5 Perbedaan RAM dan ROM di Hp Gaming (Android & iPhone)

Apa perbedaan RAM dan ROM ? Istilah RAM dan ROM seringkali muncul ketika kita sedang melihat spesifikasi hp Android atau iPhone. Hp pintar atau smartphone pasti selalu dibekali RAM dan ROM. Kapasitas RAM di hp selalu lebih kecil dibanding ROM. Kenapa ? Karena fungsi dan kedua komponen tersebut berbeda satu sama lain. Apa saja perbedaan ROM dan RAM ? Mana yang harus diperhatikan saat memilih hp gaming ?

perbedaan ram dan rom

1. Pengertian RAM dan ROM

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. ROM adalah singkatan dari Read Only Memory. Kedua komponen memori ini digunakan di semua perangkat yang menggunakan sistem operasi, salah satunya adalah hp pintar atau smartphone. Kedua jenis perangkat memori ini punya fungsi dan cara kerja berbeda.

perbedaan rom dan ram

RAM adalah memori yang bisa menyimpan data yang dapat diakses secara acak tanpa memperdulikan tata letak datanya. Sementara itu, ROM adalah komponen yang dapat menyimpan dan membaca data yang bersifat permanen. ROM bisa menyimpan data lebih lama dan permanen karena data tidak akan hilang ketika ROM tidak dialiri listrik. Berbeda dengan ROM, memori di dalam RAM akan hilang ketika tidak dialiri listrik atau perangkat hp dimatikan.

2. Fungsi dan Tugas

RAM adalah komponen memori yang digunakan untuk mengakses data acak dari sistem operasi dan aplikasi. Fungsi dan tugas RAM yang paling utama adalah untuk menyimpan data aplikasi dan sistem yang senantiasa berubah-ubah setiap waktu. Di sisi lain, ROM punya fungsi dan tugas untuk menyimpan data permanen dari sistem operasi, aplikasi, dan data lain yang tidak berubah-ubah setiap detik.

RAM bisa menulis dan membaca data jauh lebih cepat dibanding ROM. Kecepatan RAM dihitung dalam satuan nanodetik. Karena fungsinya berbeda, produsen hp biasanya memisahkan informasi kapasitas antara RAM dan ROM ketika memasarkan produknya.

3. Cara Kerja ROM vs RAM

Ketika dialiri listrik RAM akan bekerja sebagai tempat penyimpanan sementara data operasional dari aplikasi dan sistem operasi yang sedang berjalan. Jadi semakin banyak aplikasi yang dijalankan, semakin banyak pula data yang disimpan di dalam RAM. Oleh karena itu, buat hp gaming disarankan beli hp dengan RAM minimal 4GB. Kapasitas RAM minimal 4GB sudah sangat cukup untuk membuat game berjalan dengan mulus.

perbedaan cara kerja ram dan rom

Setelah aplikasi dimatikan, data di dalam RAM akan dihapus. Kebalikan dari RAM, cara kerja ROM lebih bersifat permanen. Ketika menyimpan data, ROM membutuhkan tenaga listrik. Namun ketika data sudah tersimpan di dalam ROM akan bersifat permanen. Bahkan, ketika tegangan listrik mati data akan tetap tersimpan di dalam ROM.

4. Perbedaan Jenis RAM dan ROM

RAM punya dua jenis, yaitu: DRAM (Dynamic Random Access Memory) dan SRAM (Static Random Access Memory). DRAM adalah memori yang bisa menyimpan setiap bit data yang terpisah secara kapasitor dalam sirkuit terpadu. Sedangkan SRAM adalah memori yang memanfaatkan transistor tanpa butuh bantuan kapasitor. memori SRAM biasanya dipakai sebagai memori cache.

perbedaan komponen ram dan rom

Sedangkan untuk ROM, ada 3 jenis yaitu PROM (Programmable Read Only Memory), EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory), dan EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory). Jenis memori ROM yang digunakan di hp Android dan iPhone adalah EEPROM. Memori Flash berbasis EEPROM di dalam hp bisa menghapus dan menulis data berulang-ulang kali hingga lebih dari 100 ribu kali.

5. Kapasitas RAM dan ROM

Cara paling mudah membedakan RAM dan ROM adalah dengan melihat kapasitasnya. Kapasitas RAM selalu lebih kecil dibanding ROM. Kenapa ? Karena kebutuhan data yang disimpan dan dibaca di dalam RAM lebih sedikit dibanding ROM. Contoh RAM dan ROM adalah misalnya hp Android Vivo Y17 punya RAM 4GB dan ROM 128 GB. ROM juga sering disebut sebagai memori internal.

perbedaan ram dan rom di hp

Jika kamu ingin beli hp gaming, disarankan beli hp gaming dengan RAM minimal 4GB dan ROM minimal 64 GB. Kapasitas ROM masih bisa ditingkatkan dengan menambah kartu memori Micro SD, jika hp yang kamu beli punya slot khusus untuk kartu memori tersebut. Baca: Hp Murah dengan RAM Besar.

Leave a Comment