh Sam akan memengaruhi keadaan fisiknya. Di sini kalian akan melihat kaki lecetnya Sam karena berjalan menempuh jalan yang jauh. Untuk mempermudah perjalanan, kamu juga disediakan kendaran seperti mobil atau motor yang harus kamu recharge bahan bakarnya yang dari listrik.

Kesimpulan

Game besutan Kojima ini tentu jangan sampai dilewatkan. Game ini menawarkan banyak fitur-fitur unik yang mungkin belum pernah diimplementasikan ke dalam banyak game. Temanya pun cukup sederhana meski secara cerita dan gameplay sangat kompleks. Death Stranding kini sudah muncul ke PC dan konversinya stabil. Para games PC bisa dengan nyaman memainkan game besutan Kojima ini.

Leave a Comment